Bisnis

[Bisnis][bsummary]

Lowongan Kerja

[Lowongan Kerja][bigposts]

Otomotif

[Otomotif][twocolumns]

6 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Agar Tidak Mudah Terserang Virus Dan Berbagai Macam Penyakit

cara meningkatkan imunitas tubuh

Memiliki imunitas tubuh yang kuat sangatlah penting bagi kehidupan sehari-hari, karena dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, maka tubuh tidak akan mudah terserang virus serta penyaklt, sehingga segala macam aktivitas yang kita jalani tidak akan terganggu.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, sehingga kesehatan kita tetap terjaga dan terhindar dari segala macam penyakit. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

1. Melakukan Olahraga Secara Rutin


Tahukah Anda jika berolahraga secara rutin, selain bisa membuat tubuh menjadi bugar, melakukan olahraga secara rutin dapat meningkatkan sistem daya tubuh dalam melawan infeksi. Selain itu olahraga juga dapat mengurangi stres dan membuat wajah menjadi awet muda.

2. Jangan Terlalu Sering Begadang


Terlalu sering begadang atau kurang tidur dapat mempengaruhi sistem imunitas tubuh. Semakin kita terlalu sering kurang istirahat, maka daya tahan tubuh kita bisa menjadi semakin menurun. Oleh karena itu, kita harus dapat mengatur jam waktu tidur secara baik. Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7 sampai 8 jam.

3. Berjemur Di Pagi Hari


Berjemur dibawah sinar matahari pagi ternyata bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin D yang dihasilkan dari sinar matahari untuk tubuh berfungsi untuk pengaturan sistem kekebalan tubuh, selain itu sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, membantu pengaturan sistem saraf, membantu fungsi paru dan jantung serta membantu mengatur insulin.

4. Menghindari stres


Terlalu banyak pikiran atau stres dapat berpengaruh terhadap sistem imunitas tubuh. Oleh karena itu sebisa mungkin hindarilah stres dan cobalah untuk selalu berpikir positif dan selalu bahagia agar sistem kekebalan tubuh dapat terjaga.

5. Pola Makan Yang Sehat


Pola makan yang sehat juga sangat mempengaruhi sistem imunitas tubuh. Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah yang mengandung banyak vitamin dan gizi agar daya tubuh tetap terjaga.

6. Menghindari Minuman Beralkohol Dan Rokok


Mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok secara berlebihan dapat berdampak merusak sistem kekebalan tubuh. Apalagi jika seorang perokok berat dan pecandu alkohol sekaligus, sangat rentan terserang penyakit berbahaya seperti infeksi paru dan penyakit lainnya.

Selain dengan menerapkan cara diatas, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen atau herbal yang mengandung vitamin B6, C Dan dan E agar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh lebih optimal.

Berikut ini adalah beberapa herbal yang dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Kunyit


kunyit

Kandungan kurkumin yang terdapat pada kunyit memiliki efek antioksidan, anti inflamasi, anti bakteri dan menyembuhkan luka. Kurkumin akan melawan radikal bebas serta menstimulasi antioksidan alami yang berperan sebagai daya tahan tubuh.

Baca Juga : Manfaat Kunyit Untuk Mencegah Kanker

2. Bawang Putih


Bawang Putih

Kandungan antioksidan dalam bawang putih dapat membantu melindungi dari senyawa yang dapat merusak sel dan dapat juga membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

3. Jahe


Jahe

Kandung senyawa anti mikroba, antibiotik, anti inflamasi dan kandungan antioksidan yang tinggi pada jahe dapat membantu menjaga tubuh dari radikal bebas. Selain itu, dalam jahe juga mengandung minyak atsiri yang bisa meningkatkan nafsu makan. Secara tidak langsung meningkatnya nafsu makan akan sangat mempengaruhi peningkatan daya tahan tubuh.

4.Kayu Manis


Kayu Manis

Tanaman kayu manis dipercaya mampu mengatasi peradangan, menangkal infeksi dan menyembuhkan jaringan yang rusak. Kayu manis juga mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu kayu manis juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi pembuluh darah arteri dan meningkatkan kinerja otot jantung.

5. Daun Kelor


Daun Kelor

Daun kelor memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Sifat antioksidan yang terkandung pada daun kelor mampu meningkatkan daya tahan tubuh lebih kuat sehingga mampu menangkal berbagai penyakit, seperti serangan penyakit kronis. Selain itu, daun kelor juga mampu menurunkan risiko terjangkit penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Baca Juga : Manfaat Daun Kelor