Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Yang Terblokir - Info Serba Ada

Breaking

Jumat, 09 November 2018

Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Yang Terblokir

Kartu ATM BRI

Penyebab Kartu ATM BRI terblokir pada umumnya adalah salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali berturut-turut yang terdiri dari enam digit angka. Banyak transaksi perbankan menjadi terhambat ketika kartu ATM BRI terblokir. Nomor rekening tabungan memang masih bisa menerima transfer. Akan tetapi untuk cek saldo, penarikan tunai, transfer uang, melakukan pembelian dan pembayaran dengan menggunakan kartu ATM jadi tidak bisa.

Dampak kartu ATM BRI terblokir juga sampai pada SMS banking, internet banking, dan mobile banking BRI. Ketiga layanan e-channel ini memang tidak ikut terblokir. Akan tetapi, tidak bisa difungsikan selama masalah kartu ATM belum dibereskan. Setelah kartu direset atau unblock barulah semua akan kembali normal secara otomatis.

Oleh karena itu kartu ATM BRI yang terblokir harus segera diatasi, yaitu dengan mendatangi kantor cabang Bank BRI terdekat. Namun jika berbagai alasan menghalangi, apakah bisa mengurusnya tanpa harus datang ke sana, melalui hp, ataupun diwakilkan orang lain/saudara/keluarga?

Penyebab Kartu ATM BRI Terblokir

Penyebab kartu ATM BRI yang paling sering terjadi yaitu salah memasukkan PIN ATM sebanyak tiga kali. Kesalahan dihitung berdasarkan jumlah kesalahan measukan PIN ATM berturut-turut sebanyak 3 kali, bukan total kesalahan. Jika: salah, salah, benar, salah, salah, benar, dan seterusnya. maka kartu ATM tidak akan terblokir meski jumlah kesalahan lebih banyak.

Penyebab berikutnya adalah Anda sengaja memblokir. Dalam kondisi tertentu justru wajib dilakukan. Misalnya saat kartu ATM BRI hilang atau jatuh di jalan. Demi menghindari ditemukan orang dan digunakan tarik tunai ataupun transfer sampai saldo habis, melakukan pemblokiran kartu merupakan tindakan sangat tepat.

Cara memblokir kartu ATM BRI adalah dengan menghubungi BRI call center. Nomor kontaknya 14017 atau 021-57987400. Anda dapat hubungi melalui hp ataupun PSTN selama 24 jam. Jadi, tidak harus pada jam kerja, tengah malam hari libur pun dilayani dan yang terpenting siapkan pulsa cukup agar telepon tidak putus di tengah pembicaraan.

Penyebab terakhir adalah kartu ATM BRI sengaja diblokir oleh pihak bank. Jika rekening tabungan Anda terindikasi melakukan transaksi yang tidak wajar, mencurigakan, bahkan ilegal, bank berhak dan wajib melakukan pemblokiran. Mereka bisa melakukan itu dengan atau tanpa izin/sepengetahuan Anda.

Persyaratan Dan Cara Mengurus Kartu ATM BRI Yang Terblokir

Kartu ATM BRI terblokir akan bisa digunakan kembali setelah diperbaiki dengan unblock. Cara mengurusnya melalui customer service di kantor cabang bank bri terdekat di wilayah Anda. Bawalah segala persyaratan di bawah ini agar sampai di sana dapat dilayani sesuai prosedur.

  1. Kartu identitas KTP, SIM, atau paspor (untuk kartu ATM Junio menggunakan dokumen yang diperlukan saat pembuatan rekening).
  2. Buku tabungan BRI.
  3. Kartu ATM yang terblokir.
  4. Uang sebesar Rp5.000,00–Rp10.000,00.
  5. Datanglah ke kantor cabang pada hari dan jam kerja. Jangan lupa bawa persyaratan di atas. Tidak harus ke cabang tempat Anda dulu buka rekening, cabang mana saja bisa kecuali Teras BRI. Saran saya, pilihlah yang terdekat atau sepi saja. Dengan begitu bisa menghemat waktu karena tidak harus menunggu lama untuk antri

Sampai di sana langsung ambil nomor antrian di bagian customer service. Saat dipanggil CS, sambil menunjukkan semua persyaratan, katakanlah kepada CS. bahwa kartu ATM BRI Anda terblokir dan minta diurus agar bisa dipakai kembali. Kemudian customer service akan mengecek.

Mengurus kartu ATM BRI terblokir di kantor cabang bank tidak membutuhkan waktu yang lama. Cukup 10–15 menit, customer service sudah selesai untuk unblock. Proses selanjutnya, Anda akan diminta untuk membuat PIN baru. Pembuatannya menggunakan mesin EDC di meja customer service saat itu juga.

Biaya mengatasi kartu ATM BRI terblokir tidaklah gratis. Anda harus membayar biaya sebesar Rp5.000,00 untuk kartu ATM dengan rekening Simpedes, BritAma, Junio, BritAma Bisnis, dan BritAma Edisi Anak Muda. Sedangkan untuk kartu ATM rekening Giro BRI sebesar Rp10.000,00.

Selain membawa persyaratan yang lengkap dan datang pada hari jam kerja, mengurus kartu ATM BRI terblokir di kantor cabang bank juga harus datang sendiri. Maksudnya, tidak boleh diwakilkan oleh orang lain, baik dari pihak keluarga, saudara ataupun teman.