Bisnis

[Bisnis][bsummary]

Lowongan Kerja

[Lowongan Kerja][bigposts]

Otomotif

[Otomotif][twocolumns]

Penyakit GERD Dan Cara Mengatasinya

Penyakit GERD

Gastroesophageal reflux disease atau GERD merupakan penyakit pencernaan kronis yang terjadi ketika asam lambung atau isi perut naik kembali ke kerongkongan hingga mengiritasi lapisan kerongkongan. GERD ditandai dengan heartburn yang muncul lebih dari dua kali dalam seminggu atau jika dokter menemukan iritasi di kerongkongan Anda. Bahaya asam lambung yang satu ini bisa diobati dengan mengubah gaya hidup dan mengonsumsi obat-obatan, namun ada juga yang memerlukan operasi.

Gejala GERD hampir sama dengan sakit lambung. Gejala khusus GERD yang mudah dibedakan dari sakit lambung adalah: rasa seperti terbakar /panas di bagian belakang tulang dada dan cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, tetapi juga hingga ke mulut sehingga dapat terasa asam pada bagian belakang mulut.

Penyakit GERD ini bila dibiarkan dan tidak diobati, maka akan menyebabkan

1. Kerusakan Pada Gigi


Asam lambung dan cairan lambung yang naik ke esofagus dan mulut,dapat mengikis lapisan luar gigi yang keras. Akibatnya, gigi pun menjadi rusak. Biasanya orang-orang tidak menyadari kerusakan gigi yang dialami sampai akhirnya mencapai stadium lanjut.

2. Mengalami Permasalahan Pada Pernafasan


Asam lambung juga bisa memperparah penyakit asma atau pneumonia hingga menyebabkan sesak napas dan kesulitan bernapas. Hal ini terjadi bila asam lambung yang naik tidak sengaja tersedot saat bernapas.

3. Radang Kerongkongan


Ketika memasuki kerongkongan, asam lambung yang naik ke atas bisa menyebabkan esofagitis (cairan asam lambung mengiritasi lapisan esofagus hingga membengkak dan terasa sakit saat menelan), menimbulkan peradangan atau luka di kerongkongan, dan striktur esofagus (penyempitan kerongkongan).

4. Kecemasan Yang Berlebih


Pada umumnya penderita GERD juga akan mengalami rasa cemas yang berlebihan, seperti rasa takut mati, takut sendiri, panik saat dikeramaian dan rasa kecemasan lainnya. Sebenernya rasa cemas yang kerlebihan tersebut justru dapat memperburuk refluks asam lambung ke kerongkongan.

5. Esofagus Barrett


Jika tidak diobati selama bertahun-tahun, asam lambung yang terus naik dapat menyebabkan esofagus Barret. Bahaya asam lambung yang satu ini merupakan komplikasi serius dari penyakit GERD. Pada esofagus Barrett, jaringan normal yang melapisi esofagus berubah menjadi jaringan yang menyerupai lapisan usus. Penyakit ini tidak memiliki gejala khusus, meskipun pasien dengan esofagus Barret mungkin memiliki gejala yang berhubungan dengan GERD. Dokter dapat mendiagnosis esofagus Barrett dengan melakukan prosedur endoskopi.

Pada penderita GERD, terjadinya sesak napas dipicu oleh hal-hal yang meningkatkan asam lambung, seperti saat terlambat makan, stres, setelah mengkonsumsi kopi, dll.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu pengobatan penyakit Gerd.

  • Makan secara teratur, dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecil
  • Jangan langsung tidur setelah makan
  • Hindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnya
  • Hindari stres
  • Tidur cukup 8 jam/hari
  • Olahraga ringan secara teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30 menit
  • Hindari Obesitas
  • Jangan mengkonsumsi kopi
  • Hindari makanan pemicu gas dan asam lambung (kacang-kacangan, kol, dsb).
  • Hindari makanan yang terlalu berminyak dan pedas
  • Biasakan berjemur di pagi hari minimal 15 - 30 menit
  • Carilah kegiatan positif yang dapat membuat Anda senang dan bahagia
  • Sering bersosialisasi dengan saudara atau teman
  • Jangan searching mengenai penyakit, karena itu bisa memperburuk keadaan Anda.
  • Jangan minum obat sembarangan tanpa memeriksakan diri Anda terlebih dahulu ke dokter

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk penyembuhan penyakit Gerd.

1. Tepung Kanji


Tepung kanji yang terbuat dari singkong atau biasa disebut tepung tapioka. Tepung ini mengandung protein, serat dan kaya akan karbohidrat. Tepung kanji dipercaya dapat membantu untuk menebalkan kembali lapisan lambung secara alami.

Untuk cara membuatnya bisa Anda langsung masukan 2 atau 3 sendok tepung kanji ke dalam gelas, kemudian ditambahkan dengan air, setelah itu di imunm sebelum tidur, atau juga bisa Anda buat menjadi papeda.

2. Kunyit


Kunyit mengandung senyawa antiradang dan antioksidan. Rempah ini telah banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan pencernaan dan fungsi hati. Efek antiradang kurkumin yang terkandung dalam kunyit bisa mencegah peradangan kerongkongan (esofagus). Kunyit dan ekstrak kurkumin dikatakan memiliki sifat antioksidan dan antiradang. Karena itu, kunyit dapat membantu meredakan gejala GERD.

3. Temulawak


Temulawak mengandung kurkuminoid, minyak atsiri, pati, zat selulosa, mineral, protein, lemak, dan zat kuning yang disebut dengan kurkumin, monoterpen, dan sekuiterpen berjenis bisabolen. Kandungan-kandungan tersebut dapat bermanfaat tinggi untuk membantu mengatasi penyakit asam lambung Anda secara alami,

4. Daun Afrika


Daun afrika mengandung zink, kalsium, magnesium, kalium, zat besi, dan natrium. Daun ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B kompleks dan lainnya.

Air rebusan daun afrika dipercaya dapat membantu pengobatan penyakit asam lambung serta menghambat hingga membunuh bakteri jahat yang merusak lambung Anda.

Jika Anda mengalami gejala sakit asam lambung, sebaiknya Anda periksakan diri terlebih dahulu ke dokter dan minum obat secara rutin sesuai dengan anjuran dokter.

Untuk pengobatan secara herbal dengan bahan alami, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk membantu Anda yang menderita penyakit Gerd.