Penyebab Sakit Maag - Info Serba Ada

Breaking

Rabu, 08 Agustus 2018

Penyebab Sakit Maag

Penyebab Sakit Maag

Penyebab sakit maag atau asam lambung naik pada umumnya disebabkan oleh kebiasaan makan yang tidak teratur. Tapi tahukah Anda apa saja penyebab sakit maag lainnya.

Sakit maag merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi akibat adanya peradangan atau iritasi pada lambung sehingga menimbulkan rasa sakit, nyeri bahkan ada rasa panas seperti terbakar. Kondisi perut yang kosong akibat pola makan yang tidak teratur dipercaya sebagai penyebab dari sakit maag ini. Namun bukan hanya itu saja yang dapat menjadi penyebab sakit maag. Sakit maag juga bisa terjadi karena penyebab lain.

Sistem pencernaan Anda mengikuti aliran tertentu. Makanan akan mulai dicerna di mulut kemudian pindah ke tenggorokan Anda, kemudian ke kerongkongan dan perut, kemudian usus kecil dan besar, kemudian dikeluarkan dari tubuh Anda. Ketika makanan dalam perut berjalan kembali ke arah yang berlawanan, hal itu dapat menyebabkan rasa sakit.

Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit maag atau asam lambung naik

1. Pola Makan Tidak Teratur

Penyebab sakit maag yang pertama dan yang paling umum adalah karena pola makan yang tidak teratur. Tidak teraturnya pola makan dapat menyebabkan kekosongan pada jam-jam makan. Dimana pada saat itu lambung telah bersiap untuk mengeluarkan asam lambung guna melakukan pencernaan makanan. Kekosongan yang terjadi dilambung menyebabkan asam lambung tersebut mengenai dinding-dinding lambung dan menyebabkan peradangan atau iritasi dan menjadi sakit maag.

2. Stres

Banyak yang tidak mengetahui bahwa salah satu penyebab sakit maag adalah stres. Banyaknya beban pikiran atau stres dapat memicu tubuh untuk memproduksi asam lambung secara berlebih. Produksi asam lambung yang berlebih inilah yang akan menyebabkan peradangan dan menyebabkan sakit maag.

3. Kurang Tidur

Kurang istirahat, kelelahan, kurang tidur dapat menjadi penyebab sakit maag selanjutnya. Salah satu penyebab naiknya asam lambung adalah karena aktivitas yang padat. Kelelahan terjadi karena aktivitas yang padat sehingga dapat memicu naiknya produksi asam lambung. Selain itu produksi asam lambung juga relative meningkat di malam hari. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa orang yang mengalami kurang tidur atau insomnia lebih beresiko terserang penyakit maag.

4. Mengkonsumsi Makanan Yang Menyebabkan Asam Lambung Naik

Penyebab sakit maag selanjutnya adalah karena mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat meningkatkan produksi asam lambung, Seperti makanan pedas, makanan asam, makanan berlemak, minuman berkafein dan berkarbon merupakan contoh makanan yang dapat meningkatkan produksi asam lambung yang harus Anda waspadai agar terhindar dari sakit maag.

5. Makan Berlebihan

Makan terlalu berlebihan dengan porsi yang banyak dapat menjadi salah satu penyebab sakit maag yang selanjutnya. Makan dengan porsi yang banyak dapat memberikan tekanan pada lambung sehingga dapat menyebabkan makanan terdorong naik kembali ke kerongkongan.

6. Makan Sebelum Tidur

Penyebab sakit maag yang selanjutnya adalah kebiasaan makan sebelum tidur. Makanan setidaknya memerlukan waktu sekitar 3-4 jam didalam perut untuk selanjutnya dicerna oleh lambung dan enzim-enzim lambung. Itulah mengapa orang yang makan 2-3 jam sebelum tidur lebih beresiko terkena sakit maag.

7. Memakai Pakaian Ketat

Memakai pakaian yang terlalu ketat dapat menjadi salah satu penyebab sakit maag. Menggunakan pakaian yang terlalu ketat, Terutama dibagian perut dapat menyebabkan makanan terdorong naik dan menyebabkan sakit maag.

Untuk menghindari dan mencegah sakit maag, Setidaknya Anda harus dapat menghindari beberapa penyebabnya seperti di atas. Namun jika Anda telah terkena sakit maag yang tak kunjung sembuh. Ada baiknya segera periksakan diri Anda ke Dokter