Cara Membersihkan Komedo Secara Alami - Info Serba Ada

Breaking

Selasa, 07 Agustus 2018

Cara Membersihkan Komedo Secara Alami

Cara Membersihkan Komedo

Komedo merupakan sebuah tumpukan lemak pada wajah yang biasanya terdapat disekitar hidung, mata dan pipi. Cara membersihkan komedo secara alami sebenarnya tidak terlalu sulit dan tidak memerlukan biaya yang besar.

Penyebab timbulnya komedo adalah akibat adanya penyumbatan pada pori – pori kulit wajah yang disebabkan oleh minyak, kotoran maupun sel kulit mati. Jika komedo dibiarkan begitu saja, maka bisa menjadi  jerawat.

Sebagian orang yang memiliki komedo diwajah biasanya akan melakukan berbagai cara untuk dapat menghilangkan komedo tersebut secara cepat, Banyak juga yang menggunakan sabun pembersih muka untuk membersihkan komedo, akan tetapi cara tersebut belum tentu ampuh untuk membersihkan komedo secara tuntas. Akibatnya komedoterkadang dapat muncul kembali dan bahkan memberikan efek samping berupa keringnya kulit wajah.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk dapat membersihkan komedo secara alami dan tentu saja tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan komedo.

1. Menggunakan Putih Telur

Putih telur menjadi salah satu cara untuk menghilangkan komedo secara alami dalam 1 hari, putih telur memiliki kandungan asam amino dan protein. Fungsi kedua senyawa ini adalah untuk mengecilkan pori-pori kulit sehingga mencegah produksi minyak yang berlebihan.

Berkurangnya produksi minyak dapat mencegah munculnya komedo di kemudian hari. Kandungan lain yang terdapat pada putih telur ialah asam folat yang berguna untuk menghaluskan kembali kulit yang kasar karena komedo.

Perawatan seperti ini dapat dilakukan dengan mudah, harga bahannya pun murah dan mudah didapat. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mengurangi jumlah komedo secara signifikan. Perawatan masker putih telur ini juga sangat cocok diaplikasikan pada kulit berminyak dan normal.

2. Masker Madu

Madu memiliki kandungan antibiotik alami yang dapat membunuh bakteri pada kulit serta berfungsi melembabkan kulit. Penggunaan madu sebagai masker sudah dilakukan sejak ratusan tahun silam. Zat antibakteri yang terdapat di dalamnya bisa menghilangkan komedo secara cepat. Anda juga dapat menjadikan madu sebagai masker wajah agar nutrisinya terserap sempurna.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang begitu tinggi, hal ini sudah teruji klinis mampu menghilangkan komedo dari dalam sekaligus dari luar kulit. Karena itu beberapa kosmetik banyak yang menggunakan jeruk nipis sebagai bahan baku pembuatan kosmetik untuk mendapatkan manfaat yang baik bagi kulit terutama kulit berminyak yang sering bermasalah dengan komedo. Lakukan perawatan kulit Anda yang berkomedo menggunakan jeruk nipis dengan cara memotong buahnya menjadi dua dan peras airnya. Perasan jeruk nipis ini gunakan sebagai masker yang dioleskan pada kulit wajah terutama pada daerah yang berkomedo.

4.  Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan rambut agar lebih cepat dan subur, akan tetapi dapat jga digunakan untuk perawatan kecantikan dan dapat membantu membersihkan komedo di wajah Anda. Selain itu jika Anda memiliki karakter wajah yang berminyak, menggunakan lidah buaya sebagai bahan perawatan wajah akan sangat tepat, karena tumbuhan ini dapat mengendalikan produksi minyak di wajah Anda. Tidak hanya membersihkan komedo dan mengurangi minyak di wajah, lidah buaya juga dapat menyingkirkan jerawat dan masalah kulit lainnya.

5. Tomat

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata tomat juga mampu membantu menghilangkan komedo pada wajah Anda. Tomat memiliki sifat antibakteri yang mampu mengeringkan dan membersihkan komedo, selain itu tomat juga mengandung lycopene yang memberikan efek antioksidan yang kuat pada kulit sehingga bisa menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit.

6. Garam Dapur

Garam dapur biasanya digunakan untuk menyedapkan masakan, namun bumbu dapur yang satu ini juga mempunyai manfaat lainnya yaitu bisa untuk menghilangkan komedo. Selain dapat mengangkat komedo, mencuci kulit wajah menggunakan air garam secara rutin juga dapat menghilangkan kelebihan minyak. Air garam juga memiliki sifat antibakteri ringan sehingga wajah bisa benar-benar bersih dari kotoran dan bakteri.

Cara menghilangkan komedo dengan air garam:

  • Siapkan 1-2 sendok makan garam dan air secukupnya
  • Larutkan garam ke dalam air dan cuci wajah Anda

Anda bisa mencuci wajah menggunakan air garam beberapa kali sehari, cara ini cocok untuk jenis kulit berminyak dan kombinasi. Apabila Anda memiliki jenis kulit kering dan ingin mencoa perawatan ini, gunakan pelembab setelah mencuci wajah. Perlu diperhatikan untuk menghindari bagian mata atau bagian sensitif lain pada wajah agar tidak menimbulkan iritasi. Jika terkena mata bilas menggunakan air mengalir hingga bersih.

Penyebab Komedo

Ada beberapa faktor yang dapat memicu tumbuhnya komedo, di antaranya:

  1. Meningkatnya jumlah bakteri propionibacterium acnes pada permukaan kulit.
  2. Iritasi folikel rambut yang menyebabkan sel kulit mati tidak rontok secara teratur.
  3. Mengalami perubahan hormon yang menyebabkan meningkatnya produksi minyak, terutama pada saat remaja dan saat menstruasi.
  4. Mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya steroid, lithium, atau pil KB.
  5. Kulit yang terlalu kering sebelum menstruasi karena pemakaian pelembap kulit atau berada dalam cuaca yang lembap.
  6. Memakai produk dengan bahan kimia tertentu, termasuk pomade (sejenis gel rambut untuk pria) yang berminyak dan beberapa cat rambut.
  7. Makanan tertentu dapat menimbulkan komedo, misalnya produk susu dan makanan dengan indeks glikemik tinggi (kandungan gula dan lemak tinggi).
  8. Folikel rambut yang rontok karena cedera, misalnya akibat memencet jerawat, efek samping chemical peels (teknik pembersihan kulit dengan cara dikelupas menggunakan larutan kimia), atau efek samping perawatan laser.

Cara Mencegah Komedo

1. Rajin Membersihkan Wajah

Cara paling mudah untuk mencegah timbulnya komedo adalah dengan mencuci kulit, terutama wajah, setidaknya 2 kali dalam sehari secara rutin. Walaupun kelihatannya sepele, namun banyak orang yang masih malas mencuci kulit secara rutin, sehingga resiko munculnya komedo hitam dan komedo putih semakin besar.

2. Jaga Pola Makan

Kurangi asupan makanan berminyak dan perbanyak konsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral serta serat yang dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Memiliki sistem percernaan dan peredaran darah yang bersih adalah salah satu kunci untuk memiliki kulit yang sehat.

3. Jangan Memencet Komedo

Jangan memencet komedo pada wajah karena dapat menimbulkan luka dan menyebabkan bakteri menyebar pada permukaan wajah. Hal ini dapat menyebabkan munculnya komedo baru dan bekas luka.

Demikianlah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan komedo secara alami. Lakukan perawatan tersebut secara rutin terutama bila komedo sulit untuk dihilangkan.