Kenapa Minum Air Harus Duduk - Info Serba Ada

Semua informasi mengenai lowongan kerja, bisnis online, peluang usaha, kesehatan, pariwisata, kuliner, otomotif, tutorial, nonton film online dan juga info lainnya

Breaking

Sabtu, 09 Desember 2017

Kenapa Minum Air Harus Duduk

Kenapa Minum Air Harus Duduk

Minum air putih tidak hanya berguna mencegah dehidrasi tubuh, namun juga memiliki berbagai manfaat lainnya bagi kesehatan. Tubuh kita memerlukan air atau cairan yang berguna untuk memproses pencernaan, penyerapan zat atau kandungan makanan untuk energi, sirkulasi darah atau pencernaan, transportasi nutrisi, memproduksi cairan atau air ludah, serta mempertahankan suhu tubuh.

Kita perlu banyak mengonsumsi air agar tubuh tidak dehidrasi atau kekurangan air, yang bisa menyebabkan tubuh lemas, otot lemah dan kram, tidak fokus, meningkatkan risiko kelelahan karena panas, dan bahkan stroke!

Pada umumnya kita sering mendengarkan nasihat atau artikel bahwa kita perlu minum air putih sebanyak 8 gelas air setiap hari atau setara dengan 1,5 liter. Namun, Institut of Medicine’s Food and Nutrition Board merekomendasikan bahwa wanita sebenarnya memerlukan 2,6 liter air setiap hari dan pria memerlukan sekitar 3,7 liter setiap hari.

Namun, berapapun jumlah air yang harus diminum, Pada intinya adalah kita harus dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh, Karena tanpa adanya konsumsi air yang cukup maka kita akan mengalami dehidrasi atau kekurangan air yang dapat mengganggu kesehatan tubuh kita. Selain itu, minum air putih pada waktu yang tepat juga harus dilakukan agar dapat memaksimalkan efektivitasnya pada tubuh.

Minum air putih cukup setiap harinya memang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Tapi ternyata bukan hanya banyaknya air putih saja yang perlu kita perhatikan tapi juga cara kita meminumnya. Posisi tubuh saat minum air putih ternyata bisa memberi dampak yang cukup signifikan terhadap kesehatan.

Seringkali kita melihat banyak orang yang minum air putih sambil berdiri, Mungkin kita juga termasuk salah satu orang yang sering sering melakukan kebiasaan tersebut. Ternyata minum air putih sambil berdiri itu dapat memberi sejumlah dampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah bahaya minum sambil berdiri

1. Berisiko Terkena Artritis

Minum air sambil berdiri bisa mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh. Akibatnya bisa terjadi penumpukan cairan di sendi-sendi tubuh dan menyebabkan artritis.

2. Mengganggu Sistem Pencernaan

Minum air sambil berdiri menyebabkan air akan mengalir melewati usus dan menciprat ke dinding perut. Cipratan ini bisa mengakibatkan kerusakan sistem pencernaan dalam jangka panjang karena merusak dinding perut dan saluran pencernaan.

3. Kerusakan Ginjal

Di dalam tubuh manusia ada sebuah jaringan penyaring yang disebut juga dengan sfringer yaitu sebuah struktur maskuler yang dapat membuka dan menutup. Air yang kita minum seterusnya akan disalurkan ke dalam pos-pos penyaringan di dalam ginjal. Penyaring ini terbuka pada saat kita duduk dan secara otomatis tertutup pada saat berdiri. Ketika penyaring berada dalam posisi tertutup, maka air yang kita konsumsi sambil berdiri akan masuk hingga ke dalam kantong kemih tanpa adanya proses penyaringan. Akibatnya bisa terjadi pengendapan di dalam saluran ureter. Dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan permanen di ginjal.

4. Ketegangan Pada Saraf

Manusia pada saat berdiri berada dalam keadaan yang tegang. Organ keseimbangan dalam pusat saraf sedang bekerja keras agar mampu mempertahankan semua otot pada tubuhnya. Sehingga inilah yang membuat kita bisa berdiri stabil dengan sempurna. Sebaliknya, ketenangan dapat dirasakan saat kita duduk, yang di mana syaraf berada dalam kondisi yang tidak tegang sehingga posisi ini sangat baik untuk menerima makanan dan minuman yang akan dicerna.

5. Penyakit Lambung

Refleksi yang terjadi secara tiba-tiba dapat menyebabkan tidak berfungsinya saraf. Begitu pula makan dan minum dengan posisi berdiri yang dilakukan secara terus-menerus dapat membahayakan dinding usus dan memungkinkan terjadinya luka pada lambung. Banyak dokter yang mengatakan bahwa luka pada lambung 95% terjadi pada tempat-tempat yang biasa berbenturan dengan makanan atau minuman yang masuk. Kondisi keseimbangan pada saat berdiri disertai pengerutan otot pada tenggorokan yang menghalangi jalannya makanan ke usus dapat menyebabkan rasa sakit yang mengganggu fungsi pencernaan.

Walaupun dampak negatif dari makan dan minum sambil berdiri tidak langsung terjadi saat itu juga, Namun tidak ada salahnya jika kita mencegahnya mulai dari sekarang? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar