Berbagai Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan - Info Serba Ada

Semua informasi mengenai lowongan kerja, bisnis online, peluang usaha, kesehatan, pariwisata, kuliner, otomotif, tutorial, nonton film online dan juga info lainnya

Breaking

Selasa, 11 Juli 2017

Berbagai Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

manfaat kayu manis

Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki aroma khas yang manis dan agak pedas. kayu manis ini biasanya digunakan sebagai bumbu untuk memasak maupun untuk membuat kue.

Tapi siapa sangka jika ternyata kayu manis ini juga memiliki begitu banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari kayu manis

1. Mengontrol gula darah

Kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes

2. Menyehatkan jantung

Karena mampu menurunkan kadar kolesterol, kayu manis juga dapat mencegah terjadinya jantung koroner. Tidak hanya itu, sifat anti inflamasi pada tanaman ini juga sangat efektif untuk mencegah infeksi dan kerusakan pada pembuluh darah jantung.

3. Mencegah penggumpalan darah

Cinnamaldehyde, minyak yang dihasilkan oleh kayu manis bisa mencegah darah untuk menggumpal. Selain itu kayu manis mengeluarkan asam lemak anti-peradangan yang disebut arachidonic. Asam lemak ini kemudian mengurangi radang dan penggumpalan darah.

4. Anti Infeksi

Kayu manis memiliki komponen anti infeksi natural. Dalam berbagai penelitian, kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri H. Pylori yang dapat menyebabkan sakit maag, dan berbagai jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.

5. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Penelitian di University of Texas menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Tidak hanya itu, kayu manis juga menjadi salah satu rempah yang dapat menyembuhkan kanker.

6. Meringankan penyakit rematik

Kayu manis dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh rematik. Dalam penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine menunjukkan, kayu manis juga dapat mengurangi sitokin (protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang dapat menyebabkan rematik.

7. Mengobati flu

Kayu manis biasanya digunakan pada pengobatan tradisional China pada orang yang terkena demam atau influenza. Hal ini karena kayu manis mengandung zat yang membuat tubuh lebih hangat dan nyaman.

8. Meningkatkan fungsi otak

Mencium bau kayu manis diketahui bisa meningkatkan aktivitas otak. Whfoods.com juga menjelaskan bahwa bau kayu manis bisa meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu dalam hal berkonsentrasi, mengingat, kecepatan bekerja pada program komputer.

9. Memperlancar haid

Karena mampu menyeimbangkan hormon  reproduksi, batang kayu manis juga dapat memperlancar siklus haid. Hal ini juga berlaku untuk mempercepat peluruhan darah haid.

10. Mencegah HIV

Manfaat batang kayu manis lainnya yang sangat jarang diketahui adalah untuk melawan virus HIV. Jounal University Of Texas juga menyebutkan bahwa,  ‘ekstrak yang paling efektif  terhadap HIV-1 dan HIv-2 masing-masing adalah ekstrak batang kayu manis atau cinnamon dan cardiospermum helicacabum’.

11. Menyuburkan kandungan

Kulit batang kayu manis mengandung senyawa cinnamaldehyde, yaitu senyawa yang mampu meningkatkan progesteron dan menurunkan testoteron. Sifat semacam ini akan menyeimbangkan hormon reproduksi sehingga wanita menjadi lebih subur.

12. Sebagai sumber nutrisi

kulit batang kayu manis juga mengandung serat, kalsium dan zat besi meskipun dalam jumlah kecil. Meski begitu, kayu manis cukup membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda jika dikonsumsi dalam takaran yang pas.

13, Scrub wajah

Pemakaian kayu manis sebagai scrub wajah dapat membantu mengembalikan kesegaran wajah. Caranya, ambil beberapa gram espom dan tambahkan bubuk kayu manis ke dalamnya.

Campurkan keduanya, oleskan pada wajah lalu bilas hingga bersih. Perawatan ini dipercaya dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati pada wajah.

Efek samping

Meskipun manfaat kayu manis bagi kesehatan sangat besar, Anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Pada sebagian orang, batang tanaman ini mungkin dapat menimbulkan alergi yang ditandai dengan ruam merah atau luka pada bibir.

Selain itu, mengkonsumsi kayu manis dalam dosis yang terlalu besar juga dapat mempengaruhi masalah hati. Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah reaksi kayu manis terhadap obat-obatan kimia. Kayu manis dapat bereaksi dengan  obat antibiotik, obat diabetes, pengencer darah dan obat jantung. Oleh karena itu, konsultasi dengan dokter diperlukan jika Anda ingin mengkonsumsi kayu manis bersama obat-obatan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar