Cara Memilih Dan Merawat Power Bank Dengan Baik - Info Serba Ada

Semua informasi mengenai lowongan kerja, bisnis online, peluang usaha, kesehatan, pariwisata, kuliner, otomotif, tutorial, nonton film online dan juga info lainnya

Breaking

Jumat, 21 Juli 2017

Cara Memilih Dan Merawat Power Bank Dengan Baik

Cara Memilih Dan Merawat Power Bank

Power Bank merupakan sebuah alat yang berfungsi hampir sama seperti baterai, Yaitu sebagai penyimpan daya yang biasanya digunakan sebagai pengisi daya handphone. Power bank ini biasanya sering digunakan oleh orang yang sering bepergian atau pengguna smartphone aktif.

Dan kini dipasaran telah muncul berbagai macam power bank dengan bentuk dan kapasitas yang berbeda-beda yang membuat daya tarik untuk para konsumen dengan pilihan yang beragam. Berikut ini adalah beberapa cara memilih power bank yang bagus

1. Kapasitas Power Bank

Mengetahui kapasitas power bank akan menentukan seberapa banyak kita dapat menggunakan power bank tersebut mengisi daya smartphone. Contohnya, LG G3 stylus yang memiliki daya baterai 3000 mAh maka dari itu kita harus memilih paling tidak power bank yang memiliki kapasitas yang sama dengan daya baterai tersebut ataupun bisa melebihi dari kapasitas daya baterai.

2. Memiliki Fitur Keamanan

Hal yang tidak kalah penting ketika kita hendak membeli power bank adalah jangan lupa untuk melihat fitur yang terdapat pada power bank, Jangan sampai kita hanya mementingkan murahnya harga power bank tersebut tanpa melihat keamanannya.

Terkadang kita sering lupa untuk melepas power bank saat daya baterai pada smartphone sudah penuh hingga sampai kita tinggal tidur. Hal tersebut tentunya dapat merusak baterai smartphone kita.Oleh karena itu, Pilihlah power bank yang memiliki fitur over charging protection yang memungkinkan power bank anda akan mematikan daya secara otomatis ketika daya pada baterai sudah penuh. Dan jangan lupa memilih fitur power bank yang memiliki fitur Short Circuit Protection yang dapat menghindari dari arus pendek agar tidak meledak ataupun terbakar.

3. Konektor

Semakin banyaknya power bank yang ditawarkan di pasaran dengan berbagai macam proyektor tentunya akan sangat mempengaruhi  kualitas power bank tersebut. Apatagi jika tegangan output yang berbeda dengan smartphone anda. Salah-salah bukannya mengisi daya baterai anda malah justru merusak handphone anda.

Sebaiknya gunakan kabel konektor asli dari smartphone anda karena konektor yang asli dari smartphone akan jauh lebih aman dan stabil dalam proses output dari pada menggunakan konektor bawaan power bank. Jika kualitas konektor yang digunakan jelek justru akan merusak handphone.

4. Tegangan output

Ketika membeli power bank pasti akan mendapatkan kabel USB yang akan dihubungkan ke power bank. Biasanya pada kabel tersebut ada tulisan 1A ataupun 2A yang menunjukkan ampere. Jika kita mempunyai handphone dengan baterai 1100 mAh dan pada kabel colokan menunjukkan 1A berarti handphone tersebut membutuhkan waktu pengisian baterai selama 1,5 jam dan jika pada kabel colokan tertulis 2A maka baterai pada handphone tersebut hanya membutuhkan waktu pengisian selama 45 menit saja.

5. Kelengkapan Power Bank

Jika anda membeli power bank pastikan kelengkapannya. Biasanya pada power bank itu terdapat konektor, kabel A/C, dan lampu indikator. Pastikan power bank yang anda beli masih baru karena itu sangat berpengaruh pada daya tahan pengisian baterai untuk smartphone anda.

cara memilih power bank

Cara merawat power bank

Salah satu kesalahan fatal pengguna power bank adalah membiarkan sampai habis baru kemudian di charge. Ini adalah cara yang salah sehingga menyebabkan powerbank anda cepat rusak.

1. Jangan terlambat mengisi daya

Pengisian daya baterai smartphone ataupun baterai power bank tidak boleh terlambat. Misalnya, daya habis hingga tinggal 0%, Anda baru ingin mengisinya. Ini juga membuat power bank akan cepat rusak. 

2. Hindari Suhu Terlalu Panas atau Dingin

Power bank dan umumnya alat elektronik tidak kebal terhadap suhu ekstrem. Misalnya, terlalu panas atau terlalu dingin. Oleh karena itu, jangan letakkan power bank di tempat yang lembab atau terkena sinar mata hari dan jangan sampai terkena air.

3. Jauhkan dari barang elektronik

Jangan meletakkan power bank dekat televisi, kulkas dan alat elektronik lain. Karena gelombang magnetik yang dihasilkan dari power bank dan tv atau alat elektronik lainnya dapat bertabrakan. Jika tabrakan terjadi terus-menerus dalam waktu lama bisa mengakibatkan kerusakan pada keduanya atau paling tidak pada salah satu dari keduanya.

4. Isi daya baterai hinggga Penuh

Pengisian atau penambahan daya atau tenaga bisa membuat baterai mampu bertahan lama (awet). Tetapi, jika salah cara mengisi, yang terjadi justru sebaliknya. Power bank cepat rusak. Cara yang benar adalah anda harus mengisi kapasitas baterai hingga penuh (100%). Gunakan cara pengisian yang otomatis berhenti saat daya baterai sudah penuh. Anda tidak perlu repot untuk menunggu saat melakukan charging.

Pilihlah power bank yang sesuai dengan kebutuhan anda.Selain itu, Anda juga harus memastikan model dan kualitas power bank tersebut, jangan sampai tergiur dengan harga power bank yang murah saja yang nantinya tidak akan bertahan lama dan dapat merusak gadget anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar