Uang Kuno Yang Bernilai Tinggi - Info Serba Ada

Breaking

Jumat, 09 Juni 2017

Uang Kuno Yang Bernilai Tinggi

Uang Kuno

Uang kuno selalu menjadi barang antik yang bernilai tinggi dikarenakan banyak kolektor yang selalu mencarinya. Akan tetapi kita juga harus mengetahui jenis uang kuno mana saja yang berharga mahal atau justru bernilai rendah.

Berikut ini kita akan membahas jenis uang kuno yang bernilai tinggi dan sering diburu oleh para kolektor. Jika kebetulan anda memilikinya, Maka pastikan mengetahui nilainya terlebih dahulu sebelum menjualnya.

1. Uang Kuno 5 Gulden

Uang Kuno 5 Gulden

Merupakan satu-satunya pecahan yang hanya bergambar satu orang penari Jawa, pecahan lainnya bergambar dua orang penari. Mempunyai watermark mirip seri Coen, yaitu tulisan JB yang tersebar di seluruh kertas. Pecahan terkecil ini adalah pecahan yang paling mudah didapatkan. Harga untuk kondisi fine cuma beberapa puluh ribu rupiah saja, tetapi untuk kondisi UNC saat ini sudah sekitar Rp.400-500 ribu perlembarnya.

2. Uang Kuno 25 Gulden

Uang Kuno 25 Gulden

Bentuknya sudah lebih besar dari kedua pecahan sebelumnya, bergambar sepasang penari wayang. Uang dengan watermark bergaris zig-zag ini berharga sekitar 250 ribu rupiah perlembar untuk kondisi fine, sedangkan untuk kondisi UNC sudah di atas Rp. 1,5 juta. Apalagi untuk variasi tanda tangan yang sulit (Smits).

3. Uang Kuno 50 Gulden

Uang Kuno 50 Gulden

Mulai pecahan ini, bentuk uang sudah sangat besar dan cukup sulit ditemukan dalam segala kondisi. Memiliki watermark patung Hindu dan variasi tanda tangan hanya ada satu saja yaitu JC Waveren. Pecahan 50 gulden merupakan pecahan terakhir yang masih mungkin terjangkau oleh kebanyakan kolektor, harga untuk kondisi bagus sekitar 1 juta rupiah sedangkan untuk kondisi EF sekitar 3 juta rupiah. Untuk kondisi UNC, belum dapat memperkirakannya.

4. Uang Kuno 500 Gulden

Uang Kuno 500 Gulden

Pecahan ini lebih sulit lagi ditemukan, dalam 5 tahun terakhir hanya sekitar 3 lembar saja yang pernah terlihat di pasaran. Harga untuk kondisi VF mungkin sudah melebihi angka 20 juta rupiah.

5. Uang Kuno 1000 Gulden

Uang Kuno 1000 Gulden

Merupakan pecahan terbesar sekaligus tersulit ditemukan. Sangat dicari oleh para kolektor uang kuno, dan hampir tidak pernah terlihat di pasaran. Harga perlembar tidak dapat ditentukan karena barang yang mau dijual tidak tersedia. Jangan heran hanya segelintir kolektor kelas kakap saja yang memilikinya.

6. Uang 100 Tahun 1948

Uang 100 Tahun 1948

Di pasar uang kuno, lembar 100 Rupiah terbitan tahun 1948 bergambar Pak Karno itu bisa laku seratus juta. Bahkan kalau kondisinya cukup mulus harganya bisa satu setengah kali lipat. Alasan kenapa uang ini begitu mahal tak lain adalah karena ia jadi saksi atas zaman pasca perjuangan. Uang jenis ini sendiri sangat langka dan di pasaran sangat susah untuk ditemui.

7. Uang 5000 Tahun 1958

Uang 5000 Tahun 1958

Uang kuno 5000 yang rilis tahun 1958 juga jadi incaran. Perlu diketahui, uang tipe ini sangat langka. Dari sekitar 20 penjual uang kuno, belum tentu satu dari mereka memilikinya. Lantaran sangat langka dan juga cukup tua, maka tak heran kalau akhirnya uang ini pun harganya luar biasa mahal. Menurut banyak penjual, uang ini bisa laku di atas 10 juta.

Jika diantara anda memiliki salah satu dari uang kuno di atas, maka simpanlah baik-baik. Jika anda ingin menjualnya, Maka carilah kolektor yang tepat yang memberikan penawaran harga sesuai pasaran.