Tips Memulai Sebuah Bisnis - Info Serba Ada

Breaking

Selasa, 20 Juni 2017

Tips Memulai Sebuah Bisnis

Tips Memulai Sebuah Bisnis

Sebelum menjalankan sebuah bisnis, tentunya kita akan terlebih dahulu membuat sebuah perencanaan yang matang agar bisnis yang kita telah jalankan nanti akan berjalan lancar. Beberapa ahli konsultasi bisnis menyebutkan bahwa faktor manusia yang mengelola bisnis yang akan menentukan keberhasilan bisnis yang dijalankan. 

Bila kita sungguh-sungguh dan penuh motivasi untuk mulai menjalankan sesuatu maka segalanya bisa menjadi mungkin. Keberhasilan akan diraih dan bisnis berjalan lancar. Contohnya adalah bisnis warnet yang semakin hari semakin menjamur. Orang menjadi jenuh dengan banyaknya pilihan yang bertebaran. Apalagi sekarang sudah banyak orang yang mempunyai  handphone dan bisa online kapan pun mereka mau hanya dengan membeli sejumlah pulsa dengan harga murah. Namun, bila pemilik warnet jeli dan bisa memanfaatkan peluang, warnet itu malah akan semakin maju dan tetap dipenuhi pengunjung. Kesungguhan untuk menjalankan bisnis akan selalu membuahkan hasil pada akhirnya. 

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memulai sebuah bisnis.

1. Memilih Bisnis Yang Disukai

Jika kita menyukai bisnis, dalam perjalanannya nanti kita tidak akan cepat merasa bosan dan berganti ke bidang lain. Tantangan dan masalah akan muncul sehingga diperlukan usaha lebih keras lagi agar bisnis terus berkembang. Misalnya, kita senang dengan kegiatan menulis dan hasil tulisan kita bagus. Dengan menambahkan teknik tertentu dan teknik wirausaha maka hobi menulis kita akan menjadi ladang penghasilan yang potensial. Bukan hanya tulisan kita dikenal oleh banyak orang, tetapi keahlian menulis akan semakin terasah dan menjadi lebih baik. Dengan keahlian menulis, kita bisa mendapatkan pekerjaan sampingan sebagai penulis freelance.

2. Melihat Kondisi Pasar

Situasi dan kondisi lingkungan akan menentukan laku atau tidaknya produk yang ditawarkan. Misalnya, jika target pasar untuk wanita karier yang sibuk, peluang yang dapat dijadikan bisnis adalah berjualan hidangan praktis makan siang seperti nasi kotak atau katering nasi bekal.

3. Modal Bisnis

Modal adalah suatu keharusan. Bagi pekerja kantoran, modal bisa diperoleh dari gaji rutin yang disisihkan khusus untuk keperluan modal selama periode tertentu. Cara lain adalah dengan mengajukan pinjaman pada bank atau menyiasati pinjaman tunai  dari kartu kredit. Perhatikan bunga yang ditetapkan oleh lembaga keuangan. Jangan sampai bisnis kita bangkrut karena harus melunasi biaya pinjaman ditambah bunga yang besar. Cara yang paling aman adalah menggunakan uang tabungan untuk dijadikan modal bisnis.

4. Strategi Bisnis Dan Promosi

Jangan lupa untuk melakukan promosi. Bagi pekerja kantoran, promosi bisa dengan mudah dilakukan melalui cara langsung atau informasi dari mulut ke mulut, melalui website, atau situs pertemanan. Lakukan promosi secara kontinyu dan buatlah kalimatkalimat promosi yang menarik.

5. Berani Mengambil Resiko

Menambah kegiatan bisnis berarti menambah kegiatan rutin dalam keseharian kita. Resiko yang dihadapi tentu beragam mulai dari waktu, keluarga, juga sosial. Kita harus siap dengan semua resiko dan bisa menerimanya dengan melakukan perhitungan terlebih dulu. Mengambil resiko itu semangat, tetapi resiko tanpa perhitungan yang baik adalah bodoh.

6. Memperluas Jaringan Bisnis

Menjalin pertemanan yang seluas-luasnya demi kelangsungan dan kesuksesan bisnis yang sedang dijalankan. Ada kalanya dalam pertemanan bisnis muncul kritik terhadap bisnis kita. Adanya jalinan pertemanan dengan banyak orang membuat bisnis semakin meluas dan dikenal banyak orang.

7. Manajemen Keuangan

Mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran harus dilakukan demi kemajuan bisnis. Jangan mencampurkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi. Tetap disiplin dalam menggunakan uang yang ada dan jangan tergoda untuk meminjam meskipun hanya sebentar. Bila dibiarkan, hal seperti itu akan menjadi kebiasaan yang mengganggu jalannya bisnis. Disiplin dan komitmen adalah kunci kesuksesan sehingga bisnis bertambah maju. Jadi, perhatikan arus keuangan bisnis kita dengan baik dan teliti.

Demikianlah beberapa tips untuk memulai sebuah bisnis. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang ingin menjalankan sebuah bisnis.