Situs Penyedia Pembuatan Email - Info Serba Ada

Breaking

Sabtu, 17 Juni 2017

Situs Penyedia Pembuatan Email

Situs Penyedia Pembuatan Email

E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan untuk keperluan surat-menyurat dalam dunia online. Pada umumnya, banyak orang hanya mengenal situs penyedia email seperti gmail dan yahoo, padahal masih cukup banyak situs penyedia pembuatan email yang bisa kita manfaatkan untuk keperluan bisnis atau lainnya.

Berikut ini adalah beberapa situs pembuatan email gratis :

1. Gmail

Gmail merupakan layanan email dan chat dari Google Inc. Gmail menyediakan ruang penyimpanan yang tidak terbatas. Gmail memiliki banyak fitur seperti POP dan IMAP yang bisa dimanfaatkan untuk menggunakan email client seperti outlook express (termasuk microsoft outlook) maupun aplikasi handphone.

Gmail juga dapat mengirimkan attachment (lampiran) sampai 25MB per email dan fitur-fitur menarik termasuk pengelompokan email masuk sehingga mudah untuk dilihat. Sejak di launching 1 April 2004 sudah 500 juta lebih orang menggunakan Gmail.


Merupakan perintis layanan email gratis sehingga memiliki banyak pengguna. Di samping layanan emailnya, yahoo juga banyak digunakan untuk chatting dengan aplikasi instant messenger atau sering disebut YM. Rocketmail dan ymail juga merupakan bagian dari Yahoo!Mail.

Yahoo juga menyediakan ruang penyimpanan yang tidak terbatas, akan tetapi yahoo international dengan TLD.com tidak memiliki fitur POP dan IMAP. Layanan tersebut hanya terdapat pada Yahoo Regional seperti Yahoo.co.id untuk Indonesia. Yahoo!mail diluncurkan pada 8 0ktober 1997 dan saat ini lebih dari 300 juta akun yahoo mail digunakan.


Layanan email gratis berbasis web dengan ruang penyimpanan tidak terbatas, perlindungan spam yang bagus dan antar muka yang mudah digunakan. AIM Mail juga menawarkan akses POP dan IMAP sehingga lebih fleksibel bagi anda yang mempunyai rutinitas tinggi dalam penggunaan email.


Merupakan penyedia layanan email gratis dengan ruang penyimpanan sebesar 5 GB, sistem pencarian yang cepat, keamanan yang solid dan antar muka yang mudah digunakan sebagai program email desktop. Windows Live Hotmail selalu memeriksa email yang masuk dengan scanning virus sehingga lebih aman. Akan tetapi dengan jalanya fitur-fitur tersebut, kecepatan akses dikorbankan sehingga menjadi lebih lambat.


GMX Mail merupakan layanan email gratis dari GMX (Global Mail Exchange) milik United Internet yang berbasis di German. Menawarkan akun email dengan ruang penyimpanan sebesar 5 GB dengan fitur POP sebaik layanan IMAP . Dengan memiliki akun GMX Mail sahabat juga bisa membaca akun email lain termasuk Yahoo, Gmail, dan Windows Live Hotmail.


Mail.com merupakan layanan email berbasis web dan portal milik United Internet. Menawarkan layanan email gratis dengan ruang penyimpanan sebesar 5 GB (untuk warga Amerika Serikat, Canada, dan Inggris). Sedangkan untuk user dari negara lain hanya sebesar 2 GB. Namun dengan memiliki akun di Inbox.com kita akan mendapatkan homepage Inbox.com pribadi serta Online Photosharing dengan ruang penyimpanan sampai 30 GB.


FastMail adalah emailnya orang Australia. Tetapi jangan salah, FastMail bisa dibilang sudah sangat mendunia, alasannya karena layanan email dari perusahaan Fastmail Pty Ltd ini menawarkan kecepatan dalam mengirim email yang super cepat, selaras dengan namanya 'FastMail'.

Yang menarik dari FastMail adalah fitur Custom Mail yaitu sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menggunakan nama domain sendiri. Sebagai contoh saya memiliki domain iklanet.id, maka nanti saya bisa membuat email dengan nama domain yang saya miliki, jadi nanti nama email saya akan berakhiran @iklanet.id.

Namun, sangat disayangkan layanan pembuatan email di FastMail sifatnya hanya trial, dimana kita hanya bisa menikmati layanan email gratis selama 60 hari, dan selanjutnya harus membayar $10 per tahun.

9. Atmail

ATMail (@mail) adalah layanan email yang dikhususkan untuk pengguna Linux, layanan email ini dibuat dengan platform Zend dan jQuery, dengan ruangan penyimpanan email sebesar 10 GB menjadikan ATMail layak dinobatkan sebagai layanan email terbaik, khususnya untuk pengguna Linux.

10. Mail.ru

Satu lagi situs penyedia layanan untuk membuat email gratis yang menyediakan ruang penyimpanan unlimited, yap yang saya maksud adalah Mail.Ru layanan email dari Rusia yang telah mendukung fasilitas POP3, IMAP, SMTP dan SSL, sehingga akan membuat aktifitas kita dalam berkirim email menjadi lebih aman karena ter encrypt.


Yandex Mail adalah situs layanan email yang dikembangkan oleh perusahaan besar asal rusia Yandex LLC pada tahun 2000. Tak mau kalah dengan Mail.ru yang sama-sama situs penyedia layanan email asal Rusia, dimana Yandex juga menawarkan ruang penyimpanan email yang terbatas secara gratis.

Selain menyediakan layanan email, Yandex juga mengembangkan layanan lain seperti Yandex Store, Yandex Shell, Yandex Browser, Yandex Navigator, Yandex Maps, Yandex Music, Yandex Translate, Yandex Disk, Yandex Fotki, Yandex Mail, Yandex Money, Yandex Metro, Yandex Kit, dan semua layanan tersebut bisa Anda gunakan secara gratis pula.


iCloud merupakan layanan penyimpanan data (cloud storage) dari Apple dan sekaligus juga menawarkan layanan untuk membuat email gratis, namun hanya ada 1 pilihan alamat email yang bisa kita gunakan, yaitu @icloud.com.

Meski demikian, layanan iCloud dari Apple ini memiliki beragam fitur lain (selain untuk membuat email) diantaranya adalah :
  • Find My iPhone (mencari lokasi iPhone Anda)
  • iCloud Keychain (mengamankan password dan data-data penting)

Untuk membuat akun iCloud termasuk iCloudMail, Anda membutuhkan smartphone iOS 5 lima keatas, atau bisa juga melalui Mac OS X Lion v10.7.5.

Dari beberapa situs penyedia email diatas, Mungkin situs gmail dan yahoo yang paling banyak dipakai. Akan tetapi tidak ada salahnya jika kita mencoba pelayanan dari situs penyedia email lainnya untuk berbagai keperluan. Semoga bermanfaat.