Makanan Penambah Stamina - Info Serba Ada

Breaking

Kamis, 15 Juni 2017

Makanan Penambah Stamina

Makanan Penambah Stamina

Untuk menghilangkan rasa lelah dan letih biasanya kita akan beristirahat agar tubuh dapat kembali bugar. Selain beristirahat, Faktor makanan pun sangat penting untuk meningkatkan stamina tubuh.

Kandungan karbohidrat, vitamin, protein, mineral dan zat besi sangat penting sekali agar staminan tubuh kita tetap terjaga dan juga tidak mudah terserang penyakit. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan penambah energi yang dinilai dapat meningkatkan stamina.

1. Daging, Ayam, Telur Dan Ikan

Daging, ikan, ayam serta telur mengandung banyak protein yang sangat penting seperti untuk pertumbuhan tubuh, perbaikan sel, menjaga sistem kekebalan tubuh dan penambahan otot. Karakter daging yang sukar di cerna oleh tubuh juga dapat membuat perut kenyang lebih lama sehingga stamina kita dapat tetap terjaga.

2. Beras Merah

Beras merah memang berbeda dengan beras putih, Beras merah mengandung karbohidrat yang lebih kompleks dan juga vitamin B serta kaya akan kandungan serat. Beras merah akan lebih lambat dicerna oleh tubuh, hal ini berfungsi sekali karena anda akan merasa tidak lapar dan sanggup melakukan banyak aktivitas.

3. Sayuran Hijau

Kandungan dan zat gizi dalam sayuran hijau kaya dengan vitamin A dan C. Sayuran hijau juga mengandung unsur mineral seperti zat kapur, zat besi, fosfor dan magnesium. Klorofil yang terkandung juga baik dalam memerangi racun dan radikal bebas. Vitamin C yang terkandung mampu meningkatkan kualitas stamina dan energi.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan jenis makanan yang banyak mengandung mineral dan besi yang bisa membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Sel darah merah sendiri berperan penting dalam membawa oksigen ke otot saat berolahraga sekaligus dapat menjaga tenaga atau energi.

5. Buah Pisang

Pisang merupakan salah satu jenis buah mengandung karbohidrat baik yang merupakan sumber energi, oleh karena itu sebaiknya konsumsi buah ini beberapa jam sebelum melakukan kegiatan berat. Kandungan pada buah pisang juga ternyata mempu menstimulasi produksi  dari dopamine yang memiliki fungsi dapat meningkatkan konsertasi serta fokus.

6.  Jagung

Jagung mengandung Glikogen yang bisa diubah menjadi energi dengan mudah. Anda bisa mengubah menu makan siang yang biasanya nasi putih menjadi jagung untuk menjaga stamina.

7. Labu 

Labu memiliki sifat rendah kalori, namun sangat kaya nutrisi, khususnya vitamin A dan serat. Sama halnya dengan bagian buahnya, biji labu juga merupakan sumber mineral (magnesium, mangan, zinc, dan tembaga) serta protein. Kandungan tersebut membuat labu menjadi makanan penambah stamina karena memiliki efek samping positif bagi hormon. Labu mampu membuat seseorang lebih kuat dan bersemangat.

8. Buah Anggur

Buah anggur mengandung resveratrol yang berfungsi untuk menyediakan energi. Tak hanya itu saja kandungan gula pada buah anggur relative sedikit, sehingga dapat meningkatkan energi secara cepat.

9. Oatmeal 

Karena oatmeal termasuk karbohidrat kompleks, maka butuh waktu lama untuk mencernanya. Selain dapat melangsingkan tubuh karena membuat perut kenyang lebih lama, oatmeal juga dapat menjaga kesehatan kadar gula darah.

Demikianlah daftar makanan penambah stamina tubuh, dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan tersebut, maka tubuh akan jauh lebih berenergi dan lebih bersemangat. Konsumsilah makanan penambah stamina tersebut secara rutin, dengan demikian akan mendapatkan berbagai manfaat bagi tubuh anda.