Cara Mengatasi Perut Kembung - Info Serba Ada

Semua informasi mengenai lowongan kerja, bisnis online, peluang usaha, kesehatan, pariwisata, kuliner, otomotif, tutorial, nonton film online dan juga info lainnya

Breaking

Senin, 26 Juni 2017

Cara Mengatasi Perut Kembung

Cara Mengatasi Perut Kembung

Terjadinya perut kembung karena terdapat gas yang berlebihan pada saluran pencernaan yaitu pada lambung dan usus. Tentunya hal ini akan membuat anda merasa tidak nyaman, apalagi saat anda sedang melakukan aktivitas.

Biasanya fakor makanan dan minuman yang sering anda konsumsi menjadi penyebab terjadinya perut kembung.

Beberapa makanan penyebab perut kembung, yaitu ketika mengkonsumsi produk susu yang mengandung laktosa (secara berlebihan). Demikian juga pada beberapa makanan kemasan yang banyak mengandung laktosa seperti roti, sereal, dan salad dressing . 

Jenis sayuran yang menyebabkan perut kembung, seperti asparagus, brokoli, toge, bawang, kembang kol, mentimun, paprika hijau, lobak, dan kentang mentah . Adapun pada buah-buahan seperti pisang, melon, pir, dan apel.

Selain itu, beberapa jenis minuman seperti yang mengandung soda, minuman berkarbonasi, bir, dan anggur merah, dan tidak ketinggalan makanan seperti gorengan dan umumnya makanan berlemak dapat menyebabkan perut kembung.

Banyaknya masalah yang menimbulkan stress yang berlebihan dan depresi (termasuk perasaan putus asa) juga dapat memicu seseorang mengalami perut kembung. JIka keadaan ini terus kita biarkan, maka kesehatan kita pun bisa menjadi semakin buruk.

Berikut ini beberapa cara alami yang bisa kita lakukan untuk mengatasi perut kembung.

1. Konsumsi jahe

Jahe merupakan jenis rempah yang sudah cukup dikenal di masyarakat, dimana jahe punya kandungan bahan aktif, gingerol dan shogaols yang bermanfaat untuk mengatasi atau mengurangi masalah peradangan di usus. 

Dengan mengkonsumsi air rebusan jahe maka berkhasiat untuk mengurangi jumlah tumpukan gas di usus kecil, yang akhirnya dapat meredakan masalah perut kembung. Jahe juga dapat digunakan sebagai minuman menghangatkan tubuh, dengan kondisi tubuh yang hangat, maka tubuh akan mengeluarkan keringat, hal ini memberikan efek perut menjadi tenang dan nyaman. Manfaat lainnya yaitu melancarkan pencernaan. 

2. Jauhi minuman bersoda

Minuman bersoda adalah jenis minuman yang digemari oleh kebanyakan orang, karena minuman ini memang dapat menyingkirkan dahaga dan memberikan kenikmatan lebih. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa minuman ini kurang bagus untuk kerja organ pencernaan.

Minuman berkarbonasi mengakibatkan resiko tinggi terjadi tumpukan gas di dalam tubuh, hal ini akan semakin memperparah kondisi perut kembung. Minuman berkarbonasi memiliki kandungan gas yang cukup banyak, dan ketika gas berlebihan berada lambung. mengakibatkan tubuh akan bersendawa.

3. Daun pepaya

Merebus  daun pepaya, kemudian minum air rebusannya ketika hangat (bukan panas). Pada daun pepaya terdapat cita rasa yang pahit, bermanfaat untuk mengatasi perut kembung karena masuk angin. Apabila Anda tidak kuat dengan rasa pahitnya, maka bisa menambahkan sedikit madu pada ramuan alami tersebut.

4. Menjaga pola makan

Perut yang cukup lama kosong juga bisa menjadi penyebab tubuh menjadi sangat mudah masuk angin, dimana udara akan memenuhi perut yang kosong. Sehingga penting untuk menjaga makan secara teratur dan juga hindari polah makan yang berlebihan.

5. Minum air putih

Mengapa minum air putih? karena dengan banyak konsumsi air putih membantu proses pembuangan semua zat racun di dalam tubuh. Saat tubuh kekurangan cairan, maka tubuh akan menahan air, sehingga menyebabkan perut akan terasa penuh.

6. Peppermint

Pada Peppermint terdapat kandungan minyak mentol yang berperan sebagai anti-spasmodik, dimana peppermint ini dapat mengurangi rasa tidak nyaman ketika perut kembung. Anda bisa mengunyah daun peppermint segar yang bermanfaat untuk mengatasi masalah perut kembung ini.

7. Bergerak setelah makan

Setelah makan dengan kenyang biasanya membuat kita ingin bersantai atau bahkan rebahan di kasur. Hindari hal tersebut, karena agar pencernaan dapat lancar dan metabolisme tubuh bekerja dengan baik, disarankan untuk bergerak (bukan olahraga lari) selama 10 menit setelah makan.

Bergerak setelah makan bermanfaat untuk mengurangi tumpukan gas yang ada di saluran pencernaan. Kebiasaan tidur setelah makan berakibat yang tidak baik untuk kesehatan kita, selain itu juga membuat perut menjadi buncit. 

8. Teh manis hangat

Minum teh manis hangat dapat mengatasi perut kembung, jenis teh yang sebaiknya dikonsumsi adalah teh hijau atau teh hitam. Anda dapat menambahkan perasan jeruk nipis, dengan campuran satu sendok makan madu. 

9. Konsumsi makanan berserat

Mengkonsumsi makanan berserat dapat berkhasiat untuk memudahkan makanan masuk ke dalam tubuh, untuk melewati usus secara mulus dan terhindar dari masalah sembelit dan perut kembung.

10. Jangan makan terlalu cepat

Makan dengan perlahan dapat mencegah banyak udara (gas) yang masuk ke tubuh saat menyuap makanan. Inilah kenapa orang mengalami cegukan karena proses makan terlalu cepat, alhasil tubuh mengalami perut kembung.

11. Olahraga secara rutin

Berolahraga secara rutin dapat menghindarkan dari perut kembung. Sediakan waktu minimal 15 menit setiap harinya untuk melakukan olahraga ringan, seperti jongging, bersepeda, senam dan olahraga lainnya. Olahraga secara teratur menjaga sistem metabolisme tubuh dan melancarkan sistem pencernaan.

Jika anda terlalu sering mengalami perut kembung dengan gejala lainnya, dikhawatirkan hal tersebut merupakan gejala dari penyakit berbahaya, sehingga anda perlu memeriksakan ke dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar