Cara Membuat Proposal - Info Serba Ada

Breaking

Minggu, 11 Juni 2017

Cara Membuat Proposal

Cara Membuat Proposal
Proposal merupakan sebuah rencana yang disusun dalam bentuk rancangan kerja kegiatan pengumpulan, pengolahan, penganalisisan dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip.

Secara sederhana proposal dapat diartikan sebagai bentuk pengajuan atau permohonan, penawaran baik itu berupa ide, gagasan, pemikiran maupun rencana kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan baik itu yang sifatnya izin, persetujuan, dana dan lain - lain. Proposal juga dapat diartikan sebagai sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelaskan sebuah rencana dan tujuan suatu kegiatan kepada pembaca.

Contoh proposal sangatlah penting bagi anda yang baru pertama kali membuat sebuah propsosal. Terlepas dari apapun tujuan proposal anda, sebuah contoh dapat menjadi rekomendasi bermanfaat untuk menyempurnakan ide pembuatan proposal anda.

Proposal sangatlah penting untuk menjelaskan semua latar belakang sekaligus sarana untuk meyakinkan pihak lain akan kesiapan pembuat proposal. Itulah sebabnya, sekalipun sebuah contoh proposal dapat berbeda beda tujuannya, secara prinsip terdapat komponen utama proposal yang baik dan benar. Apa saja komponennya?

Komponen Proposal yang Baik dan Benar

Halaman Judul

Bagian ini tentu sudah tidak asing lagi. Sekalipun terdengar sepele, jangan sampai kelupaan. Berikan judul proposal yang sesuai dengan isi, maksud dan tujuan pembuatan proposal Anda.

Misalkan:

Pameran Seni Budaya SMA 93
Proposal Kegiatan 17 Agustus
Proposal Penelitian
Proposal Dana Sponsor
Proposal Turnamen Futsal dan sebagainya

Latar Belakang

Sebuah contoh proposal yang memuat latar belakang tentu akan memudahkan pembaca memahaminya. Setidaknya uraikanlah alasan kegiatan dilaksanakan. Sebuah latar belakang setidaknya mengandung pendahuluan, isi dan penutup.

Bagian penutup biasanya menjelaskan tujuan umum dari kegiatan yang kamu laksanakan.

Tujuan 

Bagian ini menjelaskan tujuan pelaksanaan kegiatan itu. Ada baiknya tujuan diuraikan secara berurutan. Bisa dimulai dari yang terpenting dan seterusnya.

Nama dan Tema Kegiatan

Jangan lupa untuk menyebutkan nama kegiatan yang akan dilaksanakan. Selanjutnya tentukanlah temanya. Contohnya seperti ini:

Nama kegiatan: Pameran Seni Melukis

Tema: SMA Berkarya

Bentuk Kegiatan

Di bagian ini bisa dijelaskan macam-macam kegiatan yang akan dilaksanakan. Sebutkanlah semuanya dengan baik. Semakin rinci maka proposal itu semakin jelas.

Peserta

Menyebutkan pihak mana saja yang akan turut serta meramaikan kegiatan yang anda laksanakan.

Penyelenggara

Bagian ini juga penting dalam sebuah contoh proposal. Siapa saja yang ada dalam tim pelaksana kegiatan. Ini menjabarkan susunan organisasi kegiatan.

Wajib diperhatikan untuk menambahkan informasi kontak panitia yang mudah dihubungi.

Jadwal dan Tempat Kegiatan

Menjabarkan dengan jelas dimana dan kapan kegiatan akan dilaksanakan.

Susunan Acara

Menjelaskan urutan acara kegiatan dari awal sampai selesai.

Susunan Panitia 

Menjabarkan kepanitiaan yang sudah dibentuk untuk melaksanakan kegiatan.

Rencana Anggaran

Bagian ini juga tidak kalah penting dalam sebuah contoh proposal. Anggaran merupakan hal krusial dalam berkegiatan. Informasi ini perlu menyampaikan detil pemasukan, pengeluaran yang direncanakan dan jumlah dana yang masih perlu ditambahkan.

Penutup

Bagian penutup dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan harapan pihak yang membuat proposal. Kemudian ada tandatangan ketua panitia termasuk penanggungjawab sebagai pihak yang mengetahui kegiatan itu.

Seperti sudah disinggung sebelumnya, elemen proposal ini merupakan sebuah standar. Pada praktiknya, dapat menyesuaikan tergantung dari tujuan proposalnya.

1. Contoh Proposal Permintaan Dana

Sebuah surat proposal permintaan dana tentu bukan seharusnya mengalami penolakan. Namun faktanya hal ini bisa saja terjadi jika penggunaan bahasa kurang tepat. Untuk memudahkan anda membuat proposal permintaan dana silahkan kunjungi : https://docs.google.com/

2. Proposal Kegiatan Sekolah

Sekalipun untuk kegiatan sekolahan, keberhasilan Anda membuat proposal kegiatan sekolah akan berujung pada sukses mendapatkan tujuan proposal itu. Untuk memudahkan anda membuat proposal kegiatan sekolah silahkan kunjungi : https://docs.google.com/

3. Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus

Sebagai bentuk rasa syukur perayaan 17 Agustus kerap diwujudkan kedalam beragam bentuk kegiatan. Tidak jarang kegiatan itu akan menyedot biaya yang tidak sedikit. Saat panitia 17 Agustus kekurangan dana, itulah saat proposal kegiatan 17 Agustus memainkan perannya. Untuk memudahkan anda membuat proposal kegiatan 17 Agustus silahkan kunjungi : https://docs.google.com/

4. Contoh Proposal Penelitian

Sebuah penelitian memiliki makna penting dalam kehidupan. Sekalipun demikian bukan berarti semua proposal penelitian akan mendapat persetujuan. Namanya proposal tentu saja harus dipersiapkan dengan baik juga, sekalipun itu proposal penelitian. Untuk memudahkan anda membuat proposal penelitian silahkan kunjungi : https://docs.google.com/

5. Contoh Proposal Pameran

Pameran merupakan kegiatan usaha yang menyenangkan bahkan sebuah event organizer pameran dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan ditengah maraknya pertumbuhan UKM Indonesia. Untuk memudahkan anda membuat proposal pameran silahkan kunjungi : https://docs.google.com/

Demikianlah sedikit informasi mengenai tata cara membuat proposal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.