Cara Ampuh Meningkatkan Rasa Percaya Diri - Info Serba Ada

Breaking

Kamis, 29 Juni 2017

Cara Ampuh Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Cara Ampuh Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Sering merasa tidak percaya diri, gugup, ragu dan malu banyak dirasakan oleh hampir setiap orang, Meskipun Anda adalah seorang yang ramah jika sudah kenal akrab dengan seseorang, Namun Anda akan sedikit malu atau segan jika bertemu orang baru. Anda pun akan menemukan tantangan yang sama ketika harus berdiri dan tampil di hadapan orang lain, Apalagi dalam jumlah yang banyak.

Namun, walaupun banyak orang merasakan rasa tidak percaya diri, bukan berarti tidak ada cara yang bisa Anda terapkan untuk melawannya. Untuk itu, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk dapat meningkatkan rasa percaya diri

1. Menghindari Pikiran Negatif

Kurang percaya diri bisa disebabkan oleh pikiran negatif. Beberapa di antaranya yang mungkin Anda miliki seperti:

  • Merasa diri sendiri tidak berharga
  • Takut ditolak
  • Takut salah dengan apa yang akan dilakukan
  • Takut direndahkan atau diremehkan orang lain
  • Merasa diri lebih rendah dari orang lain
  • Merasa akan ditertawakan orang lain
  • Anda harus menghentikan pikiran negatif karena hanya akan memenjarakan Anda dalam krisis kepercayaan diri. Cara mudahnya adalah dengan mengubah pikiran negatif menjadi pikiran positif atau dengan sesuatu yang Anda inginkan

Cara untuk mengatasi pikiran negatif di atas adalah:

  • Saya adalah orang berharga karena sama-sama ciptaan Tuhan YME
  • Penolakan adalah hal lumrah sehingga saya harus mencobanya
  • Kesalahan adalah tanda orang sedang belajar
  • Orang lain akan menghargai saya karena saya menghargai mereka juga
  • Membuat orang lain tertawa itu lebih baik daripada membuat orang lain sedih

2. Mengidentifikasi Kelebihan Yang Anda Miliki

Persaingan adalah hal yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas Anda. Agar Anda percaya diri menghadapi persaingan tersebut, Setidaknya Anda mengetahui apa kelebihan yang Anda miliki dibanding pesaing Anda.

Oleh karena itu, mulai sekarang identifikasi SATU kelebihan kunci Anda sehingga dapat menjadi fokus dan menjadi ahli di bidang yang Anda miliki. Dengan menjadi ahli di bidangnya, Anda akan percaya diri dan tidak takut lagi dengan pesaing Anda.

3. Menyapa Orang Baru 

Berada di orang-orang yang baru dikenal sangat tidak nyaman. Triknya adalah menyapa mereka terlebih dahulu sehingga dapat mencairkan suasana. Sebagai contoh, Anda menghadiri rapat orang tua siswa di sekolah anak Anda. Anda bisa menyapa beberapa orang tua siswa atau guru dengan mengucapkan hai, atau halo apa kabar.

Dengan menyapa terlebih dahulu, Anda mencairkan suasana dan berusaha memberi kesan pertama yang positif. Anda pun tidak akan merasa sendirian atau dikucilkan. Yang penting lagi, Anda memiliki teman baru.

4. Tatap Mata Lawan Bicara Anda

Kontak mata menunjukkan bahwa anda percaya diri. Menatap sepatu atau meja mendorong perasaan Anda menjadi ragu-ragu dan malu. Tips ini sangat berguna untuk situasi kerja, buatlah kontak mata dengan orang yang mewawancarai Anda atau orang-orang yang menghadiri presentasi anda.

Kontak mata membantu Anda untuk menghilangkan rasa takut jika Anda sedang berbicara di depan umum dan semakin mendekatkan Anda dengan lawan bicara. Stress merupakan perasaan yang datang dari sesuatu yang asing dan tidak dapat dikendalikan. Kontak mata memberikan pembicara gambaran dari kenyataan yang tidak lain adalah lawan bicara itu sendiri. Kontak mata juga membantu menarik minat lawan bicara Anda.

5. Membaca Buku

Buku adalah gudang ilmu. Meskipun sekarang ini banyak informasi gratis bertebaran di internet, buku memiliki sejumlah manfaat yang tidak ada di informasi gratis tersebut. Dengan membaca buku bermutu, wawasan dan pengetahuan Anda akan meningkat sehingga meningkat pula kepercayaan diri Anda.

6. Memperbaiki Penampilan

Terkadang, rasa kurang diri disebabkan oleh penampilan. Oleh karena itu, untuk membangun rasa percaya diri, perbaikilah penampilan Anda. Sebagai contoh, jika Anda seorang laki-laki yang hendak bertemu wanita, tata rambut Anda dengan rapi, misalnya dengan menggunakan jelly. Jika diperlukan, pergi ke salon untuk mencukur atau merapikan rambut Anda. Tidak hanya berhenti di rambut. Anda bisa juga mewangikan tubuh Anda dengan menggunakan deodoran atau parfum.

7. Menjadi Diri Sendiri

Dasar memiliki sikap positif terhadap diri sendiri adalah kunci untuk mendapatkan kepercayaan diri. Anda harus percaya dengan diri Anda, dari kepribadian Anda, agar dapat benar-benar yakin bahwa Anda bisa dan mampu.

Memang kita suka tidak percaya diri dengan kemampuan diri kita sendiri atau dengan fisik kita sendiri. Tapi sebelum tidak percaya diri, lihatlah orang-orang yang memiliki cacat tubuh tapi dapat menjalankan aktifitasnya sehari-hari dengan penuh semangat dan percaya diri. Saya yang tidak memiliki cacat tubuh, suka malu sendiri jika membandingkan saya dengan mereka.

8. Bersyukur

Mensyukuri apa yang Anda miliki dan bagaimana kondisi Anda sekarang akan membangun rasa percaya diri Anda. Mengapa? Karena dengan bersyukur, Anda akan terhindar dari stres dan perasaan negatif lain. Sebagai contoh, Anda bersyukur masih bisa makan hari ini, menghirup udara, memiliki pekerjaan, dan sebagainya.

9. Berdoa Sebelum Memulai Sesuatu

Berdoa sebelum memulai sesuatu bisa juga membantu Anda meningkatkan rasa percaya diri Anda. Hal ini karena doa akan membuat Anda mengingat Tuhan YME dan berharap lindungan-Nya dalam setiap langkah Anda. Sebagai contoh, jika Anda seorang muslim, ucapkan doa keluar rumah sebelum bepergian. Bagaimana jika Anda tidak tahu doa-doa? Pelajari doa-doa sehari-hari, dan kalau masih belum bisa, ucapkan bismillah saja.

Kepercayaan diri bukanlah genetik, melainkan keterampilan yang bisa dipelajari dan ditingkatkan. Jika Anda sekarang kurang percaya diri, triknya adalah mencari akar penyebab mengapa Anda tidak percaya diri dan berusaha sekuat tenaga mengatasi penyebab tersebut. Semoga bermanfaat.