Berbagai Manfaat Dan Khasiat Labu Parang - Info Serba Ada

Semua informasi mengenai lowongan kerja, bisnis online, peluang usaha, kesehatan, pariwisata, kuliner, otomotif, tutorial, nonton film online dan juga info lainnya

Breaking

Minggu, 18 Juni 2017

Berbagai Manfaat Dan Khasiat Labu Parang

Berbagai Manfaat Dan Khasiat Labu Parang

iklanet.id - Labu parang atau biasa disebut labu kuning biasa kita jumpai di pasar tradisional dan labu ini sering kali dijadikan sebagai bahan untuk membuat kolak saat bulan puasa. Selain rasanya yang lezat, ternyata labu parang ini juga memiliki beberapa manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh kita.

Labu parang mengandung kalori, karbohidrat, protein, lemak, mineral (kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga dan seng), beta karoten, tiamin, niasin, serat, dan vitamin C. Labu parang juga merupakan makanan padat yang sangat kaya akan gizi.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat labu parang

1. Sumber antioksidan

Labu parang merupakan buah sumber antioksidan karena mengandung karoten yang tinggi. Sebenarnya, penyerang radikal bebas yang paling menentukan adalah alfa-karotenoid, yang terkandung lebih banyak daripada beta-karotenoid di dalam buah labu parang ini. Dengan begitu, manfaat antioksidan dalam karotenoid ini bisa mencegah pertumbuhan sel kanker yang bisa dipicu dari makanan tidak sehat. Dianjurkan bagi anda setelah mengonsumsi makanan seperti sate, ayam bakar, seafood, dan makanan junk food harus memakan buah labu parang ini untuk melawan radikal bebas.

2. Obat Diabetes

Anda tidak perlu takut dengan penyakit diabetes melitus meskipun Anda merupakan keturunan yang beresiko. Anda dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi labu parang yang mengandung saponin dan flavonoid. Dua zat ini ddipercaya mengurangi kadar darah setelah adanya penelitian di Universitas Gajah Mada yang menambahkan dosis saponin dalam seekor tikus nyatanya bisa menurunkan kadar gula dalam darah hewan itu.

3. Menyehatkan Jantung

Labu parang mengandung vitamin B1 yang sangat penting dalam penjaga jaringan jantung agar tetap sehat dan kuat untuk beraktivitas sepanjang hari. Vitamin B1 biasa terdapat pada kapsul-kapsul vitamin jantung bagi penderita jantung lemah, tetapi Anda bisa mendapatkannya secara alami sebagai konsumsi harian dalam labu parang/labu kuning.

4. Mencegah Anemia

Anemia adalah penyakit di mana seseorang kekurangan darah merah akibat gangguan pada organ hati. Namun labu parang bisa mengatasi masalah anemia karena kandungan zat besinya yang luar biasa besar pengaruhnya. Manfaat zat besi berguna untuk membantu produksi hemoglobin lebih banyak serta eritrosit dari dalam hati.

5. Menyehatkan Pencernaan

Labu parang bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan anda dengan kandungan kaliumnya yang mampu menjaga keseimbangan elektrolit dan air dalam tubuh. Dan juga mengandung manfaat serat untuk menyembuhkan luka dalam si organ pencernaan seperti lambung dan usus

6. Menyembuhkan Panas Dalam

Labu parang ini mengandung manfaat vitamin C yang berfungsi untuk melawan panas dalam tubuh yang menyebabkan panas dalam, sakit tenggorokan, ataupun sariawan. Karena itulah sering kita lihat labu parang ini sering digunakan sebagai campuran minuman yang dipercaya bisa menyembuhkan panas dalam.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Labu parang mengandung vitamin C. Karena itulah, banyak memakan buah labu ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anda sehingga tidak mudah sakit.

8. Menyehatkan Mata

Kandungan vitamin B2 dan manfaat vitamin A dalam daging buah labu yang jingga sangat berguna untuk menyehatkan mata. Seringkali dalam pekerjaan yang menuntut untuk terus di depan layar, membutuhkan banyak vitamin A dan vitamin B2 dalam buah-buah dan sayuran agar mata Anda bisa lembab lebih lama dan mengurangi resiko rabun jauh lebih besar.

9. Menyehatkan Kulit

Kandungan labu parang yang bisa menyehatkan kulit adalah karotenoid, vitamin B2 dan vitamin C yang sangat banyak. Mineral-mineral lainnya seperti selenium dan zink juga sangat membantu untuk menyehatkan kulit serta senantiasa menghaluskannya.

10. Meningkatkan Kesehatan Prostat

Bagi Anda yang bermasalah dengan kesehatan prostat, biji labu dapat menjadi pilihan. Konsumsi biji labu secara rutin mampu mengatasi masalah prostat berkat kandungan pyhtosterols di dalamnya. Zat ini membantu mengecilkan pembesaran prostat.

Demikianlah beberapa manfaat labu parang yang sangat luar biasa. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar