Bahaya Sering Menggunakan Kipas Angin - Info Serba Ada

Semua informasi mengenai lowongan kerja, bisnis online, peluang usaha, kesehatan, pariwisata, kuliner, otomotif, tutorial, nonton film online dan juga info lainnya

Breaking

Kamis, 01 Juni 2017

Bahaya Sering Menggunakan Kipas Angin

Bahaya Sering Menggunakan Kipas Angin

iklanet.id - Saat tubuh terasa berkeringat dan gerah, umumnya kita akan menggunakan kipas angin untuk menyejukan tubuh kita. Akan tetapi penggunaan kipas angin terlalu lama akan menimbulkan masalah bagi kesehatan kita apalagi pada saat tidur.

Berikut ini adalah bahaya terlalu sering menggunakan kipas angin :

1. Berkurangnya Pasokan Oksigen

Hal ini bisa terjadi jika kita secara terus menerus menghadapkan kipas angin tepat ke wajah. Angin yang dihembuskan kipas tidak sepenuhnya oksigen atau bahkan juga ada gas karbondioksida. Jika angin terus di hadapkan ke wajah  maka kita akan kesulitan mendapatkan pasokan oksigen yang cukup, bahkan udara yang kita hembuskan dari hidung bisa kembali lagi kembali dan berkutat di sekitar wajah. Akibatnya sirkulasi udara di sekitar wajah kita tidak baik.

2. Dehidrasi

Ketika seseorang berada dalam ruangan dingin dalam waktu yang lama maka tubuh akan mengalami kekeringan akibat dari kerja udara dingin yang menyerap air dalam tubuh. Apabila terjadi terus menerus sepanjang malam, maka kelembaban tubuh akan menurun sampai akhirnya kita merasa kehausan bahkan dehidrasi. Ada kemungkinan juga terserang gejala hipotermia. 

3. Sesak Nafas

Penggunaan kipas angin yang berlebihan bisa mengurangi pasokan oksigen pada paru-paru. Dengan demikian, hal tersebut otomatis akan berdampak langsung pada pernafasan, sehingga dapat menimbulkan sesak nafas.

4. Mudah Sakit

Kondisi tubuh yang mudah sakit adalah efek dari metabolisme tubuh yang tidak berjalan dengan baik. Dampak ini di rasakan jika kita tidak berhasil mengeluarkan keringat dalam tubuh yang membuat sel-sel imun lebih aktif. Oleh karena itu melambatnya aktivitas sel-isel imun akan membuat tubuh kita mudah sekali terserang penyakit. Apalagi jika saat kita tidur kita menghirup udara yang mengandung virus penyakit, tentu potensi kita menderita sakit akan semakin besar.

5. Otot Kaku Dan Nyeri

Pemakaian kipas angin yang terlalu lama akan menurunkan produksi cairan lubrikasi. Cairan tersebut sangat berperan penting dalam menguatkan otot dan persendian. Maka tidak heran jika orang yang terlalu sering memakai kipas angin apalagi ketika tidur, Maka akan sering merasakan otot kaku dan nyeri.

6. Gejala Hipotermia

Hipotermia memang lebih sering terjadi di daerah ketinggian, biasanya disebut juga penyakit anak gunung. Namun gejalanya bisa saja terjadi dalam kondisi dimana tubuh merasa teramat sangat kedinginan meski kita sedang berada di daratan rendah. Kedinginan yang teralu lama ini bisa menyebabkan tubuh membeku akibat pembuluh darah mengerut yang bisa memutus aliran darah yang menuju ke hidung, telinga, jari tangan dan jari kaki. Tubuh pun kadang menggigil, sebab suhu tubuh di dalam sudah gagal dijaga dalam suhu yang normal.

Gejala awal hipotermia terjadi apabila suhu kurang dari 36°C atau kedua kaki dan tangan terasa dingin. Selanjutnya disebut hipotermia berat bila suhu tubuh kurang dari 32°C. Ingat, ini suhu dalam tubuh, bukan ruangannya.

7. Infeksi Saluran Pernafasan

Kipas angin hanya untuk menggerakkan udara, tidak ada proses penyaringan yang dilakukan. Oleh karena udara yang ada di sekitar ruangan akan di hembuskan ke tubuh kita. Akan menjadi bahaya jika wajah kita mendapatkan hembusan angin dari kipas angin tersebut. Perlu diketahui, bahwa ada potensi udara yang mengandung bakteri, kuman, atau bahkan virus yang terhirup oleh hidung. Bahaya kipas angin ini bisa menyebabkan terjadinya infeksi di dalam saluran pernapasan, seperti asma dan penyakit lainnya.

8. Kulit Kering

Masalah kulit tidak hanya terjadi karena terkena sengatan sinar matahari saja. Kondisi ruangan yang terlampau dingin juga berdampak buruk bagi kesehatan kulit, seperti bahaya AC. Saat terlalu lama menggunakan kipas angin, efek kekurangan air akan terjadi pada tubuh, termasuk kulit. Kulit kita sejatinya sangat membutuhkan kandungan air dalam darah yang mengalir di sekitar kulit.

Berikut ini adalah beberapa tips penggunaan kipas angin yang sehat untuk mencegah bahaya kipas angin bagi kesehatan kita :


  • Jangan gunakan kipas angin di dalam ruangan yang tertutup atau yang tidak memiliki sistem sirkulasi udara yang baik.
  • Jangan hadapkan kipas angin tepat di wajah, karena akan sangat mempengaruhi jumlah oksigen dan karbondioksida yang ada di sekitar wajah.
  • Jika menggunakan kipas saat tidur, maka atur timer untuk mematikannya setelah 30 - 60 menit, Sehingga tidak menggunakan kipas sepanjang tidur.
  • Jika tidak memiliki kipas dengan fungsi timer, maka hadapkan kipas ke atas sehingga tidak terkena langsung ke tubuh, namun kecilkan power kipasnya agar anginnya tidak terlalu kencang.
  • Seringlah membersihkan kipas angin, Karena menggunakan kipas angin yang kotor akan menyebabkan debu atau kotoran akan terhirup oleh kita dan akan menyebabkan penyakit pada saluran pernafasan.

Demikianlah sedikit tips yang perlu diperhatikan dalam menggunakan kipas angin. Gunakanlah kipas angin dengan baik agar tidak membahayakan kesehatan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar