Memanfaatkan Sampah Plastik Untuk Membuat Kerajinan Unik - Info Serba Ada

Semua informasi mengenai lowongan kerja, bisnis online, peluang usaha, kesehatan, pariwisata, kuliner, otomotif, tutorial, nonton film online dan juga info lainnya

Breaking

Senin, 08 Mei 2017

Memanfaatkan Sampah Plastik Untuk Membuat Kerajinan Unik

 Manfaat sampah plastik

Tentunya anda sudah paham sampah plastik telah menjadi sebuah ‘bencana’ bagi lingkungan? Tentunya hal itu dikarenakan sifat plastik yang tidak mampu terurai secara alami. Satu kantong kresek plastik saja mampu bertahan selama ratusan tahun tanpa dapat terurai. Tidak hanya itu, beberapa dari jenis plastik juga memiliki kandungan kimia yang beracun dan bisa jadi berbahaya bagi kelangsungan hidup kita. Hiii!

Oleh karena itu kita semua perlu menyadari hal ini dan tidak sembarangan dalam menggunakan, apalagi membuang plastik. Karena, ujung-ujungnya sampah plastik yang anda buang hanya akan berpindah tempat dari tong sampah ke TPA dan akan diam di sana selama ratusan bahkan ribuan tahun lebih.

Meskipun sampah plastik dapat diolah menggunakan mesin pencacah plastik, kiat-kiat daur ulang oleh kita sendiri baiknya diutamakan ketimbang membuang plastik dan memasrahkan pengolahannya kepada orang lain. Dewasa ini, banyak sekali langkah-langkah untuk mengurangi sampah plastik yang dapat anda lakukan.

Lalu, jika tidak dibuang, harus diapakan sampah plastik itu?

Nah! Di sini jawabannya! Di artikel ini saya akan memberitahu anda beberapa ide membuat dekorasi dengan kerajinan dari plastik yang pastinya akan membuat anda berpikir dua kali sebelum membuang sampah-sampah plastik di rumah anda.


Meskipun proses daur ulang plastik pada era ini sudah cukup dengan segala perkembangan teknologi yang ada, apa salahnya mengasah sedikit kreatifitas anda untuk menciptakan barang-barang keseharian yang dapat mewarnai sekeliling anda?

Silahkan simak beberapa kerajinan dari plastik di bawah ini:

1. Tempat Tanaman


Tidak hanya berguna bagi bumi, langkah penghijauan jika dilakukan dengan cara yang ciamik–tentunya dapat menjadi opsi dekorasi yang cantik bagi rumah anda. Simak saja gambar di atas. Dengan menggunakan botol plastik yang sudah dilubangi, kamu dapat menaruh berbagai macam tanaman hijau dan menggantungnya di permukaan tembok rumah anda. Jadi alih-alih mengotori lingkungan, kini sampah plastik dapat memberi kehidupan baru, serta tentunya dapat mempercantik rumah anda.

2. Sapu Dari Plastik


Alih-alih menjadi sampah, mengapa tidak memanfaatkan plastik untuk membersihkan sampah? Pasti tidak terpikirkan? Banyak sekali kerajinan dari botol plastik yang berguna dan bisa anda coba. Untuk cara membuatnya, anda bisa ikuti petunjuk seperti di gambar. Yang anda perlukan adalah botol plastik besar dengan ukuran 2-5 liter agar dapat membuat sapu yang baik. Meskipun fungsinya tidak sebaik sapu ijuk, bukankah memanfaatkan sampah bisa lebih berguna? Silahkan dicoba!

3. Lampu Bunga


Bosan dengan lampu meja yang begitu-begitu saja? Coba manfaatkan botol plastik bekas yang anda miliki untuk menghasilkan kerajinan dari plastik dalam bentuk lampu seperti gambar di atas.

Pertama-tama, potong bagian bawah botol plastik, dan rekatkan jadi satu membentuk sebuah bola. Tekstur bagian bawah botol plastik yang memiliki kepadatan lebih akan menghasilkan pijar yang unik dan hangat untuk mata. Serta bentuknya yang bulat dan bercorak akan memberikan efek seperti bunga.

Untuk lampunya sendiri, anda bisa mengganti tudung lampu lama dari lampu meja anda dengan hasil kerajinan dari plastik ini. Niscaya, hidup anda akan lebih bercahaya karena anda membantu mengurangi sampah plastik!

4. Tempat Perhiasan


Jika berbicara tentang perhiasan, tentu estetika menjadi andalan. Jangan khawatir! Meskipun bahan yang digunakan di sini adalah bahan bekas yakni botol plastik, bukan berarti hasilnya akan jelek juga layaknya sampah. Kreativitas sejati adalah seni mengolah sesuatu yang tidak punya makna menjadi sesuatu yang berguna.

Dengan menggunakan bahan bagian bawah botol plastik yang bersifat kuat dan lentur, anda tidak perlu khawatir perhiasan yang anda miliki akan jatuh dan berantakan. Bahan botol plastik yang transparan ini akan memberikan sebuah kekontrasan antara kilau perhiasan dengan warna botol plastik yang semi-transparan.

5. Lampion Dari Sendok Plastik


Sendok dengan bahan plastik memang dibuat sebagai alat makan sekali-pakai. Sangat jarang orang yang mau makan dengan sendok plastik bekas, meskipun sebelumnya sudah dicuci. Tapi alangkah baiknya apabila anda tidak membuang sendok plastik sehabis digunakan. Dengan menyusun ujung sendok plastik, anda bisa menghasilkan lampion yang terlihat anggun dengan penerangan yang hangat. Sangat cocok untuk teras rumah maupun meja makan.

6. Vas Bunga


Dengan vas bunga yang terbuat dari bahan plastik ini, anda tidak perlu khawatir vas bunga yang anda miliki akan tersenggol dan pecah. Sifat plastik yang transparan dan padat juga akan mempercantik tampilan kerajinan dari plastik satu ini. Vas bunga semacam ini dapat anda letakkan di tengah meja tamu ataupun meja makan guna menghias ruangan..

7. Perahu Dari Botol Plastik


Siapa yang mengira botol plastik yang gunanya untuk menyimpan air dapat anda manfaatkan sebagai kendaraan air? Untuk kerajinan dari plastik satu ini, anda akan memerlukan botol plastik dengan ukuran yang sama dalam jumlah banyak.

Tentunya pertama-tama anda perlu menyiapkan kerangka perahu terlebih dahulu dan pastinya harus kedap air. Lalu setelah itu anda bisa meletakkan susunan botol plastik di permukaan perahu agar membuat perahu bisa mengambang di atas air. Pastikan juga botol plastik yang digunakan tidak ada yang rusak ataupun bolong.

8. Tempat Pensil


Bagi anda yang hobi menggambar maupun mewarnai, kerajinan dari plastik satu ini akan sangat berguna buat anda. Jika anda memiliki botol susu yang tidak terpakai? Coba manfaatkan botol susu tersebut untuk meletakkan alat mewarnai seperti di gambar di atas.

Anda cukup memotong bagian bawah dan samping botol susu tersebut seperti di gambar, dan anda bisa meletakkan pensil warna agar siap digunakan ketika anda ingin berkarya. Warna-warni pensil juga bisa anda sesuaikan guna menghasilkan estetika yang ciamik dan enak dipandang.

9. Penyiram Rumput


Tujuan utama dari membuat kerajinan-kerajinan dari plastik ini tentunya adalah penghematan pengeluaran. Daripada anda harus membeli water sprinkler, kenapa tidak memanfaatkan botol plastik bekas yang anda miliki?

Caranya cukup mudah. Anda tinggal menyambung selang air ke botol plastik, lalu memberi lubang-lubang kecil di bagian bawah atau samping botol plastik itu. Jangan lupa untuk menyegel sambungan antara selang dan mulut botol agar tidak ada air yang terbuang.

10. Tirai Ruangan


Begitu banyak produsen minuman kemasan memiliki kemasan botol plastik yang bervariasi, dengan warna tutup botol yang berbeda-beda pula. Dan warna tutup botol yang penuh variasi ini sangat asik untuk dimanfaatkan sebagai dekorasi. Gunakan kreativitas anda dan susun tutup botol berdasarkan warna untuk menciptakan pola tertentu, lalu satukan dengan benang dan jadilah tirai cantik untuk menjadi sekat ruangan di rumah anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar