Manfaat Menanam Pohon Bagi Kehidupan - Info Serba Ada

Breaking

Rabu, 10 Mei 2017

Manfaat Menanam Pohon Bagi Kehidupan


Jika anda menanam pohon di pekarangan rumah, Pastinya rumah anda akan terasa teduh. Selain itu, anda juga akan merasakan udara yang sejuk. Pasalnya, setiap satu pohon itu dapat menghasilkan 1,2 kg oksigen. Sementara manusia bisa menghabiskan 0,5 kg oksigen per hari. Dengan begitu, semakin banyak pohon yang ada di pekarangan rumah anda, semakin sejuk juga suasana di rumah anda.

Banyak manfaat yang bisa didapat dari menanam pohon di rumah sendiri. Tak hanya untuk kesehatan fisik saja, taman juga memiliki dampak positif bagi mental seseorang. Oleh karena itu, para peneliti menyarankan agar setiap rumah memiliki taman. Walau taman yang dimiliki tak terlalu luas, tetapi manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh generasi baik tua maupun muda.

Tanaman yang terdapat di taman akan memberikan kontribusi yang cukup penting untuk sirkulasi udara yang segar dan bersih bagi penghuni rumah. Terlebih jika kita tinggal di perkotaan yang tingkat polusi udaranya cukup tinggi. Di tempat semacam ini taman dapat berperan sebagai penyangga ekosistem dan sebagai suplai oksigen dan udara bersih yang menyehatkan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat menanam pohon di lingkungan rumah anda :

1. Penyejuk Udara

Keberadaan pepohonan di pekarangan rumah kita sangat membantu dalam mewujudkan rumah yang sejuk dan asri. Dengan adanya pepohonan di sekitar rumah, maka panas matahari dapt diserap sehingga udara yang ada di sekitar pohon yang rindang akan terasa lebih sejuk dan nyaman.  Berbeda halnya jika suatu pekarangan rumah tidak ada pepohonan yang rimbun, ketika mahatari bersinar terik maka udara akan terasa panas dan kering.

2. Penyaring Udara Kotor

Salah satu manfaat dari tanaman yang berdaun rimbun adalah dapat melakukan penyaringan udara kotor atau polusi yang dihasilkan oleh mesin-mesin dan proses pembakaran lain.  Semakin banyak pohon maka semakin banyak pula udara yang dapat disaring sehingga udara akan lebih sejuk dan segar.

3. Tempat Berteduh

Berlindung di bawah pohon yang rimbun adalah hal yang sangat nyaman. Rasanya akan berbeda jika berteduh di bawah naungan lain, seperti atap buatan misalnya. Hal ini karena daun-daun pada pepohonan dapat mengeluarkan zat oksigen yang semakin membuat teduh. Di saat udara panas anda tinggal meletakkan kursi malas atau perabotan lainnya untuk bersantai di bawah pohon rindang tersebut.

4. Sebagai Hiasan Hidup

Pada rumah dijual dalam keadaan tertanami pepohonan rindang, tentu nuansanya akan lebih indah. Berbeda dengan kondisi rumah dijual dalam keadaan gersang, tentu nilai estetikanya dapat berkurang. Untuk itu, ketika melihat iklan rumah dijual maka perhatikan keberadaan pepohonan ini. Dengan perawatan yang baik dari kecil hingga besar, maka pohon buah-buahan yang ditanam dapat tumbuh seperti apa yang diharapkan.  Dengan dipadu dengan tanaman dalam pot maka pohon-pohon buah yang ada pun akan terlihat lebih menawan.

5. Menghasilkan Oksigen Untuk Bernafas 

Tanaman hijau merupakan penghasil oksigen terbesar untuk kehidupan di bumi ini. Dengan melakukan penanaman pohon maka jumlah karbondioksida di sekitar pohon itu akan berkurang yang berarti juga mengurangi polusi yang dapat menyebabkan pemanasan global.

6. Mengurangi Kebisingan

Penanaman tanaman di sekeliling pagar merupakan solusi praktis untuk rumah yang berada di pinggir jalan atau di daerah yang selalu ramai dan padat dengan aktifitas kendaraan bermotor, karena tanaman tersebut dapat meredam suara bising yang dihasilkan dari suara kendaraan dan mampu menyaring debu yang masuk ke dalam rumah, sehingga rumah anda akan selalu bersih. Jenis tanaman yang cocok ditanam untuk kondisi ini adalah tanaman dari jenis semak.

7. Pendingin Alami

Jenis tanaman rambat dapat digunakan sebagai penutup dinding rumah yang bersentuhan langsung dengan cahaya matahari. Sinar matahari langsung akan membuat suhu di dalam rumah meningkat, oleh karena itu menanam tanaman rambat dengan ketebalan kurang lebih lima sentimeter mampu meredam panas yang masuk ke dalam rumah, sehingga kerja pendingin ruangan tidak terlalu berat dan juga menghemat penggunaan listrik.

8. Menyimpan Air Tanah

Air hujan yang jatuh langsung ke tanah akan hilang begitu saja jika tidak ada akar tanaman yang mengikatnya. Dengan curah hujan yang tidak menentu dan musim kemarau yang semakin sulit ditebak, Anda dapat mensiasati ketersediaan air dengan menanam tanaman di pekarangan. Lahan tersisa di rumah dapat diubah menjadi penampung air alami.

9. Menjaga Kesuburan Tanah

Air hujan yang langsung jatuh ke tanah dapat menyebabkan lapisan tanah bagian atas yang berhumus dan subur menjadi tergerus sehingga mengakibatkan menurunnya kesuburan tanah. Bila permukaan tanah banyak ditanami pohon, saat hujan turun, butir-butir airnya tidak langsung menimpa permukaan tanah, tetapi ditahan oleh daun, ranting, dan batang pohon, sehingga mengurangi gaya gerus air terhadap tanah

10. Mengurangi Zat Pencemar Udara

Kegiatan pabrik banyak menghasilkan asap tebal yang pekat dan mengandung karbondioksida. Begitu pula, kegiatan pembakaran yang menggunakan bahan bakar minyak. Selain karbondioksida, asap tersebut mengandung sulfur dioksida dan asam sulfat. Zat-zat tersebut apabila bercampur dengan air hujan akan menghasilkan hujan asam yang membahayakan kesehatan kulit serta menimbulkan korosi.

Dari beberapa fungsi atau manfaat menanam pohon yang telah dipaparkan di atas, maka dapat dilihat betapa besarnya manfaat yang dapat dipetik dari pohon yang ditanam di sekitar rumah manusia.  Oleh sebab itu tidak ada salahnya anda menanam beberapa pohon di halaman tempat tinggal anda untuk kebaikan diri anda sendiri maupun orang lain yang ada di sekitar anda. 

Coba kita bayangkan seandainya tidak ada tanaman atau pohon di sekitar rumah kita, Tentunya hidup kita juga tidak akan sehat, Apalagi bagi anda yang tinggal di perkotaan dan di wilayah industri. Beruntunglah bagi anda yang tinggal di pedesaan yang masih terdapat begitu banyak tanaman dan pohon yang rindang sehingga bisa menikamti udara yang sejuk dan tentu menyehatkan. Oleh karena itu mulailah membuat penghijauan di sekitar rumah anda agar anda bisa tetap hidup sehat dan nyaman.