Cara Menghindari Pencurian Akun - Info Serba Ada

Breaking

Sabtu, 18 Februari 2017

Cara Menghindari Pencurian Akun

Cara Menghindari Pencurian Akun

Cara Menghindari Pencurian Akun. Email, Akun facebook, Twitter, Instagram atau akun lain yang anda miliki saat ini mungkin sudah sangat lama anda gunakan dan tentunya telah memiliki friendlist yang banyak atau setidaknya berisi info kontak yg berharga, Tapi apa jadinya jika ternyata anda tidak dapat mengakses akun anda sendiri ? Apakah anda panik saat akun anda menampilkan peringatan kalau ternyata password yang anda masukkan salah ?

Tentu yang terlintas di pikiran anda adalah : akun saya telah dibajak. Tapi kapan, mengapa, siapa yang membajak ? Pembajakan akun ini bisa terjadi kapan saja, pada siapa saja, oleh siapa saja dengan berbagai alasan tertentu. Oleh karena itu, jika anda merasa bahwa akun sosial media yang anda miliki saat ini sangat penting, mulailah menggunakan langkah-langkah preventif untuk menghindari pencurian data / password akun sosial media anda.

untuk dapat menghindari hacking/cracking akun sosial media anda, Sebaiknya perhatikan tips berikut ini :

1. Membuat Password Yang Kuat

Bila kita membaca peraturan di sebagian besar website, panjang password yang disarankan adalah 8 karakter atau lebih. Tetapi tahukah Anda bahwa dengan memakai teknik tertentu, password berjumlah kurang dari 12 karakter bisa dibobol. Maka, password yang baik sebaiknya memiliki panjang lebih dari 12 karakter.

Selain jumlah karakter yang banyak, kita harus menyisipkan karakter yang bervariasi. Misalnya, huruf besar-kecil, menyisipkan angka, dan simbol. Misalnya kita akan membuat "empatfaktaunik" sebagai password. Walau panjang, password ini bisa dibobol memakai teknik bruteforce. Maka, kita bisa memakai password "3mP@Tf@kT@uN1k" sebagai password, karena password ini mengandung angka, simbol, dan perpaduan huruf besar kecil.

2. Selalu Logout

Setelah selesai menggunakan akun sosial media anda sebaiknya anda Logout, baik itu di komputer atau handphone karena jika tidak akun anda dengan mudah bisa dimanfaatkan orang2 yg tidak bertanggung jawab, seperti saat anda kehilangan handphone / handpone dipinjam / laptop hilang / komputer rumah di-share dengan pengguna lain di kostan, kontrakan atau tempat kerja.

3. Membersihkan History

Jika anda melakukan login di tempat umum seperti warnet / hotspot, perhatikan kondisi sekitar dari kemungkinan mata jahil, perhatikan juga kemungkinan phising (pencurian data) melalui software / fitur browser. selalu matikan komputer yang anda pakai di warnet saat anda selesai. jika memungkinkan, bersihkan history yang terekam di browser.

4. Jangan Membuka Link Sembarangan

Inilah salah satu penyebab sering terjadinya pencurian akun. Ketika ada seseorang men-share sebuah link dengan gambar yang menggiurkan atau lainnya, Kemudian anda akan terpancing untuk membuka link tersebut dan mengarahkan kepada situs replika. Anda akan melihat bahwa seolah-olah telah keluar dari akun anda, Kemudian terdapat perintah untuk memasukan alamat email beserta pasword untuk dapat menuju link tersebut.

Demikianlah ulasan tentang cara menghindari pencurian akun. Semoga bermanfaat.