Ternak Ikan Lele Yang Menguntungkan - Info Serba Ada

Breaking

Minggu, 06 November 2016

Ternak Ikan Lele Yang Menguntungkan

Ternak Ikan Lele

Budidaya ikan lele merupakan salah satu jenis bisnis yang sejak dulu diminati oleh banyak orang. Seperti yang kita tahu bahwa ikan lele merupakan jenis ikan yang mudah untuk dipelihara dan mudah untuk dipasarkan. Permintaan ikan lele di masyarakat sangatlah besar, Hal tersebut bisa kita lihat dengan banyaknya usaha kuliner yang menyajikan menu dengan ikan lele yang selalu ramai.

Di Indonesia sendiri sudah banyak pebisnis yang sukses dalam usaha budidaya ikan lele. Bukan tidak mungkin bila anda bisa menjadi seperti mereka yang menjadi seorang jutawan dari usaha ternak ikan lele. Untuk sampai ke tahap itu tentu anda harus mulai bisnis ini dari awal, dan mau bekerja keras untuk meraih kesuksesan.

Kisah Sukses Ternak Lele

Seorang pembudidaya ikan lele warga Cirebon, Jawa Barat, Suganda mengaku dengan budidaya ikan lele Ia bisa menghasilkan keuntungan yang sangat lumayan besar, bisa menghasilkan ratusan juta pertahun. “Karena dalam satu hari hasil panen bisa mencapai 4-5 ton perhari atau dengan keuntungan bersih sekitar Rp 10 juta, bila harga satu kilogram lele sebesar Rp 12 ribu per kg,” katanya di tempat kolam budidaya Kelompok Kersa Mulia Bakti di Cirebon.

Atas keuntungan tersebut, ia bisa membayar premi asuransi sebesar Rp15 juta per bulan karena membudidayakan ikan lele. Menurut pria berusia 43 tahun ini, bisnis budi daya lele yang dijalaninya sejak 15 tahun lalu membuahkan hasil yang lebih dari lumayan sehingga mampu membayar premi sebesar itu.

Sebelum budidaya lele Suganda pernah membudidayakan ikan mas, namun gagal karena kesulitan mencari pakan dan banyak yang terkena wabah sehingga sering gagal panen. Setelah gagal barulah Ia pindah ke budidaya lele. Pada awalnya Suganda hanya sendiri dalam membudidaya, tapi karena perkembanganya yang bagus sehingga mendapatkan untung yang besar maka teman teman lainnya ikut dalam kelompok Suganda.

Kesuksesan ini pun ia tularkan ke para pembudi daya yang tergabung dalam Kelompok Pembudidaya Ikan Lele Kersa Mulia Bakti yang beralamatkan di Desa Kertasura Blok 3, Jalan Sunan Gunungjati, Kapetakan, Cirebon. Saat ini jumlah anggota kelompok pembudidaya lele Kersa Mulia sebanyak 29 orang. Dari 29 anggota yang juga menuai sukses, 95% sudah mempunyai asuransi. Menurut Suganda itu wajar karena omzet harian kelompok bisa mencapai Rp39 juta. Satu peternak bisa memperoleh untung bersih Rp6 juta hingga Rp10 juta per hari.

“Dulu usaha budidaya lele belum ada yang berminat. Saya saja sendirian. Lalu lima tahun kemudian muncul yang ikut dan dari yang hanya puluhan kolam, sekarang sudah ada 400 kolam di lahan seluas 35 hektar,” ungkap Suganda.

Diceritakan, 400 kolam dalam sehari bisa panen sekitar 4-5 ton dan dibeli oleh pelanggan yang berasal dari Jakarta, Bandung, dan Tegal. Namun Suganda me­ngatakan sering kali pihaknya justru tidak bisa memenuhi kebutuhan pelanggan. Permintaan rata-rata dalam satu hari sebenarnya bisa mencapai 6 ton.

“Untuk bisa tingkatkan produksi, tentu harus ada tambahan kolam. Nah, masalahnya adalah ketersediaan lahan. Warga sekitar biasanya hanya kalau butuh uang banyak saja baru mau jual tanah,” kata Suganda.

Sementara jika mencari lahan di luar Kabupaten Cirebon, Suganda mengatakan ia dan para rekannya harus memastikan kondisi lingkungan.

“Maksudnya kalau misalnya budidaya di Semarang, masyarakat di sana belum tentu cocok. Selain itu juga pertimbangannya soal keamanan,” tandasnya.

Dengan hasil budi daya Suganda bisa menyekolahkan anaknya ketingkat Sekolah Menengah Atas terfavorit di kota Cirebon. Selain menyekolahkan anak Suganda juga sudah mempunyai sebuah mobil dan beberapa kendaraan roda dua yang telah ia beli. (Sumber : InfoPublik)

Beberapa Faktor Peternakan Lele Menjadi Bisnis Yang Menguntungkan

1. Ikan merupakan salah satu sumber protein yang murah dan pengganti untuk daging yang baik . Pada kenyataannya, Tidak ada makanan yang dikonsumsi di Indonesia tanpa ikan atau daging. ikan merupakan sumber daging putih dan direkomendasikan oleh praktisi kesehatan.

2. Populasi indonesia adalah sekitar 150 juta dan populasi ini diperkirakan untuk menyalip bahwa dari negara-negara lain tahun 2050. Sekarang apa artinya ini bagi petani ikan patin Kebenaran di balik statistik ini adalah bahwa ada pasar yang siap untuk ikan dan permintaan ikan tidak dapat dipenuhi oleh produsen lokal saja.

3. Ada banyak pusat rekreasi di indonesia terutama restoran, gerai makanan cepat saji . Anda bahkan dapat membuat uang dengan berfokus pada menjadi pemasok lele biasa untuk restoran, warteg, warung pecel lele dan lainnya.

4. Biaya operasional untuk budidaya lele ( pakan dan pemeliharaan ) sangat rendah terutama bila dibandingkan dengan peternakan unggas.

Tidak terlalu sulit untuk beternak ikan lele  kalau  ada air yang melimpah dan tanah kosong yang cukup luas. Jika kita mempunyai niat yang kuat maka semua itu tidak akan terasa sulit, Akan tetapi jika budidaya lele tidak kita tekuni dan jalani dengan serius, Maka jangan berharap anda bisa menjadi seorang peternak lele yang sukses, Selain itu modal yang kita butuhkan untuk menjadi seorang peternak lele pun tidak terlalu besar,

Berikut ini adalah cara ternak ikan lele bagi pemula

  • Siapkan lahan minimal luasnya 12m x 8m
  • Buat lahan tersebut menjadi 4 bagian, 2 bagian 3m x 4m, dan dua bagian lagi 3m x 5m
  • Buatlah rancangan pagar persegi yang terbuat dari bambu seperti ukuran diatas untuk tempat terpal
  • Siapkan terpal plastik ukuran 5m x 6m = 2 buah dan ukuran 5m x 7m = 2 buah
  • Jika terpal sudah siap maka kita bisa mengisi air didalam terpal dengan ketinggian 30 cm,
  • diamkan selama semalam kemudian dibuang airnya. dan kita isi lagi terpal tersebut dengan air dengan ketinggian 30 cm
  • Kemudian kita bisa membeli bibit lele, Usahakan bibit lele ukuran 7 - 9 
  • Beli pakan pelet 8 karung ( NB : diberi pakan tambahan, seperti batang ayam, usus ayam, bekecot, azolla microphylla dan lainnya )
  • Dan dalam waktu 2 - 3 bulan kita sudah siap panen, biasanya hasil panen minimal 600 kg dan maksimal 900 kg, 

Bagi pemula sebaiknya berhati - hati dalam memberi makan bibit lele, Karena jika anda salah cara memberi makan bibit ikan lele, Maka pertumbuhannya juga akan lamban, Kemudian seringlah melihat kondisi airnya. Jika airnya sudah bau, Maka harus segera di ganti,dengan air baru.

Cara mengganti air kolam ikan lele ada 2 cara yaitu

1. Air di keluarkan setengan bagian kemudian di isi air yang baru sebanyak air yang dikeluarkan tadi,
2. Mengganti air dengan cara menguras semua airnya kemudian ganti dengan air yang baru

Selamat mencoba dan semoga bisa menjadi seorang peternak iklan lele yang sukses.