Strategi Bisnis Yang Tepat - Info Serba Ada

Breaking

Jumat, 18 November 2016

Strategi Bisnis Yang Tepat


Membangun sebuah strategi bisnis yang tepat bukanlah hal mudah yang bisa dilakukan oleh setiap pebisnis, Karena membutuhkan begitu banyak waktu dan juga resiko yang nantinya akan menghasilkan sebuah strategi bisnis yang baik. Dalam menjalankan sebuah bisnis, Ada hal yang lebih penting dibanding menciptakan produk, Yaitu pemasaran produk dan jasa yang dilakukan dengan handal,

Bisa dikatakan, Sebuah strategi pemasaran merupakan kunci keberhasilan penjualan suatu produk, Karena sehebat-hebatnya anda membuat sebuah produk, Jika anda lemah dalam pemasaran atau marketing, Maka produk anda pun tidak ada nilainya sama sekali. Akan tetapi tidak dapat kita pungkiri bahwa kualitas produk juga tetap perlu diperhatikan karena menjadi poin penting dalam pemasaran tersebut.

Setelah anda memastikan produk anda memiliki kualitas yang baik, Kemudian ciptakanlah strategi pemasaran yang baik dan efektif agar prosesnya dapat berjalan dinamis dan terkontrol. Setiap hari ada ide-ide baru dari para pemasar dalam mempromosikan produk mereka. Jika strategi pemasaran ini benar, Maka pesan yang ada didalamnya akan dapat sampai ke pelanggan dengan baik, yaitu untuk menarik pelanggan agar mau membeli dan setia pada produk mereka.

Dengan strategi promosi bisnis yang tepat, Anda akan menikmati kesuksesan dari segi brand awareness. Bukan hanya itu, anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk mencapai target penjualan secara efektif.

Strategi pemasaran dalam sebuah bisnis terbagi menjadi dua bagian, Yaitu pemasaran secara offline dan pemasaran secara online. Mungkin untuk saat ini strategi pemasaran secara online menjadi solusi yang lebih efektif bagi perkembangan bisnis anda bila dibandingkan dengan menggunakan strategi pemasaran secara offline, Selain itu biaya yang kita keluarkan untuk pemasaran online relatif lebih sedikit bila dibandingkan dengan biaya pemasaran secara offline.

Dan berikut ini sedikit tips dalam mengembangkan strategi bisnis anda secara tepat

1. Memilih Lokasi Yang Strategis

Hal penting yang harus diperhatikan dalam menjalankan sebuah bisnis adalah dalam hal pemilihan lokasi bisnis. Anda bisa melihat contohnya melalui berbagai  bidang usaha yang berdiri di sepanjang jalan yang sibuk dan dilalui oleh banyak orang. Pemilihan lokasi tersebut merupakan salah satu strategi mereka untuk menjaring pelanggan. Karena itu, Pilihlah lokasi bisnis atau usaha yang strategis dan tepat agar usaha anda dapat dijangkau oleh pelanggan.

2. Melakukan Promosi

Anda harus melakukan pengenalan produk / promosi kepada konsumen dengan cara yang kreatif. Sebisa mungkin, anda harus melakukan promosi yang konsisten dan terus-menerus.

Misalnya setiap kali anda bepergian, Anda bisa membawa brosur berisi produk usaha anda untuk dibagikan kepada orang yang dituju, keluarga, rekan kerja, ataupun disebarkan di tempat-tempat umum. Selain itu, amatilah bagaimana promosi yang diterapkan oleh para kompetitor. Jika promosi anda lebih menarik, Silahkan melanjutkan. Namun jika promosi kompetitor jauh lebih menarik, Segera siapkan promosi yang lebih unik, kreatif, dan menarik.

Satu lagi cara promosi yang dapat anda lakukan adalah dengan berpromosi dari mulut ke mulut. Tak dapat dipungkiri bahwasannya cara ini dapat menjaring pelanggan jauh lebih banyak. Dengan berbagai cara ini, anda dapat menemukan pelanggan dengan sendirinya.

3. Gunakan Media Sosial

Melalui media sosial seperti Facebook, Twitter dan sosial media lainnya, Anda dapat melakukan strategi promosi dengan memperkenalkan brand dan juga produk yang ingin Anda pasarkan kepada pengguna media sosial. Dengan metode penggunaan media sosial yang tepat, maka pendekatan yang akan anda lakukan menjadi lebih personal dan juga menjadi ‘lebih dekat’ dengan target market.

Tanpa pendekatan yang baik dengan target market Anda, segala macam strategi pemasaran produk akan sulit dijalankan. Terutama di era digital sekarang ini, Dimana persaingan antar perusahaan menjadi semakin ketat,

4. Menggunakan Jasa Iklan Berbayar

Banyak perusahaan besar yang mempromosikan produk mereka melalui stasiun televisi, Tapi tentu saja anda tidak akan berfikir untuk melakukan hal yang sama, Karena tentunya anda harus menyiapkan biaya yang sangat besar. Akan tetapi masih ada solusi yang cukup jitu untuk pemasaran produk anda, Yaitu dengan menggunakan jasa iklan google atau iklan facebook yang tentunya biayanya relatif lebih murah bila dibandingkan dengan memasang iklan di stasiun televisi. Hal ini merupakan salah satu cara yang cukup efektif dalam mengenalkan produk anda dan menarik banyak pelanggan. Karena sudah banyak juga perusahaan besar yang menggunakan jasa iklan google dan iklan facebook.

5. Menyesuaikan Harga Pasaran

Menentukan harga produk dengan tepat adalah salah satu hal terpenting dalam menentukan kesuksesan bisnis anda, Karena begitu ketatnya persaingan harga dalam dunia bisnis dan banyak juga pebisnis yang menawarkan produk mereka dengan harga yang relatif murah dan tentu saja tetap berkualitas.

6. Memberikan Pelayanan Yang Terbaik

Dalam dunia bisnis, Konsumen adalah raja. Dan slogan ini yang harus tetap kita pertahankan agar bisnis kita dapat berjalan dengan lancar. Cobalah untuk bersikap ramah dan terbuka dalam menerima segala keluhan dari konsumen, Karena sudah cukup banyak pebisnis yang gagal karena tidak dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen, Bahkan banyak juga yang bersikap arogan dan cuek kepada konsumen, Sehingga banyak konsumen yang kecewa dan akan pergi mencari produk lain dengan pelayanan yang terbaik. Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen merupakan kunci terakhir yang harus anda pegang untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

7. Manfaatkan Peluang Yang Ada

Keuntungan yang besar bukanlah segalanya. Sudah banyak sekali kenyataan dalam dunia bisnis bahwa banyak pebisnis yang hanya ingin mendapatkan keuntungan besar tanpa harus bersusah payah untuk mendapatkannya. Jika kita mendapatkan peluang untuk mendapatkan keuntungan, Meskipun keuntungan tersebut tidak terlalu besar dan bahkan sangat kecil. Maka manfaatkanlah peluang tersebut dengan sebaik-baiknya.

8. Berani Mencoba Dan Berani Lelah

Jangan pernah takut untuk mencoba bereksperimen untuk membuat produk baru, Karena dalam sebuah bisnis harus berani melakukan sebuah inovasi baru agar konsumen tidak merasa bosan dan tetap merasa puas dengan produk kita. Selain itu jangan pernah mengeluh dan merasa lelah dalam menjalankan sebuah bisnis, Karena bisnis itu memang lebih membutuhkan waktu, pikiran dan tenaga yang lebih ekstra, Apalagi jika kita masih baru dalam menjalankan bisnis tersebut.

Jika selama anda masih memiliki semangat yang besar dan selalu berfikir positif dan optimis maka silahkan anda lanjutkan bisnis anda sambil terus mencoba menemukan strategi bisnis apa yang paling tepat untuk anda. Melalui strategi yang baik, Maka anda tidak akan mengalami kerugian yang berarti dalam menjalankan bisnis.