Sedekah Dapat Memperpanjang Umur - Info Serba Ada

Semua informasi mengenai lowongan kerja, bisnis online, peluang usaha, kesehatan, pariwisata, kuliner, otomotif, tutorial, nonton film online dan juga info lainnya

Breaking

Rabu, 02 November 2016

Sedekah Dapat Memperpanjang Umur


Sedekah merupakan suatu pemberian yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain secara spontan dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Juga berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang sebagai kebajikan yang mengharap ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala semata.

Sedekah bisa diartikan juga dengan mengeluarkan harta yang tidak wajib di jalan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Tetapi kadang diartikan sebagai bantuan yang non materi, atau ibadah-ibadah fisik non materi, seperti menolong orang lain dengan  tenaga dan pikirannya, mengajarkan ilmu, bertasbih, berdzikir, bahkan melakukan hubungan suami istri juga bisa disebut juga sedekah.

Sedekah lebih utama diberikan kepada kaum kerabat atau sanak saudara terdekat sebelum diberikan kepada orang lain. Kemudian sedekah itu seyogyanya diberikan kepada orang yang betul-betul sedang membutuhkan bantuan. Mengenai kriteria barang yang lebih utama disedekahkan, para fuqaha berpendapat, barang yang akan disedekahkan sebaiknya barang yang berkualitas baik dan disukai oleh pemiliknya.

Akan tetapi begitu banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan dari sedekah secara ikhlas hanya karena mengharapkan keridhoan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Sedekah Dapat Memperpanjang Umur

Seperti di kisahkan dalam dialog antara malaikat maut dan Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam :

Suatu ketika, Malaikat maut mendatangi Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam dan bertanya, “Siapa anak muda yang tadi mendatangimu wahai Ibrahim?”

“Yang anak muda tadi maksudnya?” tanya Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam. “Itu sahabat sekaligus muridku.”
“Ada apa dia datang menemuimu?”
“Dia menyampaikan bahwa dia akan melangsungkan pernikahannya besok pagi.”

“Wahai Ibrahim, sayang sekali, umur anak itu tidak akan sampai besok pagi.” Habis berkata seperti itu, Malaikat Maut pergi meninggalkan Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam. Hampir saja Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam tergerak untuk rriemberitahu anak muda tersebut untuk menyegerakan pernikahannya malam ini dan memberitahu tentang kematian anak muda itu besok. Tapi langkahnya terhenti. Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam memilih kematian tetap menjadi rahasia Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Esok paginya, Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam ternyata melihat dan menyaksikan bahwa anak muda tersebut tetap bisa melangsungkan pernikahannya.

Hari berganti hari, minggu berganti minggu, bulan berganti bulan, dan tahun berganti tahun, Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam malah melihat anak muda ini panjang umurnya.

Hingga usia anak muda ini 70 tahun, Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam bertanya kepada Malaikat Maut, apakah dia berbohong tempo hari sewaktu menyampaikan bahwa anak muda itu umurnya tidak akan sampai besok pagi? Malaikat Maut menjawab bahwa dirinya memang akan mencabut nyawa anak muda tersebut, tapi Allah Subhanahu Wa Ta’ala menahannya.

“Apa gerangan yang membuat Allah Subhanahu Wa Ta’ala menahan tanganmu untuk tidak mencabut nyawa anak muda tersebut, dulu?”

“Wahai Ibrahim, di malam menjelang pernikahannya, anak muda tersebut menyedekahkan separuh dari kekayaannya. Dan ini yang membuat Allah Subhanahu Wa Ta’ala memutuskan untuk memanjangkan umur anak muda tersebut, hingga engkau masih melihatnya hidup.”

Maka jika kita cermati dialog antara Malaikat Maut dengan Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam, dapat di simpulkan bahwa kematian setiap orang adalah di tangan Allah Subhanahu wata'ala, memajukan dan memundurkan kematian adalah hak Allah Subhanahu Wa Ta’ala semata. Dan Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah memberitahukan lewat kalam Rasul-Nya, bahwa sedekah dapat memperpanjang umur dan menunda kematian.

2. Sebagai Pembuka Pintu Rezeki

Dalam Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala:

"Perumpamaan (nafkah yang di keluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." (QS: Al-Baqarah Ayat: 261)

"Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu di kembalikan." (QS: Al-Baqarah Ayat: 245)

3. Sedekah dapat Menghapus Dosa.

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam, bersabda :

"Sedekah dapat menghapus dosa sebagaima air memadamkan api." (HR.Tirmidzi di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi 614 )

4. Terdapat Pintu Surga Khusus Untuk Orang Yang Bersedekah.

“Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan di panggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.”
(HR. Bukhari no.3666, Muslim no. 1027).

5. Sedekah Dapat Membebaskan Dari Siksa Kubur.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib, 873)

6.  Sedekah Menjauhkan Api Neraka

Sesungguhnya sedekah itu walaupun sedikit, tapi memiliki andil untuk menjauhkan kita dari api neraka. Semakin banyak sedekah, semakin jauh kita darinya.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah”. (HR. Al Bukhari 6539, Muslim 1016)

7.  Mendapat Naungan Di Hari Kiamat

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

“Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya.” (HR. Ahmad)

Dari Uqbah bin Amir ia berkata: Aku mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Setiap individu berada dalam naungan sedekahnya sampai dia diadili di antara manusia."

Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah menyebutkan bahwa tujuh hal yang akan menjadi payung yang menaungi pada hari kiamat antara lain seseorang yang bersedekah secara rahasia sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang dilakukan tangan kanannya. (HR. Bukhari Muslim)

8. Menyembuhkan Penyakit

Benarkah sedekah dapat menyembuhkan diri kita dari penyakit?

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” (H.R. Ath-Thabrani)

“Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah!” (HR. Abu Dawud, dihasankan oleh al-Albani dalam Shahihul Jami’).

9. Sedekah Merupakan Salah Satu Amal Yang Tidak Putus Sampai Mati

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Wallahu a’lam

Demikian manfaat sedekah bagi kehidupan kita, Semoga kita menjadi salah satu manusia ahli bersedekah yang hanya mengharapkan keridhoan dari Allah Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar