Manfaat Mentimun Yang Luar Biasa - Info Serba Ada

Breaking

Selasa, 08 November 2016

Manfaat Mentimun Yang Luar Biasa


Mentimun atau yang biasa kita sebut timun merupakan jenis buah yang masuk ke dalam keluarga tanaman seperti labu  dan semangka (keluarga Cucurbitaceae). Kandungan pada buah mentimun sebagian besar terdiri dari (95 persen) air, yang berarti mengkonsumsi ketimun pada hari musim panas, dapat membantu tubuh tetap terjaga dari dehidrasi.

Mentimun yang rendah lemak jenuh, kolesterol, dan sodium ini juga sumber yang baik dari vitamin A, asam pantotenat, magnesium, fosfor dan magnesium. Sementara itu juga tinggi kalium, folat, karbohidrat, seng, Vitamin C dan Vitamin K. Semua nutrisi ini sangat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh, bahkan dapat mengobati penyakit dan meningkatkan proses dalam tubuh.

Selain rasanya yang dapat menyegarkan, buah mentimun ini juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Lalu, manfaat apa saja yang dapat dirasakan dari buah mentimun? Ternyata timun tidak hanya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, tetapi juga sangat berkhasiat untuk dijadikan sebagai perawat kecantikan. Berikut ini merupakan beberapa manfaat mentimun diantaranya adalah sebagai berikut

1. Melindungi Otak

Di dalam mentimun terdapat sejumlah zat yang bernama flavanol (fisetin), yang memiliki manfaat dalam peningkatan memori dan melindungi sel-sel saraf, dari penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Pada penelitian yang dilakukan oleh tikus, senyawa fisetin ini memberikan perlindungan secara progresif terhadap gangguan Alzheimer.

2. Asupan Antioksidan

Mentimun memang kaya dengan beragam jenis antioksidan juga terdiri dari :

  • flavonoid
  • quercetin
  • apigenin
  • luteolin
  • kaempferol
  • termasuk vitamin C dan beta karoten
  • Antioksidan dapat membantu melawan pertumbuhan gejala kanker dan menurunkan resiko penyakit kronis termasuk penyakit jantung.

3. Menjaga Asupan Air Bagi Tubuh

Mentimun mengandung 96% kadar air yang lebih baik dibanding air biasa. Mengkonsumsi timun, dapat menghindarkan diri dari dehidrasi dan tentunya membantu menetralkan toksin dalam tubuh.

4. Menyehatkan Jantung

Kandungan dalam jus mentimun berupa kalium seperti pada manfaat pisang, juga magnesium dan serat yang sangat baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi atau pun rendah. Keseimbangan kalium di dalam maupun di luar sel-sel sangat penting bagi tubuh, untuk mengontrol keadaan tekanan darah dalam tubuh.

Sebagai elektrolit, kalium adalah ion yang memiliki muatan positif yang harus dipertahankan dalam konsentrasi tertentu (sekitar 30 kali lebih tinggi dalam daripada di luar sel) dalam rangka melaksanakan fungsinya. Hal ini meliputi interaksi zat terhadap sodium, untuk membantu transmisi impuls kontrol saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung.

5. Menjaga Berat Badan

Mentimun sangat rendah kalori, yang bekerja seperti manfaat apel untuk diet. Membuat camilan dengan mengisi satu cangkir mentimun, hanya mengandung 16 kalori. Serat larut dalam mentimun bertekstur seperti gel dalam usus, yang membantu untuk memperlambat pencernaan. Perut akan merasa kenyang lebih lama dan inilah yang merupakan salah satu alasan, mengapa makanan kaya serat dapat membantu mengontrol berat badan.

6. Untuk Kesehatan Gigi Dan Gusi

Mengunyah mentimun dapat merangsang kelenjar air liur untuk memproduksi lebih banyak dan dapat mengurangi zat asam pada rongga mulut serta bekteri yang tumbuh di dalamnya. Penyakit gusi lain seperti pyorrea secara efektif dapat diobati oleh ketimun.

7. Membantu Menyembuhkan Gejala  Asam Urat

Vitamin A, B, Folat, Kalium, Magnesium dalam mentimun yang dicampur dengan jus wortel untuk mendapatkan manfaat wortel, mampu meredakan nyeri astritis dan kadar asam urat dalam tubuh.

8. Dapat Mencegah Peradangan

Mengkonsumsi timun sangat berkhasiat untuk mencegah peradangan, cara mengkonsumsinya dapat secara langsung atau dijadikan sebagai campuran sirup atau dijadikan jus bersama buah-buahan lainnya.

9. Menurunkan Kadar Gula Dan Kolesterol

Meminum jus timun secara rutin dapat memenuhi hormon yang sangat dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin di dalam tubuh. Hormon tersebut mampu mengontrol kadar gula dalam darah bagi seseorang yang menderita diabetes. Selain itu, kandungan senyawa sterol nya dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

10. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi anda yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi (hipertensi), meminum jus timun merupakan solusi yang tepat untuk membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan, timun mengandung kalium, magnesium dan serat alami yang sudah terbukti keampuhannya.

11. Menjaga Kesehatan Ginjal

Mentimun ternyata juga mampu menjaga kesehatan ginjal dan kantung kemih. Kandungan air pada mentimun membantu kinerja ginjal dalam memproduksi urine (urinasi).

12. Mencegah Kanker

Mentimun mengandung lariciresol, pinoresol, dan secoisolariciresinol. Ketiga kandungan tersebut sangat berperan dalam menghambat pertumbuhan kanker antara lain kanker usus, kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahim, dan kanker prostat. Ingin mengetahui makanan yang dapat mencegah kanker lainnya.

13. Menjaga Kesehatan Mata

Mungkin anda hanya mengetahui kalau hanya wortel makanan yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Ternyata mentimun juga bermanfaat bagi mata karena mentimun juga mengandung vitamin A. Meletakkan irisan mentimun pada kelopak mata juga mampu merelaksasi otot dan saraf mata sehingga mata tidak mudah lelah yang dapat memicu penurunan kesehatan mata itu sendiri. Selain itu, mengkonsumsi mentimun juga dapat mencegah retensi air yang dapat memicu pembengkakan di sekitar mata.

14. Bermanfaat Untuk Kecantikan Kulit

Untuk merawat kecantikan seperti menghaluskan kulit, menghilangkan jerawat, mengatasi kulit berminyak, dan mengatasi masalah kesehatan rambut. Hal ini dikarenakan, timun kaya akan nutrisi dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh kulit dan rambut kita.

15. Mengurangi Lingkaran Hitam Pada Mata

Kandungan zat silika pada mentimun dapat membantu peremajaan kulit sekitar mata. Cukup kompres saja dengan potongan ketimun pada mata anda.

16. Mengurangi Bintik Hitam

Parutan Mentimun yang dibaluri ke daerah wajah dan leher, dipercaya mampu mengurangi bintik-bintik hitam akibat paparan matahari. Hal ini karena timun dapat digunakan sebagai tonik alami.

17. Mencegah Kerutan Pada Kulit

Manfaat mentimun memberikan rasa kesegaran yang alami bagi kulit, karena sifatnya yang mengandung air sehingga baik untuk membersihkan wajah dan melembabkan kulit. Potongan timun cukup di tempelkan pada kulit secara rutin.

18. Menjaga Kulit Awet Muda

Biji pada mentimun sangat bermanfaat untuk membuat kulit wajah awet muda. Oleh karena itu, jika membuat jus mentimun, jangan buang bijinya. Pada biji mentimun terkandung vitamin E dan potassium yang berfungsi untuk mengurangi garis halus, keriput, dan noda hitam pada wajah.

Bagi anda yang ingin mencoba khasiat dari buah timun ini, sangat disarankan agar tidak berlebihan. Karena efek samping mentimun jika pemakaian atau mengkonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti

  • Dapat menyebabkan Alergi, terutama di sekitar rongga mulut yang menimbulkan gatal dan pembengkakan. Hal ini dapat dicegah dengan cara memasaknya sebelum dikonsumsi/tidak dimakan dalam bentuk mentah . 
  • Dapat menyebabkan masalah gastritis dan gangguan pencernaan pada beberapa orang, hal ini terutama karena disebabkan kandungan senyawa cucurbitacin pada mentimun. 
  • Mentimun juga bisa menyebabkan keracunan dan kebotakan karena mengandung bahan kimia tertentu. Hal ini biasanya akan terjadi jika seseorang mengkonsumsi mentimun dalam jumlah berlebihan. Untuk menghindari hal ini, hindari juga memilih buah ketimun yang berkulit keriput – atau yang memiliki rasa agak pahit.


Semoga bermanfaat.