Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah - Info Serba Ada

Semua informasi mengenai lowongan kerja, bisnis online, peluang usaha, kesehatan, pariwisata, kuliner, otomotif, tutorial, nonton film online dan juga info lainnya

Breaking

Sabtu, 05 November 2016

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah


Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah. Semua orang pasti sudah pernah mengalami masalah yang satu ini. Jerawat sangat sering menyerang saat kita masih berusia remaja, namun tak menutup kemungkinan ketika dewasa pun jerawat masih saja muncul. Alasannya tentu kita semua sudah tau, Karena kondisi hormon yang tak stabil mengakibatkan produksi minyak berlebihan di kulit.

Jerawat atau acne vulgaris dalam istilah medis, pada dasarnya adalah benjolan yang timbul akibat penyumbatan pori atau peradangan pada kulit yang disertai dengan nanah atau darah. Banyak faktor yang dapat memicu timbulnya jerawat diantaranya infeksi akibat bakteri P. acne, kulit berminyak, ketidakseimbangan hormon, pola makan yang tidak sehat dan lain sebagainya.

Memang ada banyak cara dan solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat yang muncul pada wajah. Diantaranya seperti membeli beragam obat di apotik, menggunakan bahan-bahan alami dan pergi ke dokter atau klinik yang memang berpengalaman dibidangnya. Menggunakan obat yang mengandung bahan kimia bukanlah sebuah solusi yang bijaksana dalam mengobati jerawat, Karena memiliki resiko yang sangat tinggi yang bisa jadi malah akan lebih merusak wajah. Alangkah lebih baik jika secara langsung melakukan konsultasi pada dokter sehingga akan lebih cepat sembuh. Cara lain yang cukup efektif, murah dan tak beresiko adalah menggunakan bahan-bahan alami atau bahan tradisional dalam mengatasi masalah jerawat.

berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa membantu mengatasi masalah jerawat di wajah anda.

1. Masker Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin E yang dapat menembus pori – pori kulit  dan akan membantu mengurangi peradangan pada kulit

  • Ambil daging buah alpukat dan masukkan ke dalam wadah
  • Haluskan daging buah alpukat
  • Tambahkan satu sendok madu lalu aduk hingga rata
  • Aplikasikan masker pada wajah yang berjerawat selama 15 – 20 menit
  • Bilas dengan air hangat

2. Lemon

Asam askorbat-L yang terkandung dalam lemon dapat mengurangi masalah peradangan pada kulit berjerawat serta membersihkan pori – pori wajah yang tersumbat. Lemon juga dikenal baik sebagai pencerah kulit dan penghilang noda pada wajah.

  • Siapkan satu buah lemon
  • Tekan sedikit lemon, potong menjadi dua bagian, lalu peras
  • Oleskan pada wajah anda
  • Biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk
  • Lakukan perawatan ini secara rutin sekali dalam sehari untuk mengatasi masalah jerawat

3. Ketimun

Tidak kita sadari bahwa ketimun memiliki manfaat yang luar biasa untuk kulit. Ketimun kaya akan antioksidan, mineral, asam amino dan vitamin C yang berkhasiat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, membersihkan jerawat serta melembabkan kulit.

  • Potong ketimun tipis tipis lalu aplikasikan pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama kurang lebih 15 menit
  • Bilas wajah dengan air hangat

4. Kulit Jeruk

Vitamin C dan asam alpha hidroksi dalam kulit jeruk mampu membersihkan pori – pori kulit yang tersumbat debu dan kotoran serta mengangkat sel kulit mati.

  • Keringkan kulit jeruk di bawah matahari selama beberapa hari sampai benar benar kering.
  • Haluskan kulit jeruk yang telah dikeringkan tadi
  • Tambahkan air secukupnya pada bubuk kulit jeruk dan aduk hingga menjadi pasta
  • Oleskan pasta pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama beberapa menit
  • Bilas dengan air hangat

5. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai bahan alami yang ampuh mengatasi masalah jerawat. Lidah buaya mengandung banyak zat aktif yang dapat mengusir jerawat. Beberapa diantaranya adalah hormon giberelin dan polisakarida yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat serta antioksidan, mineral, vitamin C dan E yang mempercepat penyembuhan kulit yang berjerawat.

  • Potong lidah buaya menjadi dua bagian
  • Potong bagian samping lidah buaya yang berduri
  • Iris bagian atas untuk mengambil gelnya, kemudian masukkan ke dalam wadah
  • Haluskan gel lidah buaya
  • Oleskan gel lidah buaya pada area kulit yang berjerawat
  • Biarkan selama 3 – 5 menit
  • Bilas dengan air dingin

6. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi mengikis sel kulit mati, dan antioksidan serta vitamin yang dapat mencerahkan kulit wajah, mengatasi kulit kemerahan akibat jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit.

  • Bersihkan pepaya dan potong menjadi beberapa bagian
  • Haluskan pepaya hingga menjadi bubur
  • Tambahkan satu sendok madu atau lemon (opsional)
  • Oleskan pada area wajah yang berjerawat
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit
  • Bilas dengan air hangat

7. Bawang Putih

Tidak diragukan lagi, bawang putih adalah salah satu bahan alami yang efektif menghilangkan jerawat. Bawang putih mengandung senyawa thiacremonon sulfur yang dapat mengeringkan jerawat serta senyawa allicin yang bersifat antiseptik yang mampu menangkal bakteri penyebab jerawat. Akan tetapi bawang putih tidak dianjurkan bagi anda yang memiliki kulit wajah yang sensitif, Karena memiliki sifat yang sangat pedas atau panas saat kita tempelkan di kulit.

  • Haluskan bawang putih lalu oleskan pada jerawat
  • Diamkan selama beberapa menit atau sekitar 5 menit saja
  • Bilas dengan air hangat

Selain mengenai pengobatan jerawat, Sepertinya penting juga bagi kita semua untuk membahas bagaimana cara mencegah jerawat agar tidak tidak timbul kembali setelah kita melakukan pengobatan. Dan berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah jerawat datang kembali.

Cara Mencegah Jerawat

1. Membersihkan Wajah

Sebaiknya jika tidak ingin terkena masalah jerawat, Sebaiknya anda harus mencegah jerawat timbul dengan rajin membersihkan wajah. Minimal Anda membersihkan wajah pada saat mandi dua kali sehari dan ketika akan tidur.

Hindari penggunaan handuk yang kasar untuk mengelap wajah Anda. Sebaiknya gunakan tangan untuk membersihkan wajah dengan sabun dan pilih handuk bayi yang halus. Perhatikan juga mengenai kebersihan handuk yang Anda kenakan. Apabila handuk yang digunakan tidak bersih maka kuman yang ada dihanduk menempel dimuka yang menyebabkan terjadinya jerawat.

2. Perhatikan Rambut Anda

Jika rambut anda panjang dan memiliki poni yang menyebabkan diarea sekitar poni berjerawat maka singkirkan poni tersebut. Mulailah peduli dengan shampo dan konditioner yang anda pakai. Usahakan yang memilih yang membuat rambut menjadi lembut dan tidak menimbulkan jerawat di area poni. Dengan rambut yang lembut dan halus selain membuat rambut lebih sehat juga menghindarkan dari terjadinya peradangan pada kulit yang menyebabkan timbulnya jerawat

3. Hindari Memegang Wajah Dengan Tangan

Hindari kontak antara tangan dengan muka karena dapat memicu terjadinya jerawat. Terlebih lagi jika tangan anda tidak bersih dan memiliki tipe muka yang sensitif. Hal ini dapat memicu timbulnya jerawat. Cuci bersih  tangan jika akan memegang wajah anda.

4. Rajin Berolahraga

Jangan menggira bahwa olah raga hanya untuk menyehatkan organ dalam saja. Olah raga yang rutin dapat membantu mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat. Selain itu dengan berolahraga secara rutin akan membuang racun yang berada di dalam tubuh kita dan juga membuat wajah kita menjadi lebih segar.

5. Konsumsi Air Putih

Dengan banyak mengkonsumsi air putih maka akan membantu anda untuk melarutkan minyak dan lemak yang ada didalam tubuh dan juga di wajah kita, Sehingga wajah kita pun akan terhindar dari jerawat dan tidak terlihat kusam.

Demikian beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Bahan alami lebih aman digunakan dibanding dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Meskipun bahan kimia memang bisa mengatasi jerawat secara cepat akan tetapi obat-obatan kimia tersebut dapat menimbulkan efek samping jika digunakan secara terus menerus.

Penggunaan bahan alami untuk mengatasi jerawat memerlukan kesabaran dan ketekunan. Oleh karena itu, gunakan bahan alami secara rutin dan disiplin untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar