Cara Mengatasi Sulit BAB Secara Alami - Info Serba Ada

Breaking

Jumat, 11 November 2016

Cara Mengatasi Sulit BAB Secara Alami


Buang air besar (BAB) adalah kegiatan rutin yang selalu kita lakukan. Buang air besar biasanya akan dilakukan sesuai kebiasaan kita sehari-hari, apabila BAB biasa dilakukan pada pagi hari, maka kegiatan BAB akan selalu terjadi pada pagi hari.

Dengan kebiasaan tersebut, kita dapat melihat kesehatan kita dari segi sistem pencernaan. Bagi yang biasanya buang air besar pagi hari dan buang air lagi pada waktu yang berbeda dari biasanya, ada kemungkinan sistem pencernaan kita sedang terganggu. Dengan begitu, kita dapat mengetahui bahwa kita sedang tidak sehat atau sedang ada gangguan pada sistem pencernaan kita.

Susah buang air besar bukanlah sebuah gangguan kesehatan yang jarang terjadi, karena hampir semua orang pernah mengalami susah buang air besar. susah buang air besar sering di anggap ringan, Namun bahaya juga apabila tidak buang air besar dalam jangka waktu yang lama karena efeknya bisa mengganggu kesehatan tubuh yang lainnya karena ada banyak kotoran di dalam tubuh yang menumpuk dan tidak di buang dengan baik. susah buang air besar bisa terjadi oleh orang dewasa, remaja, dan juga pada anak anak, Oleh karena itu susah buang air besar bisa terjadi oleh semua kalangan usia. Susah buang air besar terjadi akibat dari dampak buruk yang gaya hidup tidak sehat, maka dari itu keinginan untuk buang air besar tidak ada sama sekali sampai beberapa hari. Atau walaupun ada makan akan sulit untuk mengeluarkan feses. Susah buang air besar yang hanya singkat dan tidak sering tidak akan banyak berpengaruh, namun apabila cukup sering yang berpengaruh.

Perhatikan dengan seksama beberapa poin penting mengenai limbah manusia ini.

1. Sebagian besar feses adalah air

Feses mungkin terlihat padat (kecuali Anda terkena diare) tetapi sebenarnya kotoran anda terdiri dari 75% air. Dan dari materi padat itu, Sekitar sepertiganya adalah bakteri mati. Elemen ketiga adalah makanan yang sulit dicerna (yang meliputi bagian luar biji jagung yang bisa Anda lihat di feses). Sisanya adalah kolesterol dan lemak, protein serta zat-zat anorganik seperti besi fosfat. Ini semua dikumpulkan di sepanjang saluran pencernaan dari mulut Anda ke bagian bawah tubuh.

2. Feses bisa seperti pelangi

Apa yang Anda makan bisa mempengaruhi warna feses anda. Begitu pula kondisi kesehatan dan obat-obatan tertentu mempengaruhi warnanya. Hasil akhirnya bisa berwarna hijau, kuning pucat, abu-abu, hitam, atau merah marun. Feses berwarna hijau terang bisa menunjukkan transisi cepat dari usus di mana cairan empedu tak punya waktu untuk berubah menjadi coklat. Hal ini bisa terjadi jika Anda terkena diare, misalnya. Feses berwarna cokelat pucat atau kekuningan mungkin menunjukkan Anda memproduksi garam empedu terlalu sedikit. Feses berwarna putih keabuan atau kuning sangat pucat juga bisa menunjukkan masalah pada organ-organ dalam seperti hati.

3. Jika Feses anda merah, itu artinya peringatan keras

Yang paling penting, feses bisa memberitahu kita tentang kesehatan, Apakah kita memiliki tumor usus atau tidak. Tumor usus sering mengandung darah sehingga anda harus selalu berbicara dengan dokter jika anda melihat darah setelah buang air besar ditemukan baik di luar feses, di kertas toilet setelah anda membersihkan anus atau di dalam closet.

4. Tapi tak semua feses dengan darah berarti kanker usus

Wasir, fisura anal, polip usus, tukak lambung dan berbagai penyakit pencernaan lainnya juga bisa menyebabkan perdarahan yang anda temukan di closet. Demikian juga, feses berwarna hitam, merah atau marun juga mungkin merupakan akibat dari konsumsi tablet zat besi atau sering menjejali tubuh anda dengan licorice (gula berwarna gelap) atau blueberry. Kadang-kadang anda bisa mengalami beberapa hal. Dokter anda adalah orang yang tepat untuk ditemui.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Scandinavian Journal of Gastroenterology menyebutkan bahwa sebaiknya memang kita buang air besar setiap hari. Berdasarkan studi tersebut, jadwal yang sehat untuk buang air besar berkisar dari satu hingga tiga kali sehari, dan bisa berbeda dari satu hari ke hari lainnya.

Kotoran manusia adalah sampah atau limbah tubuh dan anda perlu membersihkan atau membuangnya setiap hari untuk memastikan anda menghilangkan racun dari tubuh dengan baik. Beberapa orang bahkan buang air besar setiap kali mereka selesai makan.

Namun Bernard Aserkoff, M.D., doktor di GI Unit Massachusetts General Hospital, Boston mengatakan kepada WebMD bahwa tidak ada jadwal buang air besar yang normal, yang ada hanya rata-rata.

“Rata-rata ada yang sekali atau dua kali sehari,” ujar Bernard. “Tapi banyak orang yang buang air besarnya lebih dari itu, dan beberapa malah lebih sedikit. Mungkin setiap dua hari sekali, atau ada juga yang sekali atau dua kali seminggu. Sepanjang Anda merasa nyaman, Anda tidak perlu melakukan BAB sering-sering.”

Faktor Penyebab Susah Buang Air Besar

Tidak merasa ingin buang air besar yang berlangsung beberapa hari perlu di khawatirkan, karena kejadian seperti itu jika terjadi akan memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh. ada faktor penyebab susah buang air besar dan juga faktor risiko yang membuat seseorang susah buang air besar. seperti berikut beberapa faktor penyebab susah buang air besar :

1. Makanan

Makanan merupakan salah satu faktor penyebab susah buang besar dan makanan yang menjadi faktor penyebab susah buang air besar ialah makanan yang kurang memiliki serat. Kandungan serat yang tidak sedikit atau juga karena terlalu banyak bisa menjadi penyebab susah buang air besar. Karena makanan yang kurang serat atau lebih serat di konsumsi sehari hari maka dampaknya akan menyebabkan susah buang air besar atau susah buang air besar juga bisa dialami apabila pola makan tidak teratur setiap harinya.

2. Kurang Minum

Faktor penyebab susah buang air besar juga bisa dialami karena kurang minum. Kurang cairan akan menghambat kerja organ tubuh, dan juga akan menyebabkan dehidrasi bahkan anemia ringan. Oleh karena itu jika setiap harinya tidak pernah mencukupi kebutuhan air bisa menderita susah buang air besar atau konstipasi.

3. Kurang Berolahraga

Tidak hanya bisa karena kurang minum dan kurang makanan berserat saja, Akan tetapi faktor penyebab susah buang air besar juga bisa dialami apabila kurang olahraga. Kurang berolahraga juga akan menghambat kerja organ tubuh sama seperti kurang cairan. Oleh karena itu jika kurang olahraga juga bisa mengalami susah buang air besar, karena fungsi tubuh tidak secara maksimal.

4. Obesitas

Berat badan yang sudah melampaui batas normal yaitu karena obesitas. Karena obesitas akibat kurang olahraga dan makan tidak di kontrol dengan baik akan menumpuknya lemak dan juga akan ada penumpukan limbah tubuh. oleh karena itu obesitas bisa menjadi faktor penyebab susah buang air besar.

5. Adanya Penyakit Serius

Ada beberapa penyakit yang gejalanya atau pun tandanya berupa susah buang air besar. Seperti penyakit tifus atau yang lebih parah yaitu penyakit kanker usus bisa menyebabkan susah buang air besar.

6. Stress

Yang akan menghambat buang air besar juga bisa akibat rasa cemas berlebih karena stress. Stress akan mengganggu kesehatan juga dan akan memberikan dampak berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan yang salah satunya juga susah buang air besar.

7. Efek Samping Obat

Faktor penyebab susah buang air besar bisa karena terlalu sering mengkonsumsi obat obatan kimia. mengkonsumsi obat obatan kimia berlebihan bisa mengganggu fungsi organ pencernaan juga sehingga akan menyebabkan susah buang air besar.

Susah buang air besar yang sering terulang dan juga sering kambuh dalam jangka waktu lama maka sebaiknya diatasi agar tidak membahayakan kesehatan tubuh anda. Mengatasi susah buang air besar sebaiknya dengan mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu, Sehingga bisa diatasi dengan mudah. Karena apabila susah buang air besar tidak diatasi bisa membuat perut buncit semakin menjadi. Atau juga bisa menyebabkan penyakit wasir, Karena semakin lama susah buang air besar maka akan semakin banyak feses yang menumpuk dan dampaknya akan menekan pembuluh darah pada rektum yang lama kelamaan akan menyebabkan wasir.

Lancar buang air besar merupakan kunci utama untuk memulai hidup sehat. Dengan buang air besar yang teratur dan lancar, Maka hal tersebut merupakan sebuah tanda proses pencernaan dan metabolisme yang berjalan dengan sempurna. Setidaknya setiap orang membuang air besar 1 kali setiap hari. Dan kebanyakan orang lebih nyaman melakukannya di pagi hari sebelum mereka memulai aktifitas. Namun karena berbagai hal, Banyak orang merasa kesulitan mengatur jadwal buang air besar. Tidak akan terasa nyaman bukan, Apabila perut kita tidak kompak dan mulai terasa mulas pada saat kita sedang beraktivitas.

Karena ada bahaya yang akan dialami ketika menderita susah buang air besar, oleh sebab itu cara mengatasi susah buang air besar sebaiknya segera dilakukan agar tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan yang baru dan lebih parah.

Dan berikut ini adalah cara mengatasi sulit BAB secara alami

1. Rajin Minum Air Putih

Air putih memiliki begitu banyak manfaat bagi tubuh terutama untuk melancarkan buang air besar. Air putih bekerja dengan cara membantu proses pencernaan sehingga memudahkan pembuangan limbah. Kita dianjurkan untuk minum setidaknya 8 gelas air putih setiap hari untuk menjaga kesehatan pencernaan dan keseimbangan cairan di dalam tubuh.

2. Rajin Berolahraga

Aktivitas fisik menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa. Aktivitas fisik seperti olahraga membantu anda mendapatkan pencernaan yang sehat. Dengan kita banyak bergerak, Maka proses metabolisme tubuh bisa berjalan dengan baik termasuk proses pembuangan limbah. Lakukan aktivitas fisik setidaknya 2-3 kali dalam seminggu dengan durasi sekitar 20-40 menit. Jika anda tidak mampu melakukan olahraga berat, Mulailah dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau olahraga ringan lainnya.

3. Mengkonsumsi Buah Dan Sayur
.
Buah dan sayur merupakan makanan paling sehat bagi tubuh kita. Keduanya mengandung tinggi serat dan air yang secara alami dapat melancarkan buang air besar. Serat membantu pergerakan usus sehingga mempermudah proses pembuangan. Pilihlah jenis buah sehat seperti pepaya, anggur, pisang, buah naga, jeruk dan melon. Selain buah, Sayur juga merupakan makanan alami yang berguna mempermudah BAB karena mengandung tinggi serat.

4. Beralih Ke Protein Nabati

Terlalu banyak mengkonsumsi daging dapat mengganggu proses pencernaan sehingga akan menyulitkan buang air besar. Hal ini akan semakin parah jika kita tidak suka mengkonsumsi buah dan sayur. Untuk memperlancar buang air besar anda bisa memanfaatkan sumber protein nabati seperti kacang, kedelai, brokoli dan biji-bijian. Protein nabati umumnya menjadi pilihan bagi pelaku diet karena lebih rendah lemak. Meskipun demikian, Anda tetap membutuhkan asupan protein hewani sebagai penyeimbang nutrisi.

5. Menghindari Stress

Selain berdampak buruk bagi kesehatan, stress juga bisa mengganggu proses pencernaan tubuh sehingga menyebabkan sulit BAB. Stress memang bukan penyabab umum sulit BAB, Tetapi jika dibiarkan mungkin bisa sangat berpengaruh kepada sistem tubuh anda yang nantinya dapat menghambat proses pencernaan. Stress bisa dicegah dengan cara sederhana seperti bernafas dalam, berfikir positif, dan istirahat yang cukup.

6. Mengkonsumsi Makanan Fermentasi

Mengkonsumsi makanan fermentasi adalah salah satu rahasia penyembuhan sembelit. Makanan fermentasi seperti yogurt dilengkapi dengan probiotik alami yang mampu menekan pertumbuhan bakteri merugikan di usus. Yang harus diperhatikan adalah anda hanya perlu mengkonsumsi sejumlah kecil makanan yang difermentasi, Karena makanan ini juga tidak baik dikonsumsi secara berlebih.

7. Makan Dengan Perlahan

Mengunyah makanan dengan perlahan-lahan  akan membantu tubuh menyerap nutrisi dengan sempurna. Sebaliknya, Jika terburu-buru saat mengunyah makanan, Maka tubuh tidak akan memposes makanan dengan benar sehingga pengurain nutrisi akan lebih sulit, Dampaknya kita akan mengalami kesulitan saat BAB. Selain itu, kombinasikan antara makanan tinggi karbohidrat dan serat untuk mengurangi beban pada tubuh dan mempercepat pencernaan.

8. Detoksifikasi Tubuh

Melakukan detoksifikasi tubuh merupakan cara yang bagus untuk memperlancar BAB. Ada banyak makanan yang bisa digunakan untuk membersihkan usus besar, Diantaranya seperti lidah buaya. Jus lidah buaya memiliki sifat detoksifikasi alami yang ketika dikonsumsi akan membantu pengeluaran racun dari tubuh sekaligus menenangkan peradangan internal pada lapisan pencernaan. Selain berguna untuk memperlancar buang air besar, Detoksifikasi juga bermanfaat mencegah penyakit berbahaya termasuk kanker.

9. Hindari Tidur Setelah Makan

Untuk memperlancar BAB usahakan anda tidak langsung tidur setelah makan. Tidur setelah makan dapat menyebabkan proses pencernaan menjadi tidak stabil sehingga makanan tidak bisa diproses dengan baik. Untuk menghindari hal ini sebaiknya lakukan aktivitas ringan setelah makan.

Makanan untuk melancarkan buang air besar


1. Ubi Jalar

Makanan ini sangat baik untuk sistem pencernaan anda karena diperkaya dengan serat makanan yang membantu proses pencernaan. Selain kaya dengan serat, Ubi jalar juga mengandung karbohidrat kompleks, vitamin B6 dan C yang berguna membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik. Menurut penelitian terbaru, cyanidins, peonidins dan fitonutrien yang terdapat dalam ubi jalar bermanfaat membantu menurunkan risiko masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh logam berat dan radikal oksigen.

2. Buah pepaya

Buah ini sering disebut sebagai pencahar alami, Hal ini disebabkan buah pepaya mengandung kadar air dan serat yang tinggi dan sangat berguna untuk melancarkan buang air besar. Selain buah pepaya, sebenarnya ada banyak jenis buah yang memilki manfaat sama, diantaranya semangka, melon, anggur, jeruk, tomat dan sawo.

3. Brokoli

Sayur ini mengandung antioksidan penting yang berguna mencegah kanker, Termasuk kanker usus besar. Brokoli juga mengandung serat yang jika dikonsumsi secara rutin bisa membantu memperlancar buang air besar. Jika anda menyukai makan brokoli mentah, Itu lebih baik karena kandungan nutrisinya masih terjaga dengan baik, Tetapi memasaknya sebentar juga tidak masalah, karena kandungan serat dalam brokoli tidak akan hilang melalui proses memasak, Akan tetapi kandungan vitamin di dalamnya mungkin akan sedikit menurun.

4. Kentang

Makanan ini sangat baik untuk memperlancar BAB karena diperkaya dengan serat makanan. Belum lagi kentang juga tinggi mineral penting termasuk zat besi yang membantu mencegah anemia.

5. Sayuran Segar

Hampir semua jenis sayuran baik untuk kesehatan. Sayuran merupakan sumber vitamin, serat, mineral dan antioksidan yang bermanfaat mencegah berbagai macam penyakit. Serat di dalam sayuran juga memberikan efek yang menguntungkan bagi kesehatan pencernaan sehingga membantu melancarkan pencernaan.

6. Buah Pisang

Buah pisang sering dikonsumsi untuk melancarkan buang air besar karena memiliki tekstur yang lembut dan mengandung tinggi serat. Selain itu, Protein dalam pisang juga membantu memperbaiki dan memelihara jaringan saluran pencernaan sekaligus memperlambat pencernaan karbohidrat. Tidak hanya itu, Pisang juga dianjurkan bagi penderita diare, Karena membantu mengembalikan elektrolit dan kalium yang hilang ketika mengalami diare.

Demikianlah beberapa cara yang bisa kita terapkan di dalam kehidupan sehari - hari untuk dapat mengatasi susah BAB dan juga mengetahui cara pencegahannya. Semoga bermanfaat bagi kita semua agar dapat tetap hidup sehat.