Segudang Manfaat Daun Sirih Untuk Berbagai Penyakit - Info Serba Ada

Semua informasi mengenai lowongan kerja, bisnis online, peluang usaha, kesehatan, pariwisata, kuliner, otomotif, tutorial, nonton film online dan juga info lainnya

Breaking

Rabu, 26 Oktober 2016

Segudang Manfaat Daun Sirih Untuk Berbagai Penyakit


Sirih merupakan tanaman merambat asli Indonesia yang biasanya dikunyah bersama dengan kapur dan pinang, masyarakat menyebutnya dengan nyirih. Namun tentunya disetiap daerah menyebutnya dengan nama yang berbeda, misalnya di Jawa disebut dengan nginang.

Masyarakat jaman dulu mengunyah daun ini bukan tanpa alasan. Dalam dunia medis, mengunyah daun sirih bermanfaat sekali untuk mencegah kanker mulut, gigi berlubang, menghilangkan bau mulut, dan sariawan. Tidak hanya itu saja, manfaat daun sirih untuk pengobatan herba pun juga sangat luar biasa.

Tanaman bernama latin piper batle l. tersebut dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat karena mengandung minyak atsiri, kavikol, gula, seskuiterpen, zat samak, pati, dan juga minyak terbang atau betlephenol.

Daun sirih ada dua jenis, yaitu daun sirih hijau dan merah. Daun sirih hijau lebih cenderung bersifat antiseptik, sehingga sering digunakan untuk membasmi bakteri atau kuman. Sedangkan daun sirih merah lebih terkenal pada khasiat pengobatan penyakit berbahaya seperti kanker, darah tinggi, stroke, dll.

Berikut ini adalah manfaat daun sirih untuk mengobati berbagai macam penyakit

1. Mengobati penyakit asma

Caranya, siapkan 4-5 daun sirih, rebus daun tersebut dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Minum rebusan tersebut dengan rutin setidaknya 2-3 gelas sehari.

2. Menyembuhkan radang tenggorokkan

Rebus 4-5 daun sirih dalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum rebusan tersebut secara rutin 2-3 gelas sehari atau anda bisa mengunyah 3 lembar daun sirih sekaligus sebelum tidur.

3. Mengobati batuk

Manfaat daun sirih lainnya adalah untuk mengobati batuk. Rebuslah 5 daun sirih merah dalam 300 ml air, minum rebusannya 2 kali setiap hari secara teratur.

4. Mengobati penyakit Bronchitis

Untuk mengobati penyakit ini, yang Anda butuhkan adalah 6–10 daun sirih yang direbus dengan 300 ml air hingga tersisa setengahnya saja. Minum rebusan tersebut 3 kali sehari secara teratur.

5. Obat luka bakar ringan

Caranya, tumbuk 3-5 lembar daun sirih merah dengan 2 sendok teh madu. Oleskan pada luka sehari dua kali.

6. Menyembuhkan iritasi dan juga sakit mata

Manfaat daun sirih yang cukup dikenal adalah untuk mengobati iritasi dan sakit mata. Rebus 5-7 lembar daun sirih dalam 2 gelas air, tunggu sampai dingin. Gunakan air rebusan tersebut untuk mengompres atau sebagai obat tetes.

7. Melancarkan haid

Rebus 3 lembar daun sirih, 10 gram mahkota dewa, 15 gram umbi dewa dalam 2 gelas air sampai hanya tersisa 1 gelas saja. Minum rebusan tersebut 2 kali sehari.

8. Mengatasi masalah keputihan

Caranya, rebus 5 -10 daun sirih merah dalam 250 ml air. Setelah dingin, saring airnya, dan gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan.

9. Menghilangkan bau mulut

Rebus 10-15  daun sirih dalam 4 gelas air sampai tersisa setengahnya. Gunakan untuk berkumur.

10. Obat gusi berdarah

Rebus 10 lembar daun sirih merah dengan 4 gelas air sampai mendidih. Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur setidaknya 3 kali dalam sehari.

11. Menghilangkan bau badan

Rebus 10-15 lembar daun sirih dan 1 sendok teh garam dalam 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Minum air rebusan 2 kali sehari.

12. Menghilangkan keringat berlebih

Manfaat daun sirih yang lain adalah mampu mengendalikan senyawa kavicol dan estragol pada produksi kelenjar keringat. Caranya, oleskan hasil tumbukan dari 2 lembar daun sirih pada area ketiak secara teratur. Anda juga bisa meminum rebusan air daun sirih sebanyak 2 gelas setiap hari.

13. Obat asam urat

Caranya rebus 8 lembar daun sirih muda dalam 500 ml air sampai menyisakan 3 gelas saja. Minumlah dengan teratur 75 ml air rebusan 3 kali sehari.

14. Mengobati diare

Caranya, tumbuk halus 4-6 lembar daun sirih, 1 sendok makan minyak kelapa, dan 6 biji lada, kemudian gosokkan pada perut biarkan sampai mengering.

15. Obat mimisan

Untuk mengobati mimisan, cukup dengan menggulung dan memasukkan daun sirih yang layu ke dalam hidung yang mimisan untuk penyumbat pendarahan.

16. Sebagai obat maag

Siapkan 7 lembar daun sirih merah kemudian direbus dan diminum secara teratur 3 kali sehari.

17. Obat radang paru-paru

Caranya, rebus 5 – 7 lembar daun sirih merah tua dalam 500 ml air sampai tersisa setengahnya saja. Minum secara rutin 3 kali sehari.

18. Bisul

Tumbuklah 10 lembar daun sirih hingga halus, Tempelkan ke bagian bisul dan tutup dengan kain dan diamkan hingga mengering, lalu ganti dengan bahan baru.

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat daun sirih yang bisa kita gunakan untuk berbagai macam penyakit lainnya, Dimulai dari penyakit ringan sampai pada penyakit yang berat.

Namun, apabila kita mengkonsumsi secara belebihan dapat menimbulkan efek samping. Beberapa hal yang seringkali menjadi efek samping pada daun sirih adalah sebagai berikut :

1. Daun Sirih yang diminum

Beberapa orang seringkali mengkonsumsi rebusan daun sirih setiap hari untuk pencegahan penyakit tertentu. Hal ini sebenarnya kurang baik karena salah satu manfaat daun sirih adalah antiseptik dan antibiotik yang cukup kuat. Jika dikonsumsi setiap hari akan memiliki efek samping yang kurang baik bagi pencernaan. Seperti yang kita ketahui, dalam organ pencernaan kita hidup bakteri jahat dan bakteri baik. Dengan konsumsi rebusan air daun sirih setiap hari akan mematikan tidak hanya bakteri jahat tetapi juga bakteri baik.

2. Daun Sirih yang digunakan sebagai pembersih daerah kewanitaan

Para wanita memang diharuskan menjaga kesehatan didaerah kewanitaannya. Jika daerah kewanitaan memiliki tingkat keasaman yang terlalu tinggi biasanya akan timbul bau yang kurang sedap. Banyak orang membersihkan daerah kewanitaannya dengan rebusan air daun sirih sebagai unsur basa untuk menetralisir tingkat keasaman tersebut. Jika dilakukan setiap hari bakteri baik yang ada di organ kewanitaan juga akan ikut mati. Selain itu biasanya akan timbul iritasi karena daerah kewanitaan tersebut menjadi kering.

Sebenarnya daun sirih memiliki sifat yang alami tidak akan memiliki efek samping apabila kita menggunakannya dengan bijak dan sesuai dengan dosis yang ditentukan. Ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan para ahli agar tidak didapatkan efek samping daun sirih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar