Manfaat Push Up Bagi Tubuh Dan Kesehatan Jantung - Info Serba Ada

Breaking

Rabu, 12 Oktober 2016

Manfaat Push Up Bagi Tubuh Dan Kesehatan Jantung


Push up merupakan salah satu jenis olahraga yang khusus melatih kekuatan dan ketahanan tubuh. Lebih tepatnya lagi, push up termasuk olahraga ketahanan isometrik, Yaitu gerakan yang dilakukan dengan menggunakan benda yang tidak bergerak guna memicu kontraksi otot tubuh. Olahraga yang melatih kekuatan ini memiliki beragam manfaat yang dapat membantu Anda mengurangi berat badan, meningkatkan keseimbangan tubuh, membuat jantung lebih sehat, dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dengan melakukan push up secara rutin.

Suatu gerakan sederhana dengan cara menyeimbangkan dan menjaga tubuh agar tetap horizontal dengan menggunakan kedua tangan dan jari-jari kaki. Pada posisi seperti itu, menggerakan tubuh ke atas dan ke bawah mampu memperkuat beberapa bagian tubuh.

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa para binaragawan terhebat pun tetap melakukan push up sebagai pemanasan latihan mereka. Faktanya, berbagai manfaat mengagumkan dari push-up memang sangat berguna untuk siapapun.

Berikut ini adalah beberapa manfaat push up bagi tubuh :

1. Dapat Membentuk Otot Tubuh

Ketika kita melakukan push up, beberapa otot tubuh kita pada bagian bahu depan, dada dan lengan yang bekerja dengan sangat kuat. Ketika gerakan push up itu dilakukan secara rutin, maka otot bekerja untuk 3 sistem tubuh tersebut akan terlatih. Pada bagian bisep dan trisep lengan otot anda akan menarik kekuatan tubuh kalian dengan cara yang sangat menarik. Semua bagian otot penggerak akan bekerja untuk bagian dada saat badan melakukan gerakan naik dan turun.

Selain itu, bagian lengan belakang kalian yang banyak memiliki serabut otot kecil akan terlatih sehingga bisa menjadi lebih kuat. Jika anda lakukan secara rutin maka otot pada bagian dada, lengan dan bahu anda akan terbentuk secara alami dan menunjang perkembangan otot di sekitar badan bagian atas.

2. Memperkuat Otot Perut

Salah satu inti gerakan push up yang paling benar adalah tidak ada lengkungan pada bagian tulang belakang anda. Lengkungan biasanya akan terlihat saat badan melakukan gerakan naik atau turun. Gerakan push up yang benar akan terlihat saat semua bagian tulang belakang kalian rata, kaku dan terlihat stabil. Ingatlah bahwa kesalahan dalam gerakan push up saat tulang belakang ikut tertarik ke bawah saat badan mengangkat ke atas maka bisa menyebabkan cedera tulang belakang anda.

3. Menjaga Kekuatan Tulang

Tulang adalah salah satu kekuatan inti tubuh yang sangat penting. Tulang menjadi kekuatan tubuh untuk berdiri, duduk dan melakukan berbagai macam gerakan. Masalah kesehatan tulang menjadi masalah umum, yang biasa diderita oleh laki-laki dan perempuan pada usia lanjut. Beberapa keluhan yang paling sering terjadi adalah masalah tulang keropos, nyeri sendi dan tulang rapuh.

Masalah tulang ini, bisa disebabkan karena tulang rawan pada tubuh tidak terbiasa melakukan gerakan saat masih usia muda. Jika anda tidak ingin mengalami masalah seperti ini, maka anda bisa melakukan push up untuk memperkuat tulang rawan pada bagian kaki, pergelangan tangan, lengan dan bahu anda.

4. Membuat Otot Dada menjadi Kuat

Jika dada anda adalah anggota tubuh yang berperan besar saat melakukan push up. Gerakan ini akan memaksa otot dada (pektoralis) untuk menarik dan menekan badan kalian tanpa harus bertumpu pada bagian tubuh lain. Jika gerakan push up dilakukan secara teratur maka otot dada anda akan terpelihara dan bisa membentuk massa otot yang sangat sehat.

5. Meningkatkan Massa Otot Bisep dan Trisep

Pembentukan masa otot bisep dan trisep bisa anda lakukan dengan metode latihan angkat beban. Tapi jika anda tidak mempunyai banyak waktu, maka anda bisa melakukan push up secara teratur. Gerakan push up akan meningkatkan kerja otot bisep dan trisep anda. Hal ini terjadi saat badan bergerak naik dan turun dengan tekanan pada kekuatan otot lengan. Jika push up ini dilakukan dengan gerakan yang benar maka perkembangan otot bisep dan trisep anda akan terjadi dengan cepat.

6. Membentuk Perut Menjadi Six Pack

Anda ingin memiliki perut “six-pack”? Six-pack itu adalah bentuk perut yang terlihat seperti susunan kotak berjumlah enam kotak, keras dan kuat. Jika anda ingin memiliki perut six-pack dengan cara yang mudah dan hemat maka lakukan saja gerakan push up. Gerakan push up akan mempertahankan semua otot perut, pinggul dan tulang belakang dan dapat membentuk perut menjadi six pack.

7. Dapat Memperbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang sempurna adalah bagian yang sangat penting untuk penampilan anda. Beberapa masalah postur tubuh seperti tulang belakang yang kurang tegak, bahu yang tidak seimbang atau lengan yang kurang stabil masih sering kita jumpai. Biasanya dokter akan merekomendasikan untuk melakukan terapi tertentu. Namun hal ini bisa diperbaiki dengan melakukan push up secara rutin.

Jika anda melaksanakan push up secara sekaligus, tentunya hal ini akan melatih otot tubuh, membentuk kekuatan otot dada, lengan dan bahu sehingga postur tubuh anda bisa menjadi lebih baik. Secara umum manfaat olahraga pada gerakan push up juga bisa meningkatkan sistem kemampuan tubuh secara seimbang.

8. Menyeimbangkan Ukuran Tubuh

Gerakan push up banyak memanfaatkan kerja otot bahu, lengan dan dada. Jika diperhatikan maka gerakan push up cenderung akan membuat otot pada bagian bahu, lengan dan dada memiliki ukuran yang besar. Namun hal itu tidak sepenuhnya benar, sebab saat gerakan push up terjadi maka kekuatan otot perut, tulang belakang, dan panggul juga akan bekerja. Hal inilah yang membuat gerakan push up bisa membentuk otot pada bagian atas dan bawah tubuh menjadi lebih seimbang.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Banyak orang yang berpikir bahwa push up hanya akan membuat otot pada bagian dada menjadi
lebih besar? Hal ini memang tidak salah, karena push up mendorong kekuatan otot dada, bahu dan lengan menjadi lebih kuat. Namun bukan berarti push up tidak memiliki manfaat penting untuk otot dalam tubuh seperti otot jantung. Orang yang sering melakukan push up terbukti memiliki otot jantung yang lebih kuat daripada orang yang tidak melakukan push up. Gerakan rutin pada push up telah membuat otot jantung bekerja lebih banyak sehingga aliran darah juga menjadi lebih kuat.

10. Manfaat Kardiovaskular

Jika dilakukan secara teratur, push-up dapat membakar lemak dan membangun otot-otot di tubuh anda. Manfaat ini sebenarnya akan anda rasakan jika diiringi dengan dengan latihan kardio.

11. Melancarkan Metabolisme

Salah satu manfaat kesehatan dari push-up adalah untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh. Sehingga, lemak yang tertimbun dalam tubuh anda akan terbakar dengan mudah.

12. Mencegah Dan Mengatasi Sarcopenia.

Sarcopenia adalah kondisi dimana massa otot mengalami penurunan dikarenakan adanya penuaan pada otot. Salah satu penyebab terjadinya sarcopenia adalah kurangnya aktivitas yang memicu masa otot semakin menurun. Oleh karena itu perlu untuk melakukan olahraga yang dapat meningkatkan kekuatan seperti push up.

13. Memperbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang sempurna adalah bagian yang sangat penting untuk penampilan. Beberapa masalah postur tubuh seperti tulang belakang yang kurang tegak, bahu yang tidak seimbang atau lengan yang kurang stabil masih sering kita jumpai. Biasanya dokter akan merekomendasikan untuk melakukan terapi tertentu. Namun hal ini bisa diperbaiki dengan melakukan push up secara rutin.

Gerakan push up secara sekaligus, akan melatih otot tubuh, membentuk kekuatan otot dada, lengan dan bahu sehingga postur tubuh bisa menjadi lebih baik. Secara umum manfaat olahraga pada gerakan push up juga bisa meningkatkan sistem kemampuan tubuh secara seimbang.

14. Meningkatkan Ukuran Payudara

Memiliki payudara sehat dan ukuran yang ideal adalan keinginan semua wanita. Wanita dengan ukuran dada yang proporsional juga akan terlihat lebih menarik dalam penampilan. Manfaat push up untuk meningkatkan ukuran payudara ternyata sudah banyak terbukti. Gerakan push yang dilakukan dengan intensitas teratur akan membentuk otot dada menjadi lebih kuat.

Kekuatan otot dada menjadi lebih besar ketika sistem otot dada mampu menyalurkan cairan yang memasok kekuatan pada otot dada. Hal inilah yang membuat penampilan atlet wanita selalu terlihat bugar meskipun mereka tidak melakukan operasi plastic.

Melakukan push up secara teratur akan menjadi kekuatan untuk melatih otot tubuh. Selain itu semua jenis push up akan membantu latihan kekuatan otot sehingga tubuh menjadi lebih kuat. Untuk mendapatkan beberapa manfaat push up sebaiknya melakukan push up secara rutin. Lakukan gerakan push up secara teratur dengan target khusus. Anda bisa meningkatkan target push up jika kondisi tubuh sudah terbiasa. Selain itu lakukan beberapa jenis gerakan latihan lain untuk menunjang keseimbangan otot tubuh.