Manfaat Nanas Yang Jarang Diketahui - Info Serba Ada

Breaking

Selasa, 18 Oktober 2016

Manfaat Nanas Yang Jarang Diketahui


Buah nanas merupakan buah yang berasal dari negara tropis, yaitu Brazil, Bolivia, dan Paraguay. Buah yang juga tumbuh baik di Indonesia ini merupakan buah yang dalam perkembangan buahnya bergabung bersama tongkol bunga majemuk hingga membentuk nanas yang rupanya bersisik.

Buah nanas merupakan tumbuh-tumbuhan yang berasal dari keluarga nanas-nanasan. Kandungan yang paling melimpah dalam buah ini adalah vitamin C dan vitamin A yang merupakan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh kita. Selain itu buah nanas juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6 dan serat.

Buah nanas kaya akan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, Dalam menyajikan buah nanas, dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti dipotong-potong beberapa bagian, hingga dapat dibuat jus yang segar untuk dinikmati.

Walaupun memang sekarang sudah banyak jus nanas olahan yang umumnya banyak dijual  di supermarket akan tetapi dengan membuat jus nanas secara langsung dari buahnya, maka hal itu lebih baik dan lebih bermanfaat untuk kesehatan tubuh, Karena pada umumnya jus olahan yang dibuat dari pabrik cukup banyak mengandung gula, pengawet, dan juga berbagai bahan kimia yang mengurangi manfaat dari buah nanas.

Buah Nanas ini juga rendah kolesterol, sehingga sangat baik dikonsumsi, tetapi ingat karena asamnya maka penting untuk membatasinya dalam mengkonsumsinya sehari-hari.

Kandungan nutrisi buah nanas yang sangat banyak, dengan kaya akan vitamin, protein, dan mineral penting yang lainnya, dengan kandungan lemak yang rendah dan juga rendah kalori, serta menyegarkan tubuh maka sangat cocok dikonsumsi di siang hari.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah nanas.

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem imun tubuh yang baik, mencegah timbulnya penyakit seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, hingga yang sangat parah seperti penyakit bronkitis. Selain itu kandungan bromelain di dalam buah nanas dikenal sebagai zat anti kanker. Nanas kaya akan kandungan bromelain. Pada penelitian yang dilakukan Queensland Institute of Medical Research menunjukkan hasil bahwa terdapat dua molekul penting yang ada pada kandungan bromelain, yakni CCS dan CCZ.

CCS berfungsi untuk menahan protein Ras yang ditemukan pada 30 % penyakit kanker. Adapun CCZ berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, guna mengenali dan menghancurkan sel kanker. Kedua molekul tersebut diyakini berkhasiat dalam mencegah perkembangan sel-sel tumor pada payudara, paru-paru, usus besar, ovarium, dan melanoma. Selain itu, kandungan bromelain dipercaya berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit dan dampak negatif setelah menjalani kemoterapi.

2. Kaya Akan Kandngan Vitamin C

Buah nanas memiliki kandungan bromelain dan vitamin C yang tinggi, dengan kaya antioksidan, yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang menyerang tubuh. Vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah penumpukan plak pada arteri atherosclerosis yang dapat menimbulkan penyakit jantung.

3. Kesehatan Tulang

Kandungan Magnesium dan kalsium pada buah nanas bermanfaat untuk membantu dalam memperkuat tulang dan juga jaringan ikat.

4. Kaya Akan Serat

Pada buah Nanas juga memiliki kandungan serat yang penting untuk menyehatkan dan mengoptimalkan kerja usus, yang juga dapat mengobati cacingan dan menghilangkan (membuang) penumpukan racun yang ada di ginjal dan hati.

5. Mengatasi Rasa Nyeri

Hal cukup unik bahwasannya jus nanas segar merupakan minuman yang sangat penting untuk para binaragawan, hal itu disebabkan dari kandungan bromelain yang didalamnya, yang bermanfaat untuk mengatasi sakit pada otot tubuh. Sehingga buah nanas ini dapat dimanfaatkan untuk nyeri sendi, selain itu berperan dalam meminimalisir terjadinya pembekuan darah.

6. Melancarkan Pencernaan

Buah nanas dapat anda manfaatkan untuk mengobati penyakit konstipasi, sembelit, dan juga rasa mual. Kemudian, mengkonsumsi nanas (dalam jumlah yang tidak berlebihan) memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, nanas mengandung serat, salah satu nutrisi sangat direkomendasikan untuk menjaga keteraturan usus. Enzim alami yang terkandung dalam jus nanas juga memainkan peran penting dalam peningkatan fungsi usus.

Buah nanas juga bertindak sebagai pencahar alami sehingga merupakan alternatif yang baik untuk stimulan aksatif yang dapat untuk mengatasi sembelit dan buah nanas adalah resep obat pencahar alami. Untuk anak-anak yang menderita sembelit ringan, sebaiknya minum setengah cangkir jus nanas setiap pagi. Untuk orang dewasa dengan sembelit ringan, yang disarankan biasanya minum segelas jus nanas yang beberapa saat kemudian (5-15 menit) diikuti dengan minum segelas air.

Enzim bromelain berperan dalam memecah protein dalam makanan, tujuannya agar makanan bisa dicerna dengan baik di dalam usus. Sehingga, tidak jarang nanas digunakan untuk melunakkan daging.

7. Meredakan Radang

Kandungan mromelain bisa berperan sebagai zat anti peradangan, anti pengentalan darah, dan anti kanker. Pada penelitian yang dilakukan para ahli, memberikan hasil bahwa mengkonsumsi nanas secara teratur dapat membantu melawan arthritis. Kandungan bromelain sering dimanfaatkan dalam mengatasi masalah peradangan pada kulit. Seperti untuk mengobati memar di tubuh, kesleo, mengurangi bengkak, serta dapat mengurangi rasa sakit yang diderita.

8. Untuk Penyembuhan Luka

Terdapat kandungan yang bersifat sebagai anti-inflamasi pada buah nanas yang bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi dan luka dengan lebih cepat. Agar luka menjadi cepat sembuh, untuk obat luarnya, bisa mengoleskan jus nanas pada tempat yang sakit. Rasanya memang aagak perih, tetapi jus nanas ini dapat membantu membersihkan luka dan membuat proses penyembuhan lebih cepat.

9. Kesehatan Jantung

Memperlancar kerja jantung dan mengurangi terjadinya pembekuan darah dalam aliran darah. Sejumlah penelitian, seperti di Finlandia dan China, masing-masing penelitian menunjukan hasil bahwa asupan vitamin C yang mencukupi untuk tubuh bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

10. Pencegahan Katarak

Vitamin C memainkan peran yang penting dalam masalah kesehatan mata. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan tinggi vitamin C berkhasiat untuk mengurangi risiko katarak. Para ahli bahkan tidak sedikit menyarankan untuk mengkonsumsi kandungan vitamin C ini sebagai pencegahan utama dari bahaya resiko katarak.

11. Mencegah Asma

Nanas merupakan sumber yang baik dari beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A aktif selama proses pencernaan di dalam tubuh. Sejumlah studi menunjukkan bahwa kandungan beta karoten bermanfaat untuk mengurangi risiko asma akibat olahraga. Tetapi penelitian ini masih dalam tahap awal, .

12. Untuk Kesuburan

Buah nanas memiliki kandungan penting berupa beberapa vitamin dan mineral, seperti vitamin C, beta karoten, tembaga, seng, dan folat. Yang kandungan tersebut memiliki manfaat dalam membantu meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Walaupun terdapat bukti hanya berupa “anekdot” bahwa nanas memiliki manfaat dalam seksualitas, akan tetapi belum ada bukti ilmiah untuk mendukung teori ini.

13. Mengatasi Sinusitis

Salah satu gejala sinusitis yaitu hidung tersumbat oleh lendir yang tidak bisa dikeluarkan, yang hal itu mengakibatkan tubuh mengalami pilek yang terus menerus. Sinusitis berbeda dengan influenza, dimana kondisi sinusitis yaitu lendir yang menyumbat hidung yang teperangkap di dalam sebuah rongga sehingga sulit dikeluarkan sehingga sangat sulit di keluarkan.

Pada beberapa kasus yang terjadi, penderita sinusitis perlu melakukan operasi untuk mengeluarkan lendir yang menyumbat jalanya pernafasan di jalur hidung. Buah nanas bisa berperan dalam meminimalisir masalah sinusitis ini. karena buah nanas mengandung enzim yang berfungsi mencerna protein yaitu enzim bromelain, yang berkhasiat sebagai anti inflamasi. Enzim tersebut bermanfaat untuk mengurangi lendir dan peradangan sinus.

Tapi harus perlu kita ingat, Mengkonsumsi nanas tidak boleh berlebihan karena nanas dapat memicu penyebab terjadinya beberapa alergi. Oleh karena itu, konsumsilah setiap makanan dengan bijak untuk mendapatkan manfaatnya juga.