Manfaat Bawang Merah - Info Serba Ada

Breaking

Jumat, 07 Oktober 2016

Manfaat Bawang Merah


Bawang merah, tak hanya populer di Indonesia, Akan tetapi bawang merah juga sangat populer di dunia kuliner seluruh negara. Tanpa bawang merah, rasanya masakan  akan kurang sedap dan nikmat. Memang bawang merah ini merupakan salah satu komoditi yang penting. Akan tetapi tak hanya dalam hal kuliner, bawang merah ini juga ternyata memiliki sejumlah khasiat penting dalam dunia pengobatan tradisional hingga modern. Manfaat bawang merah ini kabarnya jauh lebih efektif jika digunakan dalam keadaan mentah

Manfaat bawang merah yang membuatnya fenomenal di dunia medis adalah kemampuannya dalam memerangi kanker dan berbagai penyakit berbahaya. Ia juga dapat dijadikan sumber antioksidan yang sangat ampuh untuk memerangi radikal bebas di dalam tubuh.

Kandungan Gizi Bawang Merah

Satu cangkir bawang merah cincang mengandung sekitar :

  • 64 kalori
  • 15 gram karbohidrat
  • 0 gram lemak
  • 0 gram kolesterol
  • 3 gram serat
  • 7 gram gula
  • 2 gram protein dan 10%
  • Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan
  • Memiliki sejumlah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor dan kalium antioksidan quercetin dan sulfur.
  • Tingginya kandungan gizi ini membuat bawang merah tidak kalah baiknya dengan bawang putih yang sama sama sangat ampuh menangkal penyakit berbahaya dan menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat bawang merah yang sangat menakjubkan

1. Pencegahan Kanker

Sayuran allium telah dipelajari secara ekstensif dalam hubungannya dengan kanker, terutama lambung dan kanker kolorektal. Efek yang menguntungkan dari bawang merah, cenderung karena sebagian senyawa organosulfur mereka yang kaya. Meskipun mekanisme yang tepat dimana senyawa ini menghambat kanker belum diketahui. Namun beberapa hipotesis memungkinkan penghambatan pertumbuhan tumor dan mutagenesis.

Bawang juga merupakan sumber vitamin C sebagai antioksidan yang dan membantu untuk memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab kanker.

2. Kanker Prostat

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of National Cancer Institute, para peneliti menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis pada populasi untuk menyelidiki hubungan antara asupan allium sayuran dan kanker prostat. Mereka menemukan bahwa pria dengan asupan allium sayuran yang tertinggi, memiliki risiko terendah terhadap kanker prostat.

3. Esofagus dan kanker perut

Asupan allium dalam sayuran yang berbanding terbalik dengan risiko terserang kanker perut. Beberapa penelitian pada manusia berbasis survei telah menunjukkan potensi dampak protektif konsumsi alliums, serta laporan dari penghambatan tumor setelah pemberian senyawa allium pada hewan percobaan.

4. Mengatur Tidur dan Suasana hati

Folat ditemukan dalam bawang, dapat membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak. Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang mengatur tidak hanya suasana hati, tetapi juga tidur dan nafsu makan dengan baik.

5. Baik Untuk Jantung

Kandungan sulfida methylallyl dan asam-amino sulfur pada bawang merah, memberikan efek penurunan pada kadar kolesterol jahat dalam darah dan peningkatan pada kadar kolesterol baik. Manfaat bawang putih juga mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga mampu meningkatkan kesehatan jantung.

6. Menyembuhkan Sembelit

Dengan mengkonsumsi bawang merah setiap hari maka akan membantu proses pembuangan racun dalam tubuh. Maka dari itu jika Anda penderita sembelit jangan sungkan-sungkan untuk memakan bawang merah mentah.

7. Untuk Mengobati Gangguan Urin

Mengkonsumsi bawang merah mentah khasiatnya dapat mengobati bagi penderita rasa terbakar pada saat Anda membuang air kecil. Dengan bawang merah maka gangguan urin Anda akan terbantu dan akan terasa efeknya. Konsumsi bawang merah dengan cara meminum air rebusan bawang merah.

8. Membunuh Kuman Di Mulut

Ternyata khasiat dari bawang merah mentah ini bisa mengilangkan bau tak sedap di mulut Anda. Manfaat bawang merah bisa kita gunakan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada gigi serta infeksi pada mulut kita. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu kunyah bawang merah mentah dan jangan lupa pilihlah bawang merah baik dan bersih.

9. Menurunkan Berat Badan

Nah, ini berita gembira untuk anda yang ingin menunrunkan berat badan, karena ternyata bawnag merah bisa menjadi salah satu solusi jitu untuk menurunkan berat badan. Bawang merah membantu menyukseskan program penurunan berat badan Anda. Tubuh yang mengalami difisiensi kromium akan kesulitan untuk menurunkan berat badan, karena itu zat kromium pada bawang merah sangat tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

10. Meredakan batuk

Atasi batuk pada anak dengan bawang merah, caranya parut bawang merah tambahkan minyak telon balurkan sekujur punggung dengan sedikit diurut.

Efek samping

Meskipun efek samping yang ditimbulkan bawang merah tidak terlalu berbahaya, Akan tetapi harus kita perhatikan dengan memakan bawang dapat menyebabkan masalah bagi sebagian orang. Karbohidrat dalam bawang dapat menyebabkan gas dan kembung, menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse. Bawang, terutama jika dikonsumsi mentah, dapat memperburuk mulas pada orang yang menderita sakit maag kronis atau penyakit refluks lambung, menurut salah satu studi 1990 di American Journal of Gastroenterology.

Mengkonsumsi sejumlah bawang atau meningkatkan konsumsi bawang dapat mengganggu dengan obat pengencer darah, menurut University of Georgia. Bawang hijau mengandung jumlah vitamin K yang tinggi, yang dapat menurunkan fungsi darah.