Cara Mempercepat Koneksi Internet Dan Wifi - Info Serba Ada

Semua informasi mengenai lowongan kerja, bisnis online, peluang usaha, kesehatan, pariwisata, kuliner, otomotif, tutorial, nonton film online dan juga info lainnya

Breaking

Sabtu, 15 Oktober 2016

Cara Mempercepat Koneksi Internet Dan Wifi


Cara mempercepat koneksi internet ini bisa dilakukan dalam berbagai aspek, karena internet akan bisa berfungsi jika semua alat pendukungnya terpenuhi, demikian juga mengenai kecepatan aksesnya, tentunya sangat dipengaruhi dengan alat-alat tersebut. Adapun cara yang di maksud adalah pada paket data internet yang digunakan, modem atau koneksi internet yang dipakai (baik yang menggunakan wireless atau dengan internet kabel), jenis dan setting browsernya, baik itu pada Mozilla Firefox atau pun Google Chrome, dan yang terakhir adalah pada jenis dan spesifikasi komputer yang digunakan. Tentunya semua faktor tersebut harus dibereskan jika betul-betul ingin punya internet yang super cepat dan anti lelet. Memang tidak mudah melakukan semua ini, tapi bila kita jadwalkan satu per satu bagiannya kita benahi maka bukan tidak mungkin akan dirasakan manfaatnya dimana kita bisa menghemat banyak waktu tanpa harus menunggu loading yang lemot dan menjengkelkan.

Selain melakukan setting atau pengaturan pada semua bagian yang disebutkan di atas, terkadang untuk bisa mempercepat internet kita harus menggunakan tools atau aplikasi yang berkaitan dengan itu, dan kebetulan pada bagian pengaturan pada browser di bawah sudah disebutkan beberapa add-ons yang layak digunakan untuk bisa memiliki loading internet yang super cepat dibanding dengan tidak menggunakannya.

Masalah lain yang terkadang timbul ketika kita berselancar di dunia maya adalah ketika browser yang digunakan lelet, lambat, lemot atau apalah bahasa yang biasa dipakai para netter dalam mengungkapkan kekesalan mereka soal lambatnya aplikasi penjelajah situs yang mereka gunakan. Dan yang sering muncul biasa seperti ketika buka tab baru dan ingin buka alamat web baru kadang terdiam sejenak dan hanya menampilkan tanda loading yang berputar-putar, kadang juga kalau kita klik saat seperti itu malah berubah menjadi putih kabur halamannya dan kalau sudah begitu kadang kita harus menunggu beberapa menit baru bisa melihat halaman blog yang akan kita kunjungi.

Berikut Ini Cara Mempercepat Koneksi Internet Dan Wifi

1. Cara Mempercepat Koneksi Internet Komputer Atau Laptop

Mengubah limit bandwidth

Cara kerja untuk pengaturan ini adalah dengan mengubah limit bandwidth komputer yang tadinya 20 menjadi 0. Kenapa bisa pengaruh pada kecepatan internet? Ya tentu saja, jika defaultnya 20 otomatis bandwidth untuk internet kurang banyak, sehingga ketika diubah jadi 0 untuk komputernya maka koneksi untuk internetnya otamatis akan bertambah (menjadi  100%) sehingga pada akhirnya memepengaruhi kualitas koneksinya. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  1. Klik tombol Start di layar komputer atau laptop anda, tentunya bagi pengguna Windows.
  2. Setelah itu masuk ke menu Run lalu di kolomnya anda kemudian ketikkan kata ini :  gpedit.msc (pastikan jangan sampai salah. setelah itu tekan enter atau OK
  3. Setelah berhasil masuk maka mulailah dengan memilih menu Komputer Configuration lalu Administrative Templates kemudian Network dan terakhir QoS Packed Scheduler
  4. Berikutnya tinggal klik 2 kali dengan cepat pata pilihan menu “Limit Reservable Bandwidth”
  5. Lalu aktifkan dengan pilih “Enable” dan pada bagian Bandwidth Limit ganti angkanya jadi 0 , lalu klik OK
  6. Terakhir, untuk melihat hasilnya segera restart komputer anda.

Mengubah DNS Pada Komputer

Selain dengan cara mengubah nilai bandwidth, Anda juga dapat mempercepat koneksi internet dengan mengganti DNS nya. DNS merupakan singkatan dari Domain Name System dan digunakan untuk melakukan pencarian nama di komputer yang menggunakan fasilitas jaringan TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).

Gantilah konfigurasi pengaturan DNS menjadi open DNS atau menggunakan DNS Google. Cara ini dapat meningkatkan kecepatan koneksi internet anda hingga 20% dari kecepatan semula.

Menggunakan open DNS, berikut ini langkah-langkahnya:
  • Buka Control Panel Komputer Anda
  • Pilih Network and Internet > Network and Sharing Center > Local Area Connection
  • Pilih Properties > Internet Protocol Ver. 4 > Properties
  • Ubah DNS > Prefered DNS: 208.67.222.222 > Alternate DNS: 208.67.220.220
  • Lalu klik Ok
Menggunakan DNS dari Google, berikut ini langkah-langkahnya:
  • Buka Control Panel Komputer Anda
  • Pilih Network and Internet > Network and Sharing Center > Local Area Connection
  • Pilih Properties > Internet Protocol Ver. 4 > Properties
  • Prefered DNS Server: 8.8.8.8
  • Alternate DNS Server: 8.8.4.4

Mengaktifkan DNS Cache

Fungsi dari DNS Cache sama dengan penjelasan pada poin 5, bedanya adalah pada langkah ini kita mengaktifkan pengaturan DNS Cache pada regedit. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
  • Buka Notepad
  • Copy kode berikut ini ke dalam notepad :
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters]
 "CacheHashTableBucketSize"=dword:00000001
 "CacheHashTableSize"=dword:00000180
 "MaxCacheEntryTtlLimit"=dword:0000fa00
 "MaxSOACacheEntryTtlLimit"=dword:0000012d
  • Simpan notepad tersebut dengan nama dnscache.reg
  • Untuk mengaktifkan DNS Cache, double klik pada file dnscache.reg tadi.

2. Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

  1. Nonaktifkan dulu data selluler anda.
  2. Nonaktifkan Auto syn dan data latar belakang
  3. Silahkan menuju ke menu Setting > Aplikasi.
  4. Selanjutnya pilih daftar aplikasi yang berkaitan dengan kebutuhan internet anda ( browser, bbm, FB,dsb)
  5. Lanjutkan dengan menghapus cookies/ cache nya.
  6. Untuk mempermudah proses ini anda juga bisa menggunakan aplikasi CCleaner for android yang bisa anda unduh gratis di play store.
  7. Terakhir langsung saja anda aktifkan kembali data selluler anda.
  8. Jangan lupa gunakan browser tercepat untuk smartphone android anda.

Demikian cara untuk mempercepat koneksi internet dan wifi, Semoga dapat membantu anda agar agar lebih cepat dalam berselancar di dunia maya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar