Cara Membuat Pancake Yang Enak - Info Serba Ada

Breaking

Jumat, 28 Oktober 2016

Cara Membuat Pancake Yang Enak


Pancake atau panekuk merupakan kue dadar yang dibuat dari campuran tepung terigu, susu, telur dan gula dan diolah dengan cara digoreng di atas wajan datar yang telah diolesi sedikit minyak. Biasanya pancake dihidangkan bersama dengan sirup mapel, selai, madu dan sebagainya, agar rasanya menjadi lebih enak dan nikmat. Selain itu, pancake juga dapat dibuat dengan tambahan topping dengan beraneka rasa, seperti rasa coklat, strawberry, kacang, keju dan sebagainya. Resep pancake sangat mudah, sehingga anda tidak memerlukan banyak biaya dan bahan dalam membuatnya.

Pancake menjadi kuliner kue yang mendunia, karena sudah dari dulu kue ini memiliki banyak penggemar diseluruh dunia. Pancake terkenal akan kelezatan dengan berbagai macam variasi rasa yang dapat diberikan pada kue ini.

Cara membuat pancake mungkin sudah menjadi pertanyaan bagi banyak orang yang menyukai pancake. Sebenarnya cara membuat pancake itu cukup mudah sekali asalkan anda mempunyai keinginan yang kuat dan bersabar. Pancake memang sangat cocok untuk hidangan keluarga. Terlebih lagi bila dikonsumsi pada waktu sarapan pagi, pancake akan terasa lebih nikmat.

Resep Pancake Sederhana


Berikut cara membuat pancake yang enak dan mengembang atau kue dadar dengan adonan dasar yang sederhana bertekstur empuk dan lembut serta takaran yang pas untuk menu sarapan keluarga kecil bahagia.

Bahan - bahan Membuat Pancake

  • 100 gr tepung terigu
  • 250 ml susu cair
  • 1 butir telur, pisahkan putih dan kuningnya
  • Garam secukupnya
  • Sedikit margarin untuk olesan
  • Es Krim atau Sirup Maple ( untuk topping )

Cara Membuat Pancake

  1. Campur rata dan aduk tepung terigu, garam, kuning telur dan susu dengan ballon whisk sampai rata atau bisa menggunakan mixer dengan kecepatan yang paling rendah (kalau tidak punya ballon whisk dan mixer, bisa juga menggunakan spatula kayu)
  2. Kocok putih telur sampai kaku. Bisa menggunakan garpu maupun ballon whisk.
  3. Kemudian masukkan adonan tepung ke dalam adonan putih telur, aduk rata. Nah dalam mencampur adonan tepung dengan putih telur, bisa juga menggunakan tehnik pancing. Dengan cara mengambil sedikit putih telur dan campurkan ke dalam terigu, aduk rata. tambah sedikit demi sedikit. Kemudian baru masukkan adonan terigu ke dalam putih telur. Langkah ini untuk menghindari putih telur yang bergerindil.
  4. Panaskan teflon diameter paling kecil (yang untuk bikin telor ceplok), oles dengan margarin, kecilkan api. Bisa juga menggunakan teflon ukuran standar.
  5. Tuang adonan sekitar 2,5 sendok sayur, tutup sebentar
  6. Balik jika adonan sudah ada sedikit berpori dan sedikit mengeras pinggirnya

Tips Membuat Pancake yang Enak

  • Kunci utama kenapa pancake diatas bisa lembut teksturnya walaupun tanpa menggunakan buttermilk adalah pada pemisahan kuning telur dengan putih telurnya.
  • Untuk mendapatkan pancake yang lebih manis bisa menambahkan 1 sendok makan gula pasir yang diaduk bersama dengan terigu, garam, kuning telur, dan susu.
  • Bila tidak punya wajan teflon seukuran telur ceplok, bisa mneggunakan wajan teflon biasa walaupun nanti bentuk pancakenya menjadi tidak seragam. Atau bisa juga menggunakan ring/cetakan pancake seperti bentuk bulat, bintang, dll.

Pancake terasa lebih mantap dan nikmat jika masih hangat dan baru matang dari penggorengan. Anda bisa menambahkan sirup, selai, atau mentega di atasnya agar lebih nikmat

Demikianlah pembahasan resep membuat pancake yang sekiranya dapat membantu anda dalam menyajikan hidangan yang sangat bergizi dan enak tanpa memerlukan skill khusus karena cara pembuatannya pun begitu mudah dan semoga dapat membantu anda sekalian.