Bahaya Menahan Buang Air Kecil - Info Serba Ada

Semua informasi mengenai lowongan kerja, bisnis online, peluang usaha, kesehatan, pariwisata, kuliner, otomotif, tutorial, nonton film online dan juga info lainnya

Breaking

Rabu, 19 Oktober 2016

Bahaya Menahan Buang Air Kecil


Sadarkah anda bahaya menahan buang air kecil dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Pada dasarnya buang air kecil yang ditandai dengan proses pengeluaran urin pada manusia merupakan suatu hal yang wajar dan umum terjadi. Proses buang air kecil ini menandakan bahwa sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh bekerja dengan baik dan normal. Semua kotoran dan sisa – sisa pencernaan yang sudah seesai disaring dan dibersihkan oleh tubuh akan keluar melalui urin.

Keinginan untuk buang air kecil terkadang diabaikan oleh sebagian orang ketika berada di kondisi tertentu yang tak memungkinkan ke toilet, bisa jadi karena lalu lintas yang macet atau mungkin toilet yang kurang higienis. Karena alasan itulah seseorang terpaksa menahannya.

Kandung kemih rata-rata memiliki kapasitas menampung urine sekitar 0,4 liter dan ketika seseorang menahan buang air kecil, Maka kandung kemih akan melakukan mekanisme seperti halnya melar atau meregang.

Selain itu, Semakin lama menahan buang air kecil, Kandung kemih menjadi tempat bersarangnya bakteri. Bakteri inilah yang dapat menyebabkan infeksi yang dapat menyebar ke ginjal dan kemungkinan menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada tubuh.

Dari warna air seni, Kita bisa mendeteksi kondisi kesehatan, misalnya : Ketika air seni berwarna kuning pekat menunjukkan adanya masalah pencernaan (dehidrasi), ketika urine berwarna kemerahan yang menunjukkan adanya infeksi pada organ dalam kita dan lain sebagainya.

Tubuh yang sehat akan mengeluarkan kotoran dan sisa-sisa pencernaan melalui urine dengan normal. Mengingat pentingnya fungsi buang air kecil bagi kesehatan, Maka sebisa mungkin jangan menahannya terlalu lama dan berikut ini bahaya menahan Buang air kecil terlalu lama bagi kesehatan

1. Penumpukan Kotoran Di Dalam Tubuh

Menahan buang air kecil terlalu lama sama artinya dengan menahan kotoran sisa pencernaan lebih lama di dalam tubuh. Jika kotoran dibiarkan menumpuk dan mengendap lebih lama lagi, maka bersiaplah mengalami berbagai masalah kesehatan.

2. Mengganggu Proses Pencernaan

Menahan buang air kecil dapat mengganggu proses pencernaan didalam tubuh. Ketika proses pencernaan seharusnya selesai dengan buang air kencing, namun Anda menahannya, maka otomatis akan mengganggu proses pencernaan berikutnya.

3. Terganggunya Kesehatan Organ Pencernaan

Selain mengganggu proses pencernaan, Kebiasaan menahan buang air kecil terlalu lama juga dapat mengganggu kesehatan organ pencernaan diantaranya kandung kemih, ginjal, dan saluran kencing.

4. Menimbulkan Penyakit Berbahaya

Ketika kesehatan organ pencernaan terganggu, Maka beberapa penyakit dan infeksi siap menyerang. Beberapa penyakit organ pencernaan yang bisa terjadi akibat kebiasaan menahan buang air kecil terlalu lama, antara lain adalah sebagai berikut

Gagal Ginjal.

Dengan menumpuknya kotoran yang berasal dari urin yang seharusnya dikeluarkan, Maka ginjal akan mengalami kerusakan apabila menampung urin terlalu lama. Hal ini biasa disebut dengan istilah gagal ginjal. Apabila gagal ginjal sudah terjadi, maka :

  • Ginjal tidak mampu menyaring dan membuang kotoran – kotoran sisa pencernaan
  • Siklus pencernaan akan menjadi kacau dan semakin buruk
  • Gagal ginjal merupakan tahapan yang sudah parah, dan tidak bisa disembuhkan. Gagal ginjal hanya dapat diatasi dengan cara melakukan pendonoran pada ginjal pasiennya.

Batu Ginjal

Batu pada ginjal akan terbentuk ketika urin yang menumpuk pada bagian ginjal mulai menggumpal dan mengalami pengerasan. Pengerasan ini dapat terjadi, karena urine memiliki kandungan Kristal – Kristal garam yang akan menggumpal dan mengeras ketika semakin bertambah banyak. Batu ginjal akan membuat terjadinya :

  • Infeksi pada ginjal
  • Rasa sakit dan perih pada saat melakukan buang air kecil
  • Sulit melakukan buang air kecil
  • Rasa nyeri pada bagian ulu hati
  • Untuk mengatasi batu ginjal yang sudah terjadi, maka harus dilakukan operasi pembedahan untuk mengangkat dan menghancurkan batu ginjal yang muncul.

Infeksi Kandung Kemih

Urin merupakan sisa pencernaan yang memiliki banyak bakteri dan kotoran yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Dengan menumpuknya urin, akan menimbulkan infeksi pada bagian kandung kemih. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri – bakteri yang menempel pada bagian kandung kemih. Infeksi pada kandung kemih dapat dirasakan ketika :

  • Muncul rasa nyeri pada perut bagian bawah
  • Muncul rasa nyeri saat buang air kecil
  • Buang air kecil lebih sering dengan volume yang sedikit
  • Buang air kecil dengan disertai pendarahan

Untuk mencegah dan menghindari berbagai macam infeksi hingga kanker yang terjadi karena menahan buang air kecil terjadi ada beberapa saran yang sangat simpel dan mudah untuk dilakukan :

  1. Jangan pernah menahan buang air kecil.
  2. Selalu minum air putih atau air mineral yang cukup.
  3. Makan makanan yang menandung serat tinggi
  4. Selalu lakukan pemeriksaan ke dokter apabila mengalami gejala – gejala yang dirasa aneh pada bagian perut dan pencernaan.

Itulah beberapa bahaya yang dapat ditumbulkan ketika anda menahan untuk buang air kecil dalam waktu yang lama dan intensitas yang sering dilakukan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar