Apakah Internet Banking Itu Penting - Info Serba Ada

Breaking

Minggu, 30 Oktober 2016

Apakah Internet Banking Itu Penting

Internet Banking

Apakah Internet Banking Itu Penting. Internet Banking adalah sebuah platform yang diberikan oleh masing-masing perbankan untuk mempermudah para nasabahnya dalam melakukan transaksi tanpa harus bertatap muka atau bertemu. Internet Banking bisa juga dikatakan sebagai fasilitas yang diberikan Perbankan sebagai mediasi / alat pembayaran tanpa menggunakan uang tunai langsung.

Dengan menggunakan fasilitas Internet Banking tentunya akan memberikan keuntungan bagi para nasabah. Manfaat atau keuntungan internet banking bagi nasabah tersebut adalah nasabah tidak perlu lagi mengunjungi bank untuk melakukan transaksi perbankan. Dengan demikian nasabah diuntungkan dalam hal waktu dan biaya.

Fitur ini memberi banyak kemudahan kepada nasabah dalam berbagai transaksi, Salah satunya adalah cek saldo dan pemindahbukuan rekening, Jadi anda tidak perlu repot lagi pergi ke ATM untuk cek saldo ATM, Karena semua itu bisa anda lakukan dengan menggunakan komputer, laptop atau smartphone yang terhubung dengan koneksi internet. Selain itu pengguna rekening bank dapat memanfaatkan layanan transfer dana, memeriksa mutasi rekening, membayar tagihan (listrik PLN, air PDAM, atau internet Speedy) dan bahkan membeli produk (pulsa handphone, tiket, atau saham). Untuk mendapatkan layanan Internet Banking, Nasabah harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Dan berikut ini cara untuk mengaktifkan internet banking dan token untuk bisa mengakses semua fitur yang disediakan oleh masing-masing bank yang anda gunakan.

Daftar Internet Banking Bank BCA


Internet Banking BCA merupakan salah satu layanan Bank BCA yang membantu nasabahnya dalam melakukan transaksi, seperti: transfer, cek saldo dan cek mutasi rekening. Syarat utama untuk mendapatkan layanan Internet Banking BCA adalah harus memiliki tabungan tahapan BCA. Salah satu kelebihan layanan internet Banking BCA adalah dapat mengecek mutasi rekening BCA dalam 30 hari terakhir, sehingga mengetahui transaksi yang terjadi dalam rekening dan mengetahui penyebab saldo rekening berkurang, seperti: karena transfer ke orang lain atau biaya administrasi. Untuk mendapatkan layanan internet banking BCA, Anda dapat mendaftar dengan 2 cara, yaitu:

Melalui Customer Service Bank

Anda dapat melakukan cara ini ketika mengurus pembuatan rekening baru di BCA. Jadi saat membuka rekening baru di Bank BCA, Anda dapat meminta pada Costumer Service Bank untuk mendaftarkan dan mengaktifkan layanan internet banking BCA sekalian, sehingga tidak perlu daftar lagi di ATM BCA.

Melalui ATM

Bagi Anda yang sudah memiliki tabungan di Bank BCA, namun belum pernah mendaftar dan mengaktifkan layanan internet banking BCA, maka dapat mendaftar sendiri melalui ATM. Berikut ini cara mendaftar Internet Banking BCA melalui ATM:

  • Masukkan kartu ATM BCA dan PIN
  • Di halaman utama pilihlah Daftar Autodebet
  • Selanjutnya pilihlah Internet Banking
  • Kemudian masukkan 6 digit PIN, lalu masukkan lagi untuk konfirmasi
  • Jika registrasi berhasil, maka akan keluar struk atau print out berisi User ID. Simpanlah print out ini sebagai bukti dan referensi untuk login di website Internet Banking Klik BCA. Setelah proses registrasi melalui ATM selesai, selanjutnya lakukan aktifasi Internet Banking Klik BCA melalui website Klik BCA : https://ibank.klikbca.com/

Berikut ini cara aktifasi Internet Banking Klik BCA:

  • Buka website Internet Banking Klik BCA di https://ibank.klikbca.com
  • Muncul Syarat dan Ketentuan Internet Banking Klik BCA, bacalah lalu klik Setuju
  • Selanjutnya masukkan email, nomor kartu ATM BCA (16 digit), User ID (lihat struk) dan PIN yang dibuat serta pilih bahasa yang digunakan
  • Kemudian login lagi menggunakan User ID dan PIN Internet Banking Klik BCA
  • Sekarang layanan Internet Banking BCA sudah aktif. Anda dapat login ke Internet Banking BCA untuk cek saldo dan mutasi rekening bank, namun belum bisa untuk transfer karena untuk transfer atau melakukan pembayaran Anda harus mempunyai keyBCA. Untuk melakukan aktivasi dan mendapatkan keyBCA, Anda datangi Customer Service Bank BCA terdekat. Setelah keyBCA aktif, Anda bisa menggunakan layanan penuh Internet Banking BCA. Biaya untuk membuat token BCA pada saat saya terakhir membuatnya adalah sebesar Rp.20.000,-

Daftar Internet Banking Bank BRI


Bank BRI tidak ketinggalan memberikan fitur tersebut yang disebut Internet Banking BRI. Agar dapat menikmati fitur ini, maka nasabah BRI harus mendaftar dahulu. Setelah berhasil dan melakukan aktifasi, fitur internet banking BRI baru bisa digunakan. Untuk dapat menggunakan layanan Internet Banking BRI Anda harus membuka rekening BRI, memiliki ATM BRI, memiliki ponsel dengan nomor operator partner BRI, memiliki email untuk pemberitahuan transaksi yang dilakukan dan melakukan pendaftaran. Ada 2 cara mendaftar Internet Banking BRI:

Melalui Customer Service Bank

Pendaftaran dan aktivasi Internet Banking BRI bisa dilakukan dengan pergi ke Bank BRI terdekat dan mendaftar ke Customer Service. Bawalah ponsel dengan nomor yang Anda daftarkan untuk mToken. Nantinya Anda akan menerima sms verifikasi untuk aktivasi sms banking.

Melalui ATM

Selain melalui Costumer Service, Anda dapat mendaftar sendiri melalui ATM. Berikut ini cara mendaftar Internet Banking BRI melalui ATM:

  • Masukan ATM, kemudian masukan password atau PIN
  • Pilih menu lainnya, kemudian pilih menu Registrasi
  • Selanjutnya pilih menu Internet Banking
  • Kemudian masukan password baru untuk layanan internet banking berjumlah 6 digit
  • Selanjutnya ulangi password yang Anda masukan tadi sekali lagi
  • Apabila pendaftaran internet banking berhasil, maka mesin ATM akan memunculkan USERID internet banking, kemudian dicetak pada struk yang berisi USERID dan Password. Biasanya USERID berupa gabungan nama dan angka tanggal lahir. Untuk mengakses layanan Internet Banking BRI, Anda dapat membuka situsnya di https://ib.bri.co.id

Berikut ini cara aktifasi Internet Banking BRI:

  • Masukan USERID dan password yang didapat dari ATM, kemudian klik tombol masuk
  • Setelah masuk, Anda akan melihat halaman syarat dan ketentuan layanan Internet Banking BRI, bacalah dan pelajari, kemudian klik setuju
  • Kemudian Anda diarahkan merubah password dari ATM dan diminta memasukan email
  • Sampai disini Anda telah berhasil melakukan pendaftaran Internet Banking BRI. Namun Anda hanya bisa menggunakan layanan internet banking untuk melakukan cek saldo dan mutasi rekening bank. Untuk bisa melakukan transfer, pembayaran dan sejenisnya Anda harus mengaktifkan mToken. Untuk melakukan aktivasi dan mendapatkan mToken BRI, Anda datangi Customer Service Bank BRI terdekat dengan membawa foto copy KTP, buku tabungan, ATM dan ponsel dengan nomor yang akan dijadikan mToken. Setelah mToken aktif Anda bisa menggunakan layanan penuh Internet Banking BRI untuk transfer, bayar tagihan dan fitur-fitur lainnya.

Daftar Internet Banking Bank BNI


Bagi nasabah Bank BNI, Anda bisa memanfaatkan layanan Internet Banking BNI untuk berbagai keperluan transaksi, baik yang bersifat bisnis, pembayaran berbagai tagihan, cek saldo, mutasi saldo, transfer uang dan keperluan lainnya. Layanan Internet Banking BNI dapat langsung diakses menggunakan PC, laptop atau handphone. Syarat memiliki layanan Internet Banking ini adalah menjadi nasabah Bank BNI. Pendaftaran Internet Banking BNI sangat mudah dan disediakan gratis bagi nasabah BNI. Ada 2 cara mendaftar Internet Banking BNI:

Melalui Customer Service Bank

Sebaiknya saat membuka rekening baru di Bank BNI, Anda dapat meminta pada Costumer Service Bank untuk mendaftarkan dan mengaktifkan layanan internet banking BNI sekalian, sehingga tidak perlu daftar lagi di ATM BCA.

Melalui ATM

Bagi Anda yang sudah memiliki tabungan di Bank BNI, namun belum mendaftar Internet Banking BNI, Anda dapat mendaftar Internet Banking BNI melalui ATM. Berikut ini cara mendaftar Internet Banking BNI melalui ATM:

  • Datang ke ATM BNI, kemudian masukkan kartu ATM dan input PIN
  • Pilihlah menu Registrasi E-Channel
  • Selanjutnya pilih menu BNI Internet Banking
  • Muncul pertanyaan akan melakukan registrasi BNI Internet Banking, pilihlah Setuju
  • Kemudian masukkan PIN registrasi Internet Banking (6 digit angka)
  • Selanjutnya masukkan PIN registrasi Internet Banking sekali lagi
  • Setelah itu Anda akan mendapatkan struk registrasi BNI Internet Banking. Setelah mendaftar Internet Banking BNI di ATM, selanjutnya lakukan aktivasi Internet Banking BNI melalui website. Cara aktivasi Internet Banking BNI adalah bukalah https://ibank.bni.co.id untuk klik personal dan klik link aktivasi di bawah form login. Kemudian ketik nomor kartu ATM BNI yang digunakan saat registrasi di ATM. Selanjutnya ketik PIN registrasi BNI Internet Banking yang dibuat di ATM. Kemudian akan tampil halaman syarat dan ketentuan BNI Internet Banking, bacalah baik-baik syarat dan pilih setuju. Setelah itu Anda buatlah User ID, Password BNI Internet Banking dan alamat e-mail, serta isi form sesuai data yang sebenarnya. Terakhir tekan tombol proses.

Sampai disini Anda sudah bisa menggunakan layanan Internet Banking BNI, seperti: cek saldo dan mutasi rekening. Namun untuk bisa melakukan transfer lewat Internet Banking BNI, Anda membutuhkan token BNI yang bisa didapatkan dengan menghubungi Costumer Service Bank BNI terdekat.

Daftar Internet Banking Bank Mandiri


Internet Banking Mandiri merupakan salah satu fitur yang menguntungkan nasabah bank Mandiri. Fitur tersebut memberikan kemudahan bagi nasabah, sehingga Anda dapat melakukan transaksi tanpa harus mondar-mandir ke kantor Bank Mandiri. Ada 2 cara mendaftar Internet Banking Mandiri:

Melalui Costumer Service Bank

Anda hanya perlu pergi ke Bank Mandiri terdekat untuk meminta aktivasi di Costumer Service. Selanjutnya Costumer Service akan mengaktifasi fitur Internet Banking Anda.

Melalui ATM

Apabila sibuk dan tidak memiliki waktu untuk pergi ke Bank Mandiri, maka ada cara yang mudah dan menghemat waktu, yaitu melalui mesin ATM. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pergi ke mesin ATM Mandiri
  • Masukan kartu ATM dan PINnya
  • Muncul menu, kemudian pilih Menu Utama
  • Selanjutnya pilih Transaksi Lainnya
  • Pilih Pendaftaran E-Banking
  • Kemudian pilih Internet Banking
  • Muncul halaman syarat dan ketentuan layanan Internet Banking Mandiri dan pilih Setuju
  • Selanjutnya buat password internet banking Mandiri (6 digit) dan pilih tombol Benar
  • Masukan password sekali lagi dan tekan tombol Benar
  • Jika pendaftaran sukses akan muncul pemberitahuan di layar mesin ATM
  • Dalam tahap ini Anda telah selesai, maka akhiri dengan tekan tombol selesai dan selanjutnya melakukan aktivasi. Karena tanpa aktivasi maka fitur ini tidak bisa digunakan secara maksimal.

Berikut ini langkah-langkah aktivasi:

  • Buka alamat situs Internet Banking Mandiri https://ib.bankmandiri.co.id. Dan akan melihat halaman login web resmi Bank Mandiri
  • Selanjutnya klik pengguna baru/registrasi ulang dan pilih Setuju
  • Lalu masukkan Access ID dan Access Code Internet Banking Anda (Access ID adalah 16 digit nomor di kartu ATM, sedangkan Access Code Internet Banking adalah 6 digit password saat daftar dimesin ATM)
  • Setelah semua benar lalu klik Aktifkan
  • Selanjutnya silahkan membuat User ID dan password untuk login/masuk Internet Banking Mandiri yang akan digunakan untuk seterusnya
  • Manfaatkan Internet Banking, Kemudahan Layanan Tanpa Batas

Pada awalnya, Saya juga tidak begitu tertarik untuk mengaktifkan fitur internet banking, Akan tetapi karena tuntutan bisnis online, Terpaksa harus membuatnya. Tetapi setelah mendapatkan akses penuh dari internet banking dari bank yang saya gunakan, Ternyata fitur internet banking ini sangat penting sekali, Bukan hanya untuk bisnis online saja, Akan tetapi untuk keperluan lainnya juga seperti cek saldo, transfer uang, isi pulsa, belanja online dan sebagainya, Sehingga saya tidak perlu bolak balik ke ATM untuk melakukan transaksi atau cek saldo. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua, Terutama bagi anda yang menjalankan bisnis online,