Keuntungan Menjadi Petani - Info Serba Ada

Breaking

Kamis, 01 September 2016

Keuntungan Menjadi Petani



Keuntungan menjadi petani yang mungkin akan merubah pemikiran masyarakat di pedesaan untuk merubah pemikiran mereka bahwa keuntungan yang dihasilkan dari pertanian jauh lebih besar bila dibandingkan dengan bekerja di kota dan perkantoran. Di setiap pekerjaan baik itu di darat, di air mau pun di udara pastilah memiliki yang namanya keuntungan. Keuntungan di sini bermacam-macam bisa berupa materi, kesehatan, kepuasan, kebebasan, dan lain sebagainya.

Tanpa adanya keuntungan, Mustahil manusia sanggup bertahan dengan pekerjaan yang dimiliki, Apalagi jika itu merupakan pekerjaan utamanya. Memang tidak bisa dipungkiri jika keuntunganlah yang di cari dari sebuah pekerjaan dan dengan adanya keuntunganlah maka akan bisa membuat kita mencintai pekerjaan tersebut.

Sama halnya dengan bertani, Pekerjaan yang di miliki oleh mayoritas penduduk pedesaan ini juga memiliki berbagai macam keuntungan yang tentunya cukup bagus untuk di simak. Apa semua kelebihan, manfaat dan keuntungannya. Berikut ini adalah beberapa keuntungan menjadi seorang petani.

1. Tidak Terikat

Bekerja bebas tanpa terikat, adalah impian semua orang. Dengan menjadi seorang petani, Anda bisa bekerja tanpa ikatan apa pun dan tanpa perintah dari siapapun. Anda bebas menentukan jam berapa mulai bekerja, Jam berapa istirahat dan jam berapa anda harus menghentikan pekerjaan. Anda juga bisa berlibur kapan pun dan meninggalkan sementara pekerjaan anda tanpa perasaan cemas memikirkan tugas dari pimpinan anda. Bahkan, Ketika anda sakit atau tidak bekerja dalam waktu yang cukup lama, tidak ada yang akan memecat anda.

2. Bebas Menentukan Apa Yang Ingin Anda kerjakan

Di dalam bertani banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan. Tidak hanya menanam kemudian memanennya. Akan tetapi, kegiatan lainnya yang membutuhkan waktu dan tenaga, masih segudang lagi macamnya. Tapi tenang, Anda bebas menentukan pekerjaan apa yang akan Anda kerjakan. Apakah hari ini mau mencangkul, menyiangi rumput, atau yang lain-lainnya. Yang terpenting ialah, ikuti kemauan Anda.

3. Bisa Hidup Lebih Sehat

Saya yakin, Orang yang bekerja dengan olah fisik setiap hari akan lebih sehat dibanding mereka mereka yang kerjanya hanya duduk-duduk saja, Seperti bekerja dikantoran. Logikanya kalori dan lemak akan terbakar, sehingga membuat tubuh tetap ideal. Keringat juga akan keluar, Racun terbuang bersama keringat dan aliran darah pun menjadi lancar.

Kelebihan bekerja di sawah atau di kebun adalah setiap hari kita akan menghirup udara yang masih bersih dan belum tercemar oleh polusi, Beda hal jika kita bekerja di kota yang harus mengisap asap kendaraan setiap harinya dan juga terkena macet. Belum lagi ditambah paparan sinar mentari pagi yang mengandung vitamin D, yang tentunya turut memberi asupan vitamin bagi anda.

4. Bisa Sambil Membuka Usaha Sampingan

Kebebasan waktu yang dimiliki oleh petani, membuat banyak sekali waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain yang tentunya bisa menghasilkan keuntungan ganda bagi anda. Salah satunya adalah dengan membuka usaha sampingan

Banyak sekali usaha sampingan yang bisa kita jalankan selain dengan menjadi seorang petani yang tentunya akan menguntungkan bagi anda. Usaha dalam bidang pertanian ini merupakan jenis usaha yang sebenarnya sangat cocok untuk negara kita tercinta ini. Karena seperti yang kita tahu bahwa Indonesia merupakan daerah dengan tanah yang sangat subur. Berikut ini adalah usaha sampingan yang bisa anda lakukan.

1. Menanam Rempah-Rempah

Dari sejak dahulu kala Indonesia memang sangat terkenal dengan rempah-rempahnya. Bahkan karena alasan rempah-rempah Indonesia dijajah oleh negara lain. Tanah Indonesia memang sangat bagus untuk ditanami beraneka jenis rempah-rempah. Rempah-rempah ini selain digunakan sebagai bumbu dapur juga digunakan untuk aneka obat herbal. Contoh rempah-rempah yang memiliki harga jual tinggi adalah jahe merah.Namun masih banyak lagi rempah-rempah lainnya yang bernilai tinggi dan cara cepat untuk menghasilkan keuntungan dari usaha ini adalah menjalin kerjasama dengan toko herbal, Pabrik jamu atau lainnya.

2. Berbisnis Tanaman Hias

Tanaman hias merupakan salah satu ide usaha sampingan bagi anda yang suka dengan berkebun terutama bunga. Lumayan bukan jika hobi tersebut bisa menghasilkan uang. Anda bisa memulai dengan menanam aneka jenis tanaman hias dipekarangan anda. Untuk pemasaran anda bisa memasarkannya ke sekolah-sekolah, kantor-kantor, instansi-instansi dan lain-lain yang membutuhkan tanaman hias ini. Untuk memperoleh keutungan yang cepat perbanyaklah menanam jenis tanaman hias yang paling diminati masyarakat.

3. Menanam Sayuran Dan Buah Organik

Sayuran dan buah organik bisa jadi alternatif jenis usaha yang menguntungkan dan menyehatkan. Saat ini mulai sulit mencari sayuran-sayuran dan buah organik karena semua telah mengandung bahan kimia yang membahayakan kesehatan. Sehingga menanam sayuran dan buah organik bisa jadi pilihan bisnis yang menguntungkan untuk dijalani. Aneka sayuran organik yang bisa ditanaman ialah wortel, seledri, tomat, sawi, jagung manis, terong, mentimun dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi sebelumnya anda perlu belajar bagaimana cara menanam tanaman organik yang benar agar bisa menghasilkan keutungan yang maksimal.

4. Ternak Ikan

Menanam padi sekaligus budidaya ikan di sawah jelas akan memberikan keuntungan tersendiri. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari teknik minapadi.

Masa pemeliharaan singkat

Waktu pemeliharaan budidaya ikan di sawah sangat singkat. Hal ini dikarenanakan semua kebutuhan alami untuk pertumbuhan ikan tercukupi. Seperti yang kita tahu, tanah persawahan memang sangat subur dikarenakan perawatan yang dilakukan.

Kesuburan tanah terjamin

Tanah persawahan biasanya sangat subur dibandingkan jenis tanah lain. Pemeliharaan padi yang dilakukan secara tidak langsung juga akan merawat lahan tersebut. Tanah yang subur akan menyediakan banyak makanan alami untuk medukung perkembangan ikan

Tersedianya makanan alami

Tanah yang dangkal akan memberikan keuntungan tersendiri dalam suplai makanan. Tanah yang dangkal memungkinkan sinar matahari masuk hingga mencapai permukaan tanah. Tumbuhan yang terdapat pada dasar tanah dapat melakukan fotosintesis sehingga akan tetap tumbuh.

Banyaknya kandungan organik

Sawah yang telah ditebas biasanya akan meninggalkan batang padi. Batang padi yang terendam air biasanya akan memicu perkembangan sejenis kutu air. Untuk beberapa jenis ikan, kutu air merupakan makan utama sebagai sumber pangan.

Demikianlah keuntungan yang didapatkan dengan menjadi seorang petani. Banyak sekali generasi pemuda saat ini yang tidak ingin meneruskan warisan keluarga mereka untuk mengelolah sawah, Karena menjadi seorang petani dinilai rendah, Pada kenyataannya menjadi seorang petani itu adalah pekerjaan yang sangat mulia, Coba saja anda bayangkan jika dinegara ini tidak ada petani, Masyarakat mau makan apa , Bertani selain bermanfaat bagi si petani itu sendiri tapi bermanfaat juga bagi orang lain, Bahkan boleh dikatakan pertanian adalah sebab pokok sumber kehidupan di masyarakat Indonesia ,

Selain itu jangan hanya karena harga pupuk dan pembasmi hama yang tinggi membuat anda mengurungkan niat untuk menjadi seorang petani, Karena pada saat ini banyak sekali informasi untuk mengatasi solusi para petani yang bisa anda cari melalui internet atau secara online dan pastinya dari informasi tersebut, Maka anda bisa menjadi seorang petani modern yang bisa membuat pupuk sendiri dengan biaya yang murah dan juga bisa mengetahui cara membasmi hami tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi.

SEMOGA MAJU DAN SEMAKIN BERKEMBANG PERTANIAN DI INDONESIA