Bahaya Minuman Keras - Info Serba Ada

Breaking

Sabtu, 03 September 2016

Bahaya Minuman Keras


Kita tahu bahwa mengkonsumsi minuman keras itu tidak diperbolehkan oleh semua ajaran agama, Mengapa demikian. Sudah pasti karena agama mengajarkan kita kepada kebaikan dan kebenaran. Tentunya ada beberapa alasan agama melarang kita untuk mengkonsumsi minuman keras atau minuman beralkohol, Sudah pasti minuman keras itu akan menimbulkan banyak dampak negatif bagi kesehatan dan juga bagi kehidupan sosial kita. Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa dampak negatif dari minuman keras, Akan tetapi banyak juga dari mereka yang tidak mengetahui bahaya yang ditimbulkan dari minuman keras tersebut secara detail.

Beberapa orang menganggap minuman keras atau minuman beralkohol hanya membuat mabuk dan tidak menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan. Namun sebenarnya minuman beralkohol dapat merusak beberapa fungsi organ tubuh secara permanen bila dikonsumsi berlebihan dan dalam jangka waktu panjang. Bahkan pada saat ini sudah banyak sekali minuman keras oplosan atau minuman keras yang mengandung campuran bahan kimia yang membahayakan jiwa kita.

Bagi anda yang masih suka mengkonsumsi minuman keras atau minuman beralkohol sebaiknya baca secara detail bahaya minuman keras bagi kesehatan anda berikut ini.

1. Gangguan Ginjal

Fungsi ginjal sangat penting bagi kesehatan tubuh. Dalam jangka waktu lama, Minuman keras atau minuman beralkohol secara teratur akan mengganggu fungsi ginjal menjadi abnormal. Alkohol memperbesar ginjal sehingga mempengaruhi fungsi hormon normal tubuh. Bahkan hal ini berpotensi besar menyebabkan gagal ginjal. Kalau sudah terkena gagal ginjal, Maka setidaknya anda harus rajin cuci darah agar dapat bertahan hidup yang pastinya akan memakan biaya sangat mahal.

2. Penyakit Jantung

Jantung merupakan organ vital untuk memompa darah. Efek negatif mengonsumsi minuman beralkohol yaitu akan menimbulkan tekanan darah menjadi tinggi sehingga mempengaruhi kinerja jantung. Asupan alkohol juga mempengaruhi tingkat kolesterol baik dalam tubuh, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

3. Gangguan Hati

Organ tubuh yang dapat rusak akibat minuman beralkohol adalah hati dan ini sudah umum sering terjadi pada orang yang suka mengkonsumsi minuman keras. Asupan minuman beralkohol yang terlalu banyak meningkatkan akumulasi lemak di hati sehingga mempengaruhi fungsi hati bagi tubuh. Dalam banyak kasus, hal ini berakibat merusak hati. Pada tahapan selanjutnya adalah anda akan terserang hepatitis. Jika Anda tidak berhenti minum alkohol, Hepatitis akan semakin berkembang. Hepatitis yang sudah akut bisa menyebabkan gagal hati. Hal ini bisa menyebabkan pembekuan darah terganggu, penyakit kuning, koma, dan perdarahan di dalam usus.

4. Gangguan Penglihatan

Alkohol juga berdampak pada mata. Akibat alkohol, Ketajaman penglihatan seseorang akan semakin berkurang dari hari ke hari. Hal ini disebabkan adanya kerusakan pada sel saraf mata akibat sifat alkohol yang mudah melarutkan. Sebenarnya sel-sel saraf kita sudah dilindungi lapisan lemak namun saat meminum alkohol, Lapisan lemak yang melindungi sel saraf akan larut dan akibatnya sel-sel saraf menjadi rusak

5. Mengganggu Sistem Pencernaan

Efek negatif alkohol bagi kesehatan dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh lapisan internal saluran gastro. Hal ini menyebabkan banyak masalah kesehatan muncul yang berhubungan dengan saluran pencernaan yang dapat menyebabkan gastritis, tukak lambung, dan kanker usus besar.

6. Menyebabkan Kerusakan Sistem Reproduksi

Konsumsi alkohol berlebihan bisa menjadi penyebab kerusakan pada sistem reproduksi. Hal ini sudah terbukti  jika asupan alkohol secara tidak langsung menyebabkan infertilitas (kemandulan) pada wanita dan menyebabkan impotensi pada pria. Bahkan, Asupan alkohol yang berlebihan juga dapat menjadi pemicu kanker payudara pada wanita.

7. Merusak Kulit

Fungsi kulit bagi tubuh tak kalah penting dengan organ tubuh lainnya. Konsumsi alkohol dengan jumlah banyak dan terus menerus juga akan merusak kulit. Kulit menjadi kusam, kulit berwarna merah dan mudah iritasi. Selain itu, Alkohol juga bisa mempengaruhi kapiler dan pembuluh darah pada kulit. Hal ini juga menimbulkan tanda-tanda awal penuaan dini baik pada pria maupun pada wanita.

8. Menyebabkan Osteoporosis

Bagi yang mengonsumsi minuman beralkohol juga beresiko mengalami kerusakan tulang. Kerusakan tulang mengakibatkan meningkatnya resiko patah tulang dan memperlambat proses pemulihan tulang. Meminum alkohol akan menghambat pembentukan tulang yang baru, Sehingga umur tulang akan terus berkurang dari hari ke hari dan akan mudah rapuh.

9. Mengganggu Sistem Saraf

Sistem saraf pusat bertanggung jawab untuk beberapa fungsi utama tubuh. Konsumsi minuman keras akan memberi pengaruh buruk pada kesehatan. Alkohol mempengaruhi sistem saraf dengan menghambat distribusi sinyal antara saraf tulang belakang dengan otak. Akibat yang ditimbulkan memicu mati rasa, Koordinasi tubuh seseorang menjadi tumpul. Kurangnya koordinasi dan perilaku yang tidak terkontrol merupakan efek paling terlihat ketika seseorang mabuk.

10. Menyebabkan Kanker

Kebiasaan mengkonsumsi minuman berakohol akan mengakibatkan tingginya resiko penyakit kanker, Resiko ini terjadi karena tubuh mengubah alkohol menjadi aseltidihida, Yaitu suatu agen karsinogenik kuat. Jenis kanker yang terjadi akibat mengkonsumsi alkohol biasanya adalah :kanker mulut, kanker faring (kerongkongan), kanker laring (pita suara), kanker esofagus (tenggorokan), kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar.

11. Kejang

Banyak mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan epilepsi dan memicu timbulnya kejang pada orang yang tidak menderita epilepsi. Selain itu, alkohol juga mempengaruhi kerja obat yang digunakan untuk mengatasi kejang dan epilepsi.

11. Dapat Menyebabkan Infeksi

Alkohol yang dikonsumsi dapat menekan kekebalan tubuh seseorang yang menyebabkan mudahnya tubuh kita terinfeksi virus penyakit paling berbahaya, Terutama penyakit seksual seperti, tubekolosis, HIV/AIDS, pneumonia dan lainnya.

Selain dapat mengganggu kesehatan, Bahaya minuman keras atau minuman beralkohol juga dapat menyebabkan dampak negatif pada lingkungan sosial kita, Efek langsung alkohol dapat mencetuskan tindak kriminal dengan mengubah inhibasi yang normalnya adalah seseorang bertingkah laku tidak biasanya. Karena secara tidak langsung alkohol mengganggu sistem saraf yang menyebabkan menurunnya tingkat kesadaran kita dan akan berpotensi untuk memicu sebuah tindakan kriminal. Karena sudah hal yang umum jika orang mabuk itu sangat rentan untuk melakukan tindakan kejahatan.

Semoga dengan artikel ini bisa menyadarkan kita bahwa betapa banyaknya dampak negatif yang disebabkan oleh minuman keras atau minuman beralkohol yang bukan hanya merusak kesehatan saja, Akan tetapi dapat mengancam jiwa dan juga mengundang tindakan kriminal.