Wapadai Bahaya Badan Terlalu Gemuk - Info Serba Ada

Breaking

Selasa, 30 Agustus 2016

Wapadai Bahaya Badan Terlalu Gemuk


Jangan pernah sepelekan masalah berat badan anda. Selain untuk menunjang penampilan, Berat badan yang ideal juga baik bagi kesehatan. Karena itu penting bagi kita untuk menjaga berat badan agar tidak terlalu gemuk, Khususnya bagi mereka yang dalam keluarganya memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi/ hipertensi, diabetes, sakit jantung, dan memiliki kadar kolesterol tinggi.

Kegemukan bisa diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Hal ini sangatlah berbahaya karena bisa memberi dampak yang buruk bagi kesehatan. Tubuh yang memiliki berat berlebih dapat memicu munculnya berbagai macam penyakit kronis seperti diabetes atau penyakit jantung dan akan ada begitu banyak bahaya kegemukan atau obesitas bagi kesehatan anda, antara lain:

1. Gangguan Pernapasan

Penderita obesitas lebih cenderung untuk sulit bernafas dan nafasnya sangat pendek. Kondisi ini disebabkan karenan tumpukan lemak pada daerah dada dan leher yang membuat penderitanya sangat kesulitan ketika akan mengambil atau mengeluarkan udara untuk bernapas.

2. Hipertensi

Obesitas memiliki hubungan yang erat dengan penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini bisa terjadi akibat dari seringnya mengkonsumsi makanan penyebab darah tunggi, kolesterol dan lemak berlebih yang akhirnya dapat memicu penyempitan pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi naik.

3. Penyakit Jantung

Timbunan lemak di sekitar pinggang dan perut, akhirnya akan menyebabkan penyakit jantung karena lemak dan pembekuan yang masuk ke dalam aliran darah.

4. Stroke

Lemak perut memicu perubahan angiotensin, hormon yang menyebabkan stroke. Untuk menghindari risiko ini dikaitkan dengan lemak perut, penting bagi Anda untuk mengontrol lemak di perut Anda.

5. Kanker Payudara

Untuk beberapa wanita, kanker payudara adalah risiko lain yang berhubungan dengan lemak perut. Meskipun beberapa studi menyatakan bahwa ini tidak terbukti benar, itu selalu lebih baik untuk tinggal di sisi aman dengan menjaga lemak di perut.

6. Menyebabkan Gangguan Tidur

Orang berbadan gemuk cenderung lebih berisiko mengalami gangguan tidur. Sleep apnea, yaitu kondisi saat orang berhenti bernapas beberapa kali saat tidur dan ini merupakan gangguan yang serius. Kondisi ini membuat kadar oksigen turun drastis, sehingga memengaruhi jantung dan pembuluh darah.

7. Permasalahan Pada Kulit

Obesitas bisa menimbulkan permasalahan pada kulit dikarenakan terjadinya perubahan pada hormon. Timbunan lemak yang berlebih juga akan membuat kulit menjadi lebih lebar sehingga akan tercipta garis-garis halus. Bahkan lipatan lemak ini bisa menjadi tempat jamur dan bakteri untuk tumbuh dengan subur sehingga bisa memicu terjadinya infeksi.

8. Asam Lambung Naik

Kelebihan berat badan juga bisa memicu asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi seperti ini akan memberikan sensasi terbakar bagi penderitanya, dan juga akan memberikan rasa sakit serta tekanan di sekitar daerah leher dan dada. Hal ini disebabkan karena timbunan lemak yang menekan daerah lambung sehingga memicu asam lambung menjadi naik.

9. Meningkatnya Resiko Terkena Kanker

Pada pria, kegemukan juga dapat mengakibatkan meningkatnya risiko terkena berbagai jenis kanker seperti adenokarsinoma esofagus, kanker kantung empedu, kanker ginjal, kanker pankreas, kanker tiroid, dan kanker kolon.  Sementara pada wanita, kegemukan dapat meningkatkan risiko terkena kanker ginjal, kanker kantung empedu, adenokarsinoma esofagus, dan kanker rahim.

Oleh karena itu, Ada banyak alasan medis untuk menjaga agar tubuh tidak terlalu gemuk. Jangan pernah menunda lagi untuk menjaga berat badan tetap sehat dengan menerapkan pola makan sehat dan berolahraga secara teratur.

Dan berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang dapat membantu anda untuk mengatasi kegemukan atau kelebihan berat badan

1. Bersepeda

Cara cerdas untuk berolahraga kardio dan memaksimalkan program penurunan berat badan adalah dengan bersepeda. Satu jam bersepeda intens dapat membakar hingga 850 kalori. Namun, jika anda tinggal di kota dengan akses jalan yang minim, Maka anda bisa memilih alternatif lain yaitu dengan menggunakan sepeda statis. Jangan lupa sediakan juga air minum agar tubuhmu terhindar dari dehidrasi.

2. Lompat Tali

Lompat tali bukan lagi permainan yang hanya diperuntukkan bagi anak-anak. Bahkan, kegiatan ini merupakan salah satu latihan terbaik untuk membakar kalori secara cepat dan efektif. Satu jam melakukan olahraga lompat tali mampu membakar 700 sampai 800 kalori. Namun, intensitas adalah yang terpenting. Mulailah dengan sepuluh sampai dua puluh menit jika anda seorang pemula.

3. Berenang

Jika anda takut berkeringat, Berenang bisa menjadi solusi terbaik untuk membakar kalori dengan cepat. Satu jam berenang secara intens mampu membakar hingga 700 kalori. Selain itu, berenang juga akan membantu anda tetap bugar dan juga dapat menyehatkan paru-paru anda.

4. Aerobik

Aerobik adalah jenis olahraga yang menyenangkan. Dari semua latihan terdaftar di sini, Olahraga ini akan membantu anda dalam menurunkan berat badan dengan cepat. Bahkan, Sejumlah pelatih kebugaran merekomendasikan aerobik karena hasil yang akan anda dapatkan, Yaitu memiliki tubuh seksi dan langsing.

5. Berjalan Kaki

Berjalan kaki selama 1 jam dapat membakar 239 kalori. Bila anda memiliki masalah sendi atau tidak mempunyai waktu khusus untuk jogging, Anda dapat meningkatkan jalan kaki di antara kegiatan anda, misalnya berjalan menuju restoran, menuju halte transportasi, dan lain-lain.

Demikian informasi tentang bahaya badan terlalu gemuk, Semoga bisa memberikan manfaat bagi anda semua agar dapat tetap hidup sehat.