Manfaat Daun Kelor Yang Sangat Luar Biasa - Info Serba Ada

Breaking

Jumat, 26 Agustus 2016

Manfaat Daun Kelor Yang Sangat Luar Biasa


Tanaman Kelor juga disebut sebagai Moringa oleifera dan merupakan tumbuhan dari jenis suku Moringaceae. Daunnya berbentuk bulat lonjong dan ukurannya yang kecil tersusun rapi pada sebuah tangkai, biasanya dimasak sebagai sayur untuk pengobatan dan menjaga kesehatan, dan tumbuhan ini juga memiliki tinggi batang sekitar 7 sampai 11 meter, memiliki bunga dengan warna putih kekuning-kuningan yang mengeluarkan bau dengan aroma bau semerbak, serta memiliki buah dengan bentuk segitiga memanjang biasanya di sebut kelentang dan biasanya juga bisa dimasak sebagai sayur.

Dari akar sampai biji, bunga, dan buahnya, daun kelor memiliki manfaat yang tiada terkira. Penelitian pada manfaat daun kelor dimulai dari daunnya, lalu kulit batang, buah dan bijinya, telah dimulai sejak tahun 1980, negara yang tradisi penduduknya menanam pohon kelor adalah somalia, etiopoa, sudan, karena pohon kelor merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari sebagai sayuran dan berfungsi untuk menjaga kesehatan,

Namun kini daun kelor seperti terlupakan seiring banyaknya ragam makanan. Padahal, daun kelor mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan daun kelor itu ternyata mengandung 3 kali potasium dari pada pisang, 4 kali vitamin A dari wortel, 25 kali zat besi dari pada bayam, 7 kali vitamin C jeruk, 4 kali kalsium susu, dan 3 kali protein yoghurt.

Kandungan vitamin C daun kelor semakin banyak dari sayur ataupun buah lainnya. Di luar itu, kandungan vitamin A serta potasium dalam daun kelor sangatlah tinggi. Tak heran bila daun kelor dianggap juga sebagai tanaman ajaib yang sangatlah bagus untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat daun kelor yang sangat luar biasa

Manfaat Untuk Kesehatan

  • Biji polong kelor diketahui mengandung sekitar 40 persen minyak  yang dikenal sebagai minyak Ben. Minyak kelor ini kaya akan antioksidan, dan profil nutrisinya mirip dengan minyak zaitun.
  • Daun kelor yang masih muda adalah bagian yang paling banyak dimanfaatkan dari tanaman ini. Hal ini biasanya dimakan sebagai sayuran, yang menyediakan zat besi sejumlah tiga kali lebih banyak daripada sayur daun bayam.
  • Kelor menyediakan semua jenis asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Asam amino adalah unsur protein yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh, serta memperbaiki dan memelihara sel-sel. Tubuh manusia memproduksi asam amino antara 10 sampai 12 jenis, sementara sisanya yang 8 yang dikenal dengan asam amino esensial  harus didapatkan dari makanan sehari-hari.
  • Daun kelor bisa membantu meningkatkan jumlah energi secara alami dan tahan lama. Juga telah ditemukan dapat menyembuhkan bisul, menghambat tumor, mengurangi rasa sakit sendi atau arthritis dan mengendalikan tekanan darah.
  • Mengonsumsi daun kelor secara rutin sebagai sebagai bagian dari diet akan meningkatkan mekanisme pertahanan alami tubuh terhadap infeksi. hal ini adalah stimulan untuk kekebalan tubuh, bahkan sering diresepkan untuk pasien AIDS.
  • Kelor kaya vitamin A dalam bentuk beta-karoten, nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan lensa mata, serta mencegah penyakit mata degeneratif seperti rabun senja. Beta karoten juga penting untuk memperkuat daya tahan tubuh sehingga lebih cepat sembuh ketika terkena penyakit seperti flu dan pilek.
  • Ini yang penting bagi wanita yang menyusui. Telah dilaporkan bahwa kelor dapat meningkatkan jumlah ASI secara dramatis. Jika Anda adalah ibu baru yang merasa memiliki jumlah ASI yang kurang, bisa mencoba mengonsumsi sayur daun kelor yang segar dan manis. 
  • Kelor dapat menyeimbangkan kadar gula, sehingga bisa efektif untuk membantu mengontrol kadar gula bagi penderita kencing manis.
  • Konsumsi junk food dan makanan berlemak tinggi dapat menyebabkan kadar kolesterol tinggi, yang meningkatkan faktor risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Kelor mampu membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga Anda akan semakin jauh dengan penyakit yang mematikan ini..
  • Agar tubuh senantiasa sehat, dan fit, syarat utamanya adalah memiliki sistem metabolisme tubuh yang bekerja dengan baik. Mengonsumsi rutin daun kelor akan merangsang metabolisme dan struktur sel dalam tubuh.
  • Kelor memiliki sifat antibakteri dan anti racun, Sehingga dapat digunakan sebagai pembersih racun alami. Biji kelor yang dicampur dengan air putih dapat membantu menyerap semua kotoran, serta membantu mengeluarkan racun yang menumpuk dalam darah.
  • Daun kelor tidak memiliki efek samping, sehingga dengan demikian aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Saat ini, daun kelor telah digunakan kedalam bubur, pasta dan roti untuk meningkatkan nutrisi makanan.
  • Suplemen alami dari kelor dibuat dari daun dan polong kelor, merupakan sumber alami dari kalsium dan multivitamin. Hal ini tentu sangat baik untuk menunjang vitalitas tubuh, dan tanpa efek samping karena terbuat dari bahan alami.
  • Bunga tanaman kelor sudah digunakan dalam pembuatan teh herbal yang mengandung flavonoid dan beberapa antioksidan.
  • Akar dari tanaman kelor telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengendalikan gangguan sistem peredaran darah, mencegah peradangan,  untuk merangsang nafsu makan, dan untuk meningkatkan fungsi saluran pencernaan. Selain itu, akar kelor juga dapat mengobati masalah kejantanan pria serta masalah masalah saluran reproduksi pada wanita.
  • Menurut penelitian, kandungan tertentu yang terkandung dalam akar tanaman kelor dapat menyembuhkan penyakit kanker ovarium, peradangan dan batu ginjal . Hal ini juga akan meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan karena membantu mengeluarkan kalsium dan fosfat dari dalam ginjal secara lebih efisien.

Manfaat Untuk Rambut

  • Kelor memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dalam bentuk beta-karoten, yang penting untuk mempromosikan pertumbuhan dan pemeliharaan rambut . Distribusi oksigen dan nutrisi yang optimal melalui sistem peredaran darah ke folikel rambut sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang tepat. Vitamin A berperan penting dalam perkembangan sel-sel dan jaringan dalam tubuh yang sehat dan mengurangi potensi rambut rontok. Sementara kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penebalan pada kulit kepala, yang berakhir pada rambut yang kering dan berketombe.
  • Tanaman ini juga mengandung zinc atau seng yang berperan merangsang pertumbuhan rambut dengan cara  meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Seng, silika, dan vitamin A secara bersama mencegah pengeringan dan penyumbatan kelenjar sebaceous yang bertanggung jawab untuk produksi sebum. Kekurangan zinc dapat menyebabkan atrofi pada folikel rambut karena penurunan sintesis protein. Zinc juga sangat mempengaruhi konformasi dari asam nukleat.
  • Vitamin E  merupakan jenis antioksidan kuat yang berperan merangsang sirkulasi darah di sekitar kulit kepala. Aliran darah yang tepat ke kulit kepala akan membantu pengiriman nutrisi yang cukup ke folikel rambut.
  • Kelor adalah gudangnya semua jenis nutrisi yang dibutuhkan bagi kesehatan rambut . Rambut rontok bisa terjadi karena kekurangan vitamin B6, biotin, inositol dan asam folat. Sirkulasi darah yang tepat ke kulit kepala akan memungkinkan bagi folikel rambut untuk tumbuh lebih kuat dan sehat. Vitamin C secara bersama dengan vitamin E akan membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Hal ini sangat penting untuk memelihara kapiler yang membawa darah ke folikel rambut.
  • Kelor mengandung banyak mineral seperti kalsium, zat besi, kalium, magnesium, selenium, tembaga dan mangan yang penting untuk kesehatan rambut.
  • Minyak kelor adalah suplemen alami yang bisa meningkatkan kekuatan rambut dan kesehatan kulit kepala. Memijat kulit kepala secara teratur dengan minyak kelor bisa membantu mengurangi rambut pecah  dan ketombe. Hal ini akan membantu memberikan vitamin dan mineral untuk meremajakan folikel rambut dan jaringan kulit kepala.

Manfaat Untuk Kulit

  • Kelor kaya akan nutrisi seperti kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, dan vitamin  E; serta mineral termasuk tembaga, zat besi, seng, magnesium, silika dan mangan. Tanaman ini juga memiliki sifat pelembab memiliki kemampuan pembersih yang sangat baik, sehingga sering digunakan sebagai bahan aktif untuk produk perawatan kulit.
  • Dampak radikal bebas pada kulit  menyebabkan munculnya keriput dan membuat kulit menjadi cepat keriput dan muncul flek hitam. Kelor dengan kapasitas antioksidannya yang tinggi bisa membantu membersihkan kerusakan sel-sel kulit dari efak radikal bebas dan memulihkannya menjadi muda kembali.
  • Daun  kelor mengandung sekitar 30 jenis antioksidan yang semuanya berperan besar terhadap kesehatan kulit. Minyak moringa sangat diserap kulit sehingga membantu memberikan antioksidan untuk melindungi sel-sel kulit.
  • Sulfur terdapat dalam setiap sel tubuh dan merupakan bahan utama untuk pembentukan kolagen dan keratin. Kolagen adalah zat elastis yang memberikan kelembutan dan flesibilitas pada kulit. Sementara keratin adalah zat yang kaku yang memberikan kekuatan untuk kulit. Kedua zat ini akan membentuk  sebagian besar jaringan kulit, yang terdiri dari protein yang diibangun dari sulfur. Daun kelor mengandung sulfur yang tinggi.
  • Ekstrak biji buah kelor merupakan bahan yang populer untuk industri kosmetik,  karena memiliki manfaat untuk terapeutik dan memurnikan kulit. Ini adalah kemampuan untuk menyaring kotoran dalam kulit dan bersifat detoksifikasi dan meremajakan kulit, yang akan meningkatkan warna  alami kulit. Bubur  yang terbuat dari daun kelor mampu memperindah kulit dan dapat digunakan sebagai masker wajah.
  • Bubuk biji kelor seing digunakan sebagai bahan aktif untuk krim pembersih dan lotion, yang akan memberikan perlindungan kulit dari asap dan polusi.

Demikianlah manfaat yang sangat luar biasa dari tanaman kelor. Semoga artikel ini bermanfaat !!!!!