Koleksi Barang Antik Yang Bernilai Tinggi - Info Serba Ada

Breaking

Kamis, 01 September 2016

Koleksi Barang Antik Yang Bernilai Tinggi

Koleksi Barang Antik Yang Bernilai Tinggi

Barang antik merupakan barang atau benda kuno yang bernilai sebagai hasil karya atau benda budaya. Tidak ada ketentuan harga yang pasti dalam bisnis barang antik ini, bahkan kecenderungan untuk mendapatkan harga yang sangat tinggi juga bisa didapat, Karena semakin langka dan semakin tuanya barang tersebut akan membuat harganya semakin mahal. Jenis dan kategori barang antik yang diminati beraneka ragam. Barang antik memang terkenal selalu memiliki harga yang unik dan sangat tinggi bahkan hingga di luar nalar orang biasa. Nilai historis yang terkandung di sejumlah barang antik memang mampu mendorong harganya melambung sangat tinggi.

Berburu barang antik sangat identik dengan mereka yang sudah tua dan kolektor barang-barang kuno (antik). Namun saat ini berburu barang-barang antik juga disenangi oleh mereka yang masih muda dan bukan merupakan kolektor barang-barang kuno yang suka berburu barang antik. Banyak alasan yang mempengaruhi mereka berburu barang-barang antik ini, Mulai dari kesukaan dan hobi terhadap barang tersebut sampai peluang bisnis yang bisa mereka dapat dari jual beli barang antik tersebut.

Oleh karena itu dengan memiliki koleksi barang antik, Tetunya bisa menjadi sebuah nilai investasi yang sangat besar. Apalagi jika koleksi barang antik yang kita miliki adalah sebuah barang antik yang banyak dicari oleh kolektor. Akan tetapi kita juga harus benar-benar menggali banyak informasi mengenai harga barang antik, Karena jika kita tidak mengetahui informasi tersebut, bisa jadi kita akan tertipu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang membeli koleksi barang antik yang kita miliki dengan harga murah, Padahal harga barang tersebut sangatlah mahal dan banyak dicari oleh para kolektor.

Dan berikut ini adalah beberapa jenis koleksi barang antik yang bisa kita jadikan sebagai investasi yang sangat menguntungkan.

1. Uang Kuno

Mungkin sebagian besar masyarakat kita memiliki koleksi uang kuno, Akan tetapi banyak dari mereka juga yang tidak mengetahui harga uang kuno yang mereka miliki. Harga uang kuno sangat beragam, Tergantung dari jenis dan juga usia uang kuno tersebut. Contoh uang kuno yang sangat diminati dan bernilai cukup tinggi adalah uang seri wayang dengan pecahan 5 gulden, 10 gulden, 25 gulden, 50 gulden, 100 gulden, 500 gulden, dan yang terbesar 1000 gulden. Uang pecahan ini memiliki gambar satu sampai dua penari jawa. Watermark uang ini adalah tulisan JB yang mirip seri Coen dan tersebar di seluruh permukaan uang kertas. Semakin besar pecahannya akan semakin tinggi nilainya karena jarang dimiliki. Variasi tanda tangan pada uang tersebut yang paling berharga dan sulit ditemukan adalah tanda tangan Praasterink (1934-1937). Jika anda ternyata memilikinya, jagalah baik-baik uang tersebut karena nilainya yang cukup tinggi. Seri uang lainnya bisa anda ketahui lewat informasi Tips Koleksi Uang Kuno yang saat ini banyak tersebar di dunia maya.

2. Perangko

Sebagian dari kita mungkin punya kenangan manis dengan perangko. Bukan hanya untuk berkirim surat akan tetapi juga mengkoleksi perangko bekas atau yang populer dengan sebutan filateli. Berbicara mengenai filateli pasti akan sangat senang bila mereka mendapat jenis perangko yang bisa dibilang langka.  Bahkan mereka tidak akan ragu merogoh kocek. Di antara banyak jenis perangko yang dibanderol harga tinggi salah satu yang banyak dicari masyarakat adalah perangko original tanpa cap atau stempel kantor pos.

Perangko Hindia Belanda yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1864, Sedangkan perangko pertama kalinya di dunia diterbitkan di Inggris tahun 1840. Saat ini perangko Indonesia termahal senilai Rp 20 miliar merupakan perangko pertama yang dicetak pada 1864 pada saat era Hindia Belanda dan pemiliknya adalah orang Singapura. Perangko bernilai fantastis itu tertera terbitan tahun 1864 yang memiliki cap pos Ngawi, Jawa Timur. Jenis perangko lain yang berharga tinggi adalah sebagai berikut

  • The Three-Skilling Yellow adalah perangko salah cetak terbitan pemerintah Swedia yaitu pada cetakan pertamanya tahun 1855
  • The First two Mauritius Stamps (1847) adalah dua seri perangko pertama yang diterbitkan pemerintah kolonial Inggris.
  • The Inverted Jenny adalah perangko Amerika tahun 1918 bergambar pesawat Curtiss JN-4 dan secara tidak sengaja tercetak terbalik; ini mungkin adalah salah cetak paling terkenal di dunia filateli Amerika.
  • British Guiana One Cent Black on Magenta (1856) adalah termasuk perangko terlangka dan termahal. Perangko dicetak di atas kertas kualitas rendah berwarna magenta dengan tinta hitam, dikarenakan kondisi darurat.
  • U.S. Franklin Z-Grill, 1867 adalah perangko terlangka dari semua perangko Amerika Serikat, hanya ditemukan 2 buah yang masih tersisa.
  • Hawaiian Missionaries, 1851 adalah perangko pertama Hawai. Karena “Hawaiian Missionaries” dicetak secara kasar dengan kertas yang tipis dan berkualitas rendah, hanya beberapa perangko saja yang berhasil diselamatkan dan merupakan perangko yang sangat langka.
  • The Penny Black adalah perangko berperekat resmi pertama di dunia, diterbitkan Pemerintah Inggris tanggal 1 Mei 1840 dan mulai digunakan tanggal 6 Mei.

3. Buku Komik

Pada bulan Agustus 2014 sebuah buku komik Superman No.1 dijual seharga $ 3.200.000 di eBay, Edisi yang tidak diragukan lagi crème de la crème dari dunia komik. Tapi untuk sebuah buku komik itu harus dalam kondisi bersih. Pada dasarnya salinan asli selalu memiliki nilai yang lebih besar dalam dunia buku komik. Jadi, Anda mungkin memiliki berlian yang masih kasar dalam bentuk buku cerita yang tersimpan dengan apik. Komik akan memiliki nilai tinggi 20 tahun sejak buku tersebut dijual. Jadi mulai lah menyimpan komik edisi cetakan pertama sekarang, siapa tahu 20 tahun mendatangnilainya akan menjadi fantastis

4. Komputer Antik

Jangan pernah buang komputer kuno anda. Pasalnya, bisa saja harga komputer Anda saat ini setara dengan harga ponsel pintar terbaru. Komputer antik banyak dicari para kolektor. Situs Ebay menjual komputer buatan Apple. Inc pertama yang dijual USD 700 atau setara dengan Rp 9,36 juta.

5. Video Game Kuno

Video game kuno tidak perlu dibuang ke tempat sampah. Cukup simpan dengan rapi. Hasilnya, Anda bisa dapatkan uang senilai USD 999 atau setara Rp 13,3 juta untuk video game jadul. Dalam situs Ebay, video game pertama, ATARI yang dibuat pada 1978 mampu dihargai di atas Rp 13 juta. Lantaran, video game tersebut terbuat dari kayu yang kuat selama puluhan tahun. Sehingga, para kolektor ingin mengkoleksi video game tersebut.

6. Mobil Antik

Ferrari California Spyder 1961 memecahkan rekor harga dengan US$10,9 Juta Dollar atau setara dengan 110 miliar. Mobil sport antik keren ini dibeli dengan harga yang sangat menakjubkan pada lelang di Maranello, Itali tahun lalu oleh Chris Evans seorang radio host terkenal Inggris. Ferrari ini, yang sebelumnya dimiliki oleh aktor James Coburn, akhirnya terjual dengan harga 10,9 juta dollar (110 miliar), hampir dua kali lipat dari yang diperkirakan.

Sebenarnya masih banyak lagi barang-barang antik yang berharga dan bernilai tinggi yang mungkin anda miliki dari salah satu koleksi barang antik tersebut. Oleh karena itu jika anda memiliki barang antik yang sudah berusia tua dan kondisinya masih sangat bagus. Mungkin anda bisa mencari tahu informasi dari harga barang antik yang anda miliki melalui teman atau juga melalui media online. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam dunia koleksi barang antik.